Satuan Acara Perkuliahan
Pengantar Ilmu Komunikasi
No | Pokok Bahasan | Materi | Sumber |
1. | Pengantar kuliah | Menginformasikan satuan acara perkuliahan dalam satu semester. Memberikan penjelasan tentang komponen-komponen penilaian. Mengembangkan motivasi belajar mahasiswa/wi. | Sistem Pendidik-an UNAS |
2. | Pengertian Komunikasi | Membahas pengertian komunikasi, unsur-unsur, dan ragamnya. | Deddy (2005); Wiryanto (2004); Onong (1994); Littlejohn (1999) |
3. | Fungsi komunikasi | Membahas fungsi komunikasi untuk individu dan masyarakat. | Deddy (2005); Wiryanto (2004); Onong (1994); Littlejohn (1999); Nurudin (2004). |
4. | Komunikasi sebagai ilmu pengetahuan | Membahas bagaimana komunikasi menjadi ilmu pengetahuan yang multi disiplin. | Arifin (2002); Griffin (2003); Effendy (1994); Fisher (1986) |
5. | Ruang Lingkup komunikasi | Membahas ruang lingkup komunikasi: Humas, Periklanan, dan jurnalistik. | Onong (1994); Kottler (1997); Johnson (1999); Sharpe (1988). |
6. | Model-model komunikasi | Membahas model-model komunikasi, dan fungsi model komunikasi. | Wiryanto (2004); Deddy (2005). |
7. | Diskusi/tugas | Mahasiswa/wi diberi tugas berkenaan dengan materi yang telah dibahas pada tengah semester pertama. Tugas berupa laporan bacaan atau makalah, dan didiskusikan pada pertemuan ke 7. | |
8. | UJIAN TENGAH SEMESTER | ||
9. | Pesan verbal | Membahas pesan verbal, bahasa. Fungsi bahasa, dan keterbatasan bahasa sebagai pesan verbal. | Deddy (2005); Jalaludin (1984) |
10. | Pesan non-verbal | Membahas pesan nonverbal, ragamnya, dan fungsi pesan nonverbal dalam proses penyampaian pesan. | Deddy (2005); Jalaluddin (1984) |
11. | Komunikasi antar pribadi | Membahas pengertian komunikasi antarpribadi, faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas komunikasi antarpribadi. | Wiryanto 2004); Jalaluddin (1984) |
12. | Komunikasi kelompok | Membahas pengertian komunikasi kelompok, karakteristik komunikasi kelompok, dan pengaruh kelompok terhadap perilaku komunikasi anggotanya. | Wiryanto (2004); Jalaluddin (1984) |
13. | Komunikasi organisasional | Membahas pengertian komunikasi organisasi, dimensi-dimensinya, dan peran pemimpin dalam komunikasi organisasi. | Wiryanto (2004); Onong (1994) |
14. | Komunikasi Massa | Membahas pengertiaan komunikasi massa, unsur-unsur, dan karakterik komunikasi massa. | Wiryanto (2004); Onong (1994); Nurudin (2004). |
15. | Tugas/diskusi | Mahasiswa/wi diberi tugas berkenaan dengan materi yang telah dibahas pada tengah semester kedua. Tugas berupa laporan bacaan atau makalah, dan didiskusikan pada pertemuan ke 14. | |
16. | UJIAN AKHIR SEMESTER |
Daftar Pustaka:
Mulyana, Deddy, 2005, Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar, Bandung, Remaja Rosdakarya.
Effendy, Onong, 1994, Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek, Bandung, Remaja Rosdakarya.
Wiryanto, 2004, Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta, Grasindo.
Arifin, Anwar, 1984, Strategi Komunikasi; Sebuah Pengantar Ringkas, Bandung, Armico.
Rakhmat, Jalaludin, 1994, Psikologi Komunikasi, Bandung, Remaja Rosdakarya.
Nurudin, 2004, Sistem Komunikasi Indonesia, Malang, Cespur
Littlejohn, Stephen W.,1999, Theories of Human Communication ed.6rd,
Kusumaningrat, Hikmat dan Kusumaningrat, Purnama, 2006, Jurnalistik: Teori dan Praktek, Jakarta: Gramedia
Lee, Monle & Johnson, Carla, 1999, Principles of Advertising: A Global Perspective, The
Kotler, Phlip, 1997, Marketing Management ed. 9th, perj. Hendra teguh dan Rony Rusli, Jakarta: PT Prenhallindo.
Black, Sam & Sharpe, Melvin L., 1988, Ilmu Hubungan Masyarakat Praktis penerj. Ardaneshwari, Jakarta: PT Intermasa.
Arifin, Anwar, 2002, Ilmu Komunikasi: Sebuah Pengantar Ringkas, Jakarta: Raja Gafindo Persada.
Effendy, Onong, 1994, Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Fisher, Aubrey, 1986, Teori-teori Komunikasi (penyunting: Jalaludin Rakmat), Bandung: Remaja Karya.
4 komentar:
asalamelekum pa adi
pa adi saya bayu novel santoso mahasiswa bapa di kuliah pengantar ilmu komunikasi
NPM.07-023
kelas G
hari rabu
tugas bapa yang di tulis tangan sudah saya kerjakan
cuma klo masalah blog ini saya tidak mengerti harus gimana
saya g ngrti sama sekali, jangankan punya blog ato FB
kirim email az saya g tau caranya pa...
jadi klo bisa tugasnya ganti az pak jadi yang lebih mudah
hehe...
maaf pak klo saya salah bicara..
makasi ya pa adi
1.sebutkan Asumsi-asumsi teori masyarakat massa?
* Media dipandang sebagai sesuatu yang membahayakan, mempunyai kekuatan yang besar dalam masyarakat dan oleh karena itu harus dibersihkan atau dilakukan restrukturasi total.
* Media mempunyai kekuatan menjangkau dan mempengaruhi secara langsung terhadap pemikiran rata-rata orang.
* Ketika pemikiran orang sudah dirusak oleh media, semua bersifat jelek, konsekuensi panjangnya adalah kehancuran kehidupan individu dan juga problem-problem sosial pada skala luas.
* Rata-rata orang mudah mengecam media karena mereka sudah diputus atau diisolir dari institusi sosial tradisional yang sebelumnya memproteksi mereka dari tindakan manipulasi.
* Situasi sosial yang chaos yang diucapkan oleh media akan menjadi sesuatu yang tidak terelakkan, karena terjadi perubahan terhadap kuatnya kontrak sosial pada sistem totaliter.
* Media massa menurunkan nilai bentuk-bentuk budaya tertinggi dan membawa pada kemunduran peradaban secara umum.
angga desta wijaya
06-102
Media massa biasanya menjadi corong penguasa, pemberi pendapat dan instruksi, serta kepuasan jiwani. Media bukan saja membentuk hubungan ketergantungan warga masyarakat terhadap media dalam penciptaan pendapat, tetapi juga dalam hal penciptaan identitas dan kesadaran.
Baran dan Davis (2000), menyatakan bahwa kekuatan teori ini adalah ?
· Spekulasi tentang efek-efek penting.
· Menyoroti konflik dan perubahan struktural penting di (dalam) kultur modern.
· Menarik perhatian ke isu etika dan kepemilikan media.
angga desta wijaya
06-102
3.teori apa yang digunakan oleh Littlejhon (1999), mengatakan bahwa menurut teori ini isi media merupakan komoditi untuk dijual di pasar, dan iformasi yang disebarkan dikendalikan oleh apa yang ada di pasar??
Posting Komentar