Senin, 20 September 2010

PIK2

FUNGSI KOMUNIKASI
Wiiliam I. Gorden dalam Deddy Mulyana, (2005:5-30) mengkategorikan fungsi komunikasi menjadi empat, yaitu:
1. Sebagai komunikasi sosial
Fungsi komunikasi sebagai komunikasi sosial setidaknya mengisyaratkan bahwa komunikasi itu penting untuk membangun konsep diri kita, aktualisasi diri, untuk kelangsungan hidup, untuk memperoleh kebahagiaan, terhindar dari tekanan dan ketegangan, antara lain lewat komunikasi yang bersifat menghibur, dan memupuk hubungan hubungan orang lain. Melalui komunikasi kita bekerja sama dengan anggota masyarakat (keluarga, kelompok belajar, perguruan tinggi, RT, desa, ..., negara secara keseluruhan) untuk mencapai tujuan bersama.
• Pembentukan konsep diri. Konsep diri adalah pandangan kita mengenai diri kita, dan itu hanya bisa kita peroleh lewat informasi yang diberikan orang lain kepada kita. Melalui komunikasi dengan orang lain kita belajar bukan saja mengenai siapa kita, namun juga bagaimana kita merasakan siapa kita. Anda mencintai diri anda bila anda telah dicintai; anda berpikir anda cerdas bila orang-orang sekitar anda menganggap anda cerdas; anda merasa tampan atau cantik bila orang-orang sekitar anda juga mengatakan demikian.
George Herbert Mead (dalam Jalaluddin Rakhmat, 1994) mengistilahkan significant others (orang lain yang sangat penting) untuk orang-orang disekitar kita yang mempunyai peranan penting dalam membentuk konsep diri kita. Ketika kita masih kecil, mereka adalah orang tua kita, saudara-saudara kita, dan orang yang tinggal satu rumah dengan kita. Richard Dewey dan W.J. Humber (1966) menamai affective others, untuk orang lain yang dengan mereka kita mempunyai ikatan emosional. Dari merekalah, secara perlahan-lahan kita membentuk konsep diri kita.
Selain itu, terdapat apa yang disebut dengan reference group (kelompok rujukan) yaitu kelompok yang secara emosional mengikat kita, dan berpengaruh terhadap pembentukan konsep diri kita. Dengan melihat ini, orang mengarahkan perilakunya dan menyesuaikan dirinya dengan ciri-ciri kelompoknya. Kalau anda memilih kelompok rujukan anda Ikatan Dokter Indonesia, anda menjadikan norma-norma dalam Ikatan ini sebagai ukuran perilaku anda. Anda juga meras diri sebagai bagian dari kelompok ini, lengkap dengan sifat-sifat doketer menurut persepsi anda.
• Pernyataan eksistensi diri. Orang berkomunikasi untuk menunjukkan dirinya eksis. Inilah yang disebut aktualisasi diri atau lebih tepat lagi pernyataan eksistensi diri. Fungsi komunikasi sebagai eksistensi diri terlihat jelas misalnya pada penanya dalam sebuah seminar. Meskipun mereka sudah diperingatkan moderator untuk berbicara singkat dan langsung ke pokok masalah, penanya atau komentator itu sering berbicara panjang lebarm mengkuliahi hadirin, dengan argumen-argumen yang terkadang tidak relevan.
• Untuk kelangsungan hidup, memupuk hubungan, dan memperoleh kebahagiaan. Sejak lahir, kita tidak dapat hidup sendiri untuk mempertahankan hidup. Kita perlu dan harus berkomunikasi dengan orang lain, untuk memenuhi kebutuhan biologis kita seperti makan dan minum, dan memnuhi kebutuhan psikologis kita seperti sukses dan kebahagiaan. Para psikolog berpendapat, kebutuhan utama kita sebagai manusia, dan untuk menjadi manusia yang sehat secara rohaniah, adalah kebutuhan akan hubungan sosial yang ramah, yang hanya bisa terpenuhi dengan membina hubungan yang baik dengan orang lain. Abraham Moslow menyebutkan bahwa manusia punya lima kebutuhan dasar: kebutuhan fisiologis, keamanan, kebutuhan sosial, penghargaan diri, dan aktualisasi diri. Kebutuhan yang lebih dasar harus dipenuhi terlebih dahulu sebelum kebuthan yang lebih tinggi diupayakan. Kita mungkin sudah mampu kebuthan fisiologis dan keamanan untuk bertahan hidup. Kini kita ingin memenuhi kebutuhan sosial, penghargaan diri, dan aktualisasi diri. Kebutuhan ketiga dan keempat khususnya meliputi keinginan untuk memperoleh rasa lewat rasa memiliki dan dimiliki, pergaulan, rasa diterima, memberi dan menerima persahabatan. Komunikasi akan sangat dibutuhkan untuk memperoleh dan memberi informasi yang dibutuhkan, untuk membujuk atau mempengaruhi orang lain, mempertimbangkan solusi alternatif atas masalah kemudian mengambil keputusan, dan tujuan-tujuan sosial serta hiburan.

2. Sebagai komunikasi ekspresif
Komunikasi berfungsi untuk menyampaikan perasaan-perasaan (emosi) kita. Perasaan-perasaan tersebut terutama dikomunikasikan melalui pesan-pesan nonverbal. Perasaan sayang, peduli, rindu, simpati, gembira, sedih, takut, prihatin, marah dan benci dapat disampaikan lewat kata-kata, namun bisa disampaikan secara lebih ekpresif lewat perilaku nonverbal. Seorang ibu menunjukkan kasih sayangnya dengan membelai kepala anaknya. Orang dapat menyalurkan kemarahannya dengan mengumpat, mengepalkan tangan seraya melototkan matanya, mahasiswa memprotes kebijakan penguasa negara atau penguasa kampus dengan melakukan demontrasi.
3. Sebagai komunikasi ritual
Suatu komunitas sering melakukan upacara-upacara berlainan sepanjang tahun dan sepanjang hidup, yang disebut para antropolog sebaga rites of passage, mulai dari upacara kelahiran, sunatan, ulang tahun, pertunangan, siraman, pernikahan, dan lain-lain. Dalam acara-acara itu orang mengucapkan kata-kata atau perilaku-perilaku tertentu yang bersifat simbolik. Ritus-ritus lain seperti berdoa (salat, sembahyang, misa), membaca kitab suci, naik haji, upacara bendera (termasuk menyanyikan lagu kebangsaan), upacara wisuda, perayaan lebaran (Idul Fitri) atau Natal, juga adalah komunikasi ritual. Mereka yang berpartisipasi dalam bentuk komunikasi ritual tersebut menegaskan kembali komitmen mereka kepada tradisi keluarga, suku, bangsa. Negara, ideologi, atau agama mereka.
4. Sebagai komunikasi instrumental
Komunikasi instrumental mempunyai beberapa tujuan umum, yaitu: menginformasikan, mengajar, mendorong, mengubah sikap, menggerakkan tindakan, dan juga menghibur.
Sebagai instrumen, komunikasi tidak saja kita gunakan untuk menciptakan dan membangun hubungan, namun juga untuk menghancurkan hubungan tersebut. Studi komunika membuat kita peka terhadap berbagai strategi yang dapat kita gunakan dalam komunikasi kita untuk bekerja lebih baik dengan orang lain demi keuntungan bersama. Komunikasi berfungsi sebagi instrumen untuk mencapai tujuan-tujuan pribadi dan pekerjaan, baik tujuan jangka pendek ataupun tujuan jangka panjang. Tujuan jangka pendek misalnya untuk memperoleh pujian, menumbuhkan kesan yang baik, memperoleh simpati, empati, keuntungan material, ekonomi, dan politik, yang antara lain dapat diraih dengan pengelolaan kesan (impression management), yakni taktik-taktik verbal dan nonverbal, seperti berbicara sopan, mengobral janji, mengenakankan pakaian necis, dan sebagainya yang pada dasarnya untuk menunjukkan kepada orang lain siapa diri kita seperti yang kita inginkan.
Sementara itu, tujuan jangka panjang dapat diraih lewat keahlian komunikasi, misalnya keahlian berpidato, berunding, berbahasa asing ataupun keahlian menulis. Kedua tujuan itu (jangka pendek dan panjang) tentu saja saling berkaitan dalam arti bahwa pengelolaan kesan itu secara kumulatif dapat digunakan untuk mencapai tujuan jangka panjang berupa keberhasilan dalam karier, misalnya untuk memperoleh jabatan, kekuasaan, penghormatan sosial, dan kekayaan.
Berkenaan dengan fungsi komunikasi ini, terdapat beberapa pendapat dari para ilmuwan yang bila dicermati saling melengkapi. Misal pendapat Onong Effendy (1994), ia berpendapat fungsi komunikasi adalah menyampaikan informasi, mendidik, menghibur, dan mempengaruhi. Sedangkan Harold D Lasswell (dalam Nurudin, 2004 dan Effendy, 1994:27) memaparkan fungsi komunikasi sebagai berikut:
• Penjajagan/pengawasan lingkungan (surveillance of the information) yakni penyingkapan ancaman dan kesempatan yang mempengaruhi nilai masyarakat.
• Menghubungkan bagian-bagian yang terpisahkan dari masyarakat untuk menanggapi lingkungannya .
• Menurunkan warisan social dari generasi ke generasi berikutnya.

RAGAM TINGKATAN KOMUNIKASI ATAU KONTEKS-KONTEKS KOMUNIKASI

Secara umum ragam tingkatan komunikasi adalah sebagai berikut:
(1) komunikasi intrapribadi (intrapersonal communication) yaitu komunikasi yang terjadi dalam diri seseorang yang berupa proses pengolahan informasi melalui panca indera dan sistem syaraf manusia.
(2) komunikasi antarpribadi (interpersonal communication) yaitu kegiatan komunikasi yang dilakukan seseorang dengan orang lain dengan corak komunikasinya lebih bersifat pribadi dan sampai pada tataran prediksi hasil komunikasinya pada tingkatan psikologis yang memandang pribadi sebagai unik. Dalam komunikasi ini jumlah perilaku yang terlibat pada dasarnya bisa lebih dari dua orang selama pesan atau informasi yang disampaikan bersifat pribadi.
(3) komunikasi kelompok (group communication) yaitu komunikasi yang berlangsung di antara anggota suatu kelompok. Menurut Michael Burgoon dan Michael Ruffner dalam Sendjaja,(1994) memberi batasan komunikasi kelompok sebagai interaksi tatap muka dari tiga atau lebih individu guna memperoleh maksud atau tujuan yang dikehendaki seperti berbagi informasi, pemeliharaan diri atau pemecahan masalah sehingga semua anggota dapat menumbuhkan karakteristik pribadi anggota lainnya dengan akurat.
(4) komunikasi organisasi (organization communication) yaitu pengiriman dan penerimaan berbagai pesan organisasi di dalam kelompok formal maupun informal dari suatu organisasi (Wiryanto, 2005:52).
(5) komunikasi massa (mass communication). Komunikasi massa dapat didefinisikan sebagai suatu jenis komunikasi yang ditujukan kepada sejumlah audien yang tersebar, heterogen, dan anonim melalui media massa cetak atau elektrolik sehingga pesan yang sama dapat diterima secara serentak dan sesaat.
Kemudian Mulyana (2005:74) juga menambahkan konteks komunikasi publik. Pengertian komunikasi publik adalah komunikasi antara seorang pembicara dengan sejumlah besar orang (khalayak). Yang tidak bisa dikenali satu persatu. Komunikasi demikian sering juga disebut pidato, ceramah atau kuliah (umum). Beberapa pakar komunikasi menggunakan istilah komunikasi kelompok besar (large group communication) untuk komunikasi ini.

KEGUNAAN BELAJAR ILMU KOMUNIKASI
Mengapa kita mempelajari ilmu komunikasi ?Ruben&Steward, (2005:1-8) menyatakan bahwa
1. komunikasi adalah fundamental dalam kehidupan kita.
Dalam kehidupan kita sehari-hari komunikasi memegang peranan yang sangat penting. Kita tidak bisa tidak berkomunikasi.tidak ada aktifitas yang dilakukan tanpa komunikasi, dikarenakan kita dapat membuat beberapa perbedaan yang esensial manakala kita berkomunikasi dengan orang lain.Demikian pula sebaliknya, orang lain akan berkomunikasi dengan kita ,baik dalam jangka pendek ataupun jangka panjang. Cara kita berhubungan satu dengan lainnya, bagimana suatu hubungan kita bentuk, bagaimana cara kita memberikan kontribusi sebagai anggota keluarga, kelompok, komunitas, organisasi dan masyarakat secara luas membutuhkan suatu komunikasi.Sehingga menjadikan komunikasi tersebut menjadi hal yang sangat fundamental dalam kehidupan kita.
2. komunikasi adalah merupakan suatu aktifitas komplek.
Komunikasi adalah suatu aktifitas yang komplek dan menantang. Dalam hal ini ternyata aktifitas komunikasi bukanlah suatu aktifitas yang mudah. Untuk mencapai kompetensi komunikasi memerlukan understanding dan suatu ketrampilan sehingga komunikasi yang kita lakukan menjadi efektif. Ellen langer dalam Ruben&Stewat( 2005:3) menyebut konsep mindfulness akan terjadi ketika kita memberikan perhatian pada situasi dan konteks, kita terbuka dengan informasi baru dan kita menyadari bahwa ada banyak perspektif tidak hanya satu perspektif di kehidupan manusia.
3. komunikasi adalah vital untuk suatu kedudukan/posisi yang efektif.
Karir dalam bisnis, pemerintah, atau pendidikan memerlukan kemampuan dalam memahami situasi komunikasi, mengembangkan strategi komunikasi efektif, memerlukan kerjasama antara satu dengan yang lain, dan dapat menerima atas kehadiran ide-ide yang efektif melalui saluran saluran komunikasi. Untuk mencapai kesuksesan dari suatu kedudukan/ posisi tertentu dalam mencapai kompetensi komunikasi antara lain melalui kemampuan secara personal dan sikap, kemampuan interpersonal, kemampuan dalam melakukan komunikasi oral dan tulisan dan lain sebagainya.
4. Suatu pendidikan yang tinggi tidak menjamin kompetensi komunikasi yang baik.
Kadang-kadang kita menganggap bahwa komunikasi itu hanyalah suatu yang bersifat common sense dan setiap orang pasti mengetahui bagaimana berkomunikasi. Padahal sesungguhnya banyak yang tidak memilki ketrampilan berkomunikasi yang baik karena ternyata banyak pesan-pesan dalam komunikasi manusia itu yang disampaikan tidak hanya dalam bentuk verbal tetapi juga nonverbal, ada ketrampilan komunikasi dalam bentuk tulisan dan oral, ada ketrampilan berkomunikasi secara interpersonal, ataupun secara kelompok sehingga kita dapat berkolaborasi sebagai anggota dengan baik, dan lain-lain. Kadang-kadang kita juga mengalami kegagalan dalam berkomunikasi. Banyak yang berpendidikan tinggi tetapi tidak memilki ketrampilan berkomunikasi secara baik dan memadai sehingga mengakibatkan kegagalan dalam berinteraksi dengan manusia lainnya. Sehingga komunikasi itu perlu kita pelajari.
5. komunikasi adalah populer.
Komunikasi adalah suatu bidang yang dikatakan sebagai popular. Banyak bidang-bidang komunikasi modern sekarang ini yang memfokuskan pada studi tentang pesan, ada juga tentang hubungan antara komunikasi dengan bidang profesiponal lainnya termasuk hukum, bisnis, informasi, pendidikan, ilmu computer, dan lain-lain. Sehingga sekarang ini komunikasi sebagai ilmu social/perileku dan suatu seni yang diaplikasikan. Disiplin ini bersifat multidisiplin, yang berkaitan dengan ilmu-ilmu lain seperti psikologi, sosiologi, antroplogi, politik, dan lain sebagainya

SUMBER:
1. Effendy, Onong Uchjana, Komunikasi Teori dan Praktek, Bandung: Remaja Rosdakarya
2. Cangara, Hafidz,2005, Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta:PT RajaGrafindo Persada
3. Littlejohn, Stephen W. 2001. Theories of Human Communication. USA: Wadsworth Publishing.
4. Mulyana, Deddy. 2001. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Rosda.
5. Ruben, Brent D,Stewart, Lea P, 2005, Communication and Human Behaviour,USA:Alyn and Bacon
6. Sendjaja,Sasa Djuarsa,1994,Pengantar Komunikasi,Jakarta:Universitas Terbuka.
7. Wiryanto, 2005, Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta:Grasindo.

44 komentar:

Dimas mengatakan...

nama : dimas pratama
nim : 103112351650123
fakultas: fisip

sebelum nya terimaksih kepada
keapada : Adi Prakosa
yg telah memberikan tugas kepada kita

1. Secara umum ragam tingkatan komunikasi ada 5.sebutkan 3 dan jelaskan?
jawab:
A.komunikasi antarpribadi (interpersonal communication) yaitu kegiatan komunikasi yang dilakukan seseorang dengan orang lain dengan corak komunikasinya lebih bersifat pribadi dan sampai pada tataran prediksi hasil komunikasinya pada tingkatan psikologis yang memandang pribadi sebagai unik. Dalam komunikasi ini jumlah perilaku yang terlibat pada dasarnya bisa lebih dari dua orang selama pesan atau informasi yang disampaikan bersifat pribadi.

B.komunikasi kelompok (group communication) yaitu komunikasi yang berlangsung di antara anggota suatu kelompok. Menurut Michael Burgoon dan Michael Ruffner dalam Sendjaja,(1994) memberi batasan komunikasi kelompok sebagai interaksi tatap muka dari tiga atau lebih individu guna memperoleh maksud atau tujuan yang dikehendaki seperti berbagi informasi, pemeliharaan diri atau pemecahan masalah sehingga semua anggota dapat menumbuhkan karakteristik pribadi anggota lainnya dengan akurat.

C. komunikasi organisasi (organization communication) yaitu pengiriman dan penerimaan berbagai pesan organisasi di dalam kelompok formal maupun informal dari suatu organisasi

2.mengapa komunikasih begitu penting di kehidupan kita? jelaskan
jawab:
karna kita setiap hari pastimelakukan komunikasih,baik itu dalam kluarga,teman,masyarakat bnyak dan lain-lain
komuniksih jga sangat mempengarui karir dalam bisnis, pemerintah, atau pendidikan memerlukan kemampuan dalam memahami situasi komunikasi, mengembangkan strategi komunikasi efektif, memerlukan kerjasama antara satu dengan yang lain, dan dapat menerima atas kehadiran ide-ide yang efektif melalui saluran saluran komunikasi

3. apakah yg di maksud komunikasih instrumental? jelaskan
jawab:
mendorong, mengubah sikap, menggerakkan tindakan, dan juga menghibur.
Sebagai instrumen, komunikasi tidak saja kita gunakan untuk menciptakan dan membangun hubungan, namun juga untuk menghancurkan hubungan tersebut. Studi komunika membuat kita peka terhadap berbagai strategi yang dapat kita gunakan dalam komunikasi kita untuk bekerja lebih baik dengan orang lain demi keuntungan bersama. Komunikasi berfungsi sebagi instrumen untuk mencapai tujuan-tujuan pribadi dan pekerjaan, baik tujuan jangka pendek ataupun tujuan jangka panjang.

4. jelaskan fungsi komunikasih?
jawab:
untuk kelangsungan hidup, untuk memperoleh kebahagiaan, terhindar dari tekanan dan ketegangan, antara lain lewat komunikasi yang bersifat menghibur, dan memupuk hubungan hubungan orang lain. Melalui komunikasi kita bekerja sama dengan anggota masyarakat (keluarga, kelompok belajar, perguruan tinggi

Dimas mengatakan...

nama : dimas pratama
nim : 103112351650123
fakultas: fisip

sebelum nya terimaksih kepada
keapada : Adi Prakosa
yg telah memberikan tugas kepada kita

1. Secara umum ragam tingkatan komunikasi ada 5.sebutkan 3 dan jelaskan?
jawab:
A.komunikasi antarpribadi (interpersonal communication) yaitu kegiatan komunikasi yang dilakukan seseorang dengan orang lain dengan corak komunikasinya lebih bersifat pribadi dan sampai pada tataran prediksi hasil komunikasinya pada tingkatan psikologis yang memandang pribadi sebagai unik. Dalam komunikasi ini jumlah perilaku yang terlibat pada dasarnya bisa lebih dari dua orang selama pesan atau informasi yang disampaikan bersifat pribadi.

B.komunikasi kelompok (group communication) yaitu komunikasi yang berlangsung di antara anggota suatu kelompok. Menurut Michael Burgoon dan Michael Ruffner dalam Sendjaja,(1994) memberi batasan komunikasi kelompok sebagai interaksi tatap muka dari tiga atau lebih individu guna memperoleh maksud atau tujuan yang dikehendaki seperti berbagi informasi, pemeliharaan diri atau pemecahan masalah sehingga semua anggota dapat menumbuhkan karakteristik pribadi anggota lainnya dengan akurat.

C. komunikasi organisasi (organization communication) yaitu pengiriman dan penerimaan berbagai pesan organisasi di dalam kelompok formal maupun informal dari suatu organisasi

2.mengapa komunikasih begitu penting di kehidupan kita? jelaskan
jawab:
karna kita setiap hari pastimelakukan komunikasih,baik itu dalam kluarga,teman,masyarakat bnyak dan lain-lain
komuniksih jga sangat mempengarui karir dalam bisnis, pemerintah, atau pendidikan memerlukan kemampuan dalam memahami situasi komunikasi, mengembangkan strategi komunikasi efektif, memerlukan kerjasama antara satu dengan yang lain, dan dapat menerima atas kehadiran ide-ide yang efektif melalui saluran saluran komunikasi

3. apakah yg di maksud komunikasih instrumental? jelaskan
jawab:
mendorong, mengubah sikap, menggerakkan tindakan, dan juga menghibur.
Sebagai instrumen, komunikasi tidak saja kita gunakan untuk menciptakan dan membangun hubungan, namun juga untuk menghancurkan hubungan tersebut. Studi komunika membuat kita peka terhadap berbagai strategi yang dapat kita gunakan dalam komunikasi kita untuk bekerja lebih baik dengan orang lain demi keuntungan bersama. Komunikasi berfungsi sebagi instrumen untuk mencapai tujuan-tujuan pribadi dan pekerjaan, baik tujuan jangka pendek ataupun tujuan jangka panjang.

4. jelaskan fungsi komunikasih?
jawab:
untuk kelangsungan hidup, untuk memperoleh kebahagiaan, terhindar dari tekanan dan ketegangan, antara lain lewat komunikasi yang bersifat menghibur, dan memupuk hubungan hubungan orang lain. Melalui komunikasi kita bekerja sama dengan anggota masyarakat (keluarga, kelompok belajar, perguruan tinggi

Dimas mengatakan...

nama : dimas pratama
nim : 103112351650123
fakultas: fisip

sebelum nya terimaksih kepada
keapada : Adi Prakosa
yg telah memberikan tugas kepada kita

1. Secara umum ragam tingkatan komunikasi ada 5.sebutkan 3 dan jelaskan?
jawab:
A.komunikasi antarpribadi (interpersonal communication) yaitu kegiatan komunikasi yang dilakukan seseorang dengan orang lain dengan corak komunikasinya lebih bersifat pribadi dan sampai pada tataran prediksi hasil komunikasinya pada tingkatan psikologis yang memandang pribadi sebagai unik. Dalam komunikasi ini jumlah perilaku yang terlibat pada dasarnya bisa lebih dari dua orang selama pesan atau informasi yang disampaikan bersifat pribadi.

B.komunikasi kelompok (group communication) yaitu komunikasi yang berlangsung di antara anggota suatu kelompok. Menurut Michael Burgoon dan Michael Ruffner dalam Sendjaja,(1994) memberi batasan komunikasi kelompok sebagai interaksi tatap muka dari tiga atau lebih individu guna memperoleh maksud atau tujuan yang dikehendaki seperti berbagi informasi, pemeliharaan diri atau pemecahan masalah sehingga semua anggota dapat menumbuhkan karakteristik pribadi anggota lainnya dengan akurat.

C. komunikasi organisasi (organization communication) yaitu pengiriman dan penerimaan berbagai pesan organisasi di dalam kelompok formal maupun informal dari suatu organisasi

2.mengapa komunikasih begitu penting di kehidupan kita? jelaskan
jawab:
karna kita setiap hari pastimelakukan komunikasih,baik itu dalam kluarga,teman,masyarakat bnyak dan lain-lain
komuniksih jga sangat mempengarui karir dalam bisnis, pemerintah, atau pendidikan memerlukan kemampuan dalam memahami situasi komunikasi, mengembangkan strategi komunikasi efektif, memerlukan kerjasama antara satu dengan yang lain, dan dapat menerima atas kehadiran ide-ide yang efektif melalui saluran saluran komunikasi

3. apakah yg di maksud komunikasih instrumental? jelaskan
jawab:
mendorong, mengubah sikap, menggerakkan tindakan, dan juga menghibur.
Sebagai instrumen, komunikasi tidak saja kita gunakan untuk menciptakan dan membangun hubungan, namun juga untuk menghancurkan hubungan tersebut. Studi komunika membuat kita peka terhadap berbagai strategi yang dapat kita gunakan dalam komunikasi kita untuk bekerja lebih baik dengan orang lain demi keuntungan bersama. Komunikasi berfungsi sebagi instrumen untuk mencapai tujuan-tujuan pribadi dan pekerjaan, baik tujuan jangka pendek ataupun tujuan jangka panjang.

4. jelaskan fungsi komunikasih?
jawab:
untuk kelangsungan hidup, untuk memperoleh kebahagiaan, terhindar dari tekanan dan ketegangan, antara lain lewat komunikasi yang bersifat menghibur, dan memupuk hubungan hubungan orang lain. Melalui komunikasi kita bekerja sama dengan anggota masyarakat (keluarga, kelompok belajar, perguruan tinggi

Dimas mengatakan...

nama : dimas pratama
nim : 103112351650123
fakultas: fisip

sebelum nya terimaksih kepada
keapada : Adi Prakosa
yg telah memberikan tugas kepada kita

1. Secara umum ragam tingkatan komunikasi ada 5.sebutkan 3 dan jelaskan?
jawab:
A.komunikasi antarpribadi (interpersonal communication) yaitu kegiatan komunikasi yang dilakukan seseorang dengan orang lain dengan corak komunikasinya lebih bersifat pribadi dan sampai pada tataran prediksi hasil komunikasinya pada tingkatan psikologis yang memandang pribadi sebagai unik. Dalam komunikasi ini jumlah perilaku yang terlibat pada dasarnya bisa lebih dari dua orang selama pesan atau informasi yang disampaikan bersifat pribadi.

B.komunikasi kelompok (group communication) yaitu komunikasi yang berlangsung di antara anggota suatu kelompok. Menurut Michael Burgoon dan Michael Ruffner dalam Sendjaja,(1994) memberi batasan komunikasi kelompok sebagai interaksi tatap muka dari tiga atau lebih individu guna memperoleh maksud atau tujuan yang dikehendaki seperti berbagi informasi, pemeliharaan diri atau pemecahan masalah sehingga semua anggota dapat menumbuhkan karakteristik pribadi anggota lainnya dengan akurat.

C. komunikasi organisasi (organization communication) yaitu pengiriman dan penerimaan berbagai pesan organisasi di dalam kelompok formal maupun informal dari suatu organisasi

2.mengapa komunikasih begitu penting di kehidupan kita? jelaskan
jawab:
karna kita setiap hari pastimelakukan komunikasih,baik itu dalam kluarga,teman,masyarakat bnyak dan lain-lain
komuniksih jga sangat mempengarui karir dalam bisnis, pemerintah, atau pendidikan memerlukan kemampuan dalam memahami situasi komunikasi, mengembangkan strategi komunikasi efektif, memerlukan kerjasama antara satu dengan yang lain, dan dapat menerima atas kehadiran ide-ide yang efektif melalui saluran saluran komunikasi

3. apakah yg di maksud komunikasih instrumental? jelaskan
jawab:
mendorong, mengubah sikap, menggerakkan tindakan, dan juga menghibur.
Sebagai instrumen, komunikasi tidak saja kita gunakan untuk menciptakan dan membangun hubungan, namun juga untuk menghancurkan hubungan tersebut. Studi komunika membuat kita peka terhadap berbagai strategi yang dapat kita gunakan dalam komunikasi kita untuk bekerja lebih baik dengan orang lain demi keuntungan bersama. Komunikasi berfungsi sebagi instrumen untuk mencapai tujuan-tujuan pribadi dan pekerjaan, baik tujuan jangka pendek ataupun tujuan jangka panjang.

4. jelaskan fungsi komunikasih?
jawab:
untuk kelangsungan hidup, untuk memperoleh kebahagiaan, terhindar dari tekanan dan ketegangan, antara lain lewat komunikasi yang bersifat menghibur, dan memupuk hubungan hubungan orang lain. Melalui komunikasi kita bekerja sama dengan anggota masyarakat (keluarga, kelompok belajar, perguruan tinggi

karen mengatakan...

nama : karen fitri karlinda
nim :103112351650160
fakultas : fisip (komunikasi)

1. siapakah yang berpendapat "fungsi komunikasi adalah menyampaikan informasi, mendidik, menghibur, mempengaruhi" ?
jawab :
Onong Effendy (1994)

2. paparkan fungsi komunikasi yang dinyatakan Harold D Lasswell !
jawab :
- penjagaan atau pengawasan lingkungan
- menghubungkan bagian-bagian yang terpisahkan dari masyarakat untuk menanggapi lingkungannya
-menurunkan warisan sosial ke generasi berikutnya

3. apa yang di maksud dengan reffence group ?
jawab:
kelompok rujukan yang secara emosional mengikat kita

4. jelaskan ddefinisi pembentukkan konsep diri !
jawab :
pandangan kita mengenai diri kita sendiri yang diperoleh dari informasi orang lain kepada kita.

karen mengatakan...

nama : karen fitri karlinda
nim :103112351650160
fakultas : fisip (komunikasi)

1. siapakah yang berpendapat "fungsi komunikasi adalah menyampaikan informasi, mendidik, menghibur, mempengaruhi" ?
jawab :
Onong Effendy (1994)

2. paparkan fungsi komunikasi yang dinyatakan Harold D Lasswell !
jawab :
- penjagaan atau pengawasan lingkungan
- menghubungkan bagian-bagian yang terpisahkan dari masyarakat untuk menanggapi lingkungannya
-menurunkan warisan sosial ke generasi berikutnya

3. apa yang di maksud dengan reffence group ?
jawab:
kelompok rujukan yang secara emosional mengikat kita

4. jelaskan ddefinisi pembentukkan konsep diri !
jawab :
pandangan kita mengenai diri kita sendiri yang diperoleh dari informasi orang lain kepada kita.

nelly mengatakan...

nama :nelly
nim : 103112351650162
fakultas : fisip (komunikasi)

1.apa yang dimaksud dengan signifficant others ?
jawab :
oarng-orang di sekitar kita yang ada saat kita masih kecil, contohnya : orangtua, saudara , dll

2. sebutkan tujuan umum komunikasi instrumental !
jawab :
menginformasikan , mengajar, mendorong , mengubah sikap, menggerakkan tindakan, menghibur

3. sebutkan ragam tingkatan komunikasi !
jawab :
komunikasi intrapribadi, komunikasi antarpribadi, komunikasi kelompok , komunikasi organisasi, komunikasi massa

4. sebutkan pernyataan Ruben&steward tentang mengapa kita mempelajari ilmu komunikasi 1
jawab :
komunikasi adalah fundamental , komunikasi adalah aktivitas kompleks, komunikasi adalah vital untuk suatu kedudukan penting, pendidikan tinggi tidak menjamin kompetensi komunikasi yang baik

noer mengatakan...

nama : Noer Qomariah Kusumawardhani
npm : 103112351650092
fisip (komunikasi)
1. sebutkan 4 fungsi komunikasi?
2. apa yang dimaksud dengan konsep diri ?
3. sebutkan tujuan komunikasi instrumental secara umum ?
4. sebutkan fungai komunikasi menurut Harold D Lasswell (dalam Nurudin, 2004 dan Effendy, 1994:27) ?

jawaban :

1. a.Sebagai komunikasi sosial
b.Sebagai komunikasi ekspresif
c.Sebagai komunikasi ritual
d.Sebagai komunikasi instrumental
2. Konsep diri adalah pandangan kita mengenai diri kita, dan itu hanya bisa kita peroleh lewat informasi yang diberikan orang lain kepada kita.
3. tujuan umum, yaitu: menginformasikan, mengajar, mendorong, mengubah sikap, menggerakkan tindakan, dan juga menghibur
4.• Penjajagan/pengawasan lingkungan (surveillance of the information) yakni penyingkapan ancaman dan kesempatan yang mempengaruhi nilai masyarakat.
• Menghubungkan bagian-bagian yang terpisahkan dari masyarakat untuk menanggapi lingkungannya .
• Menurunkan warisan social dari generasi ke generasi berikutnya.

Indri Hapsari mengatakan...

Indri Hapsari
103112351650104
Fisip - Komunikasi
Kelas i

1) Fungsi komunikasi sebagai komunikasi sosial setidaknya mengisyaratkan bahwa komunikasi itu penting untuk membangun konsep diri kita, aktualisasi diri, untuk kelangsungan hidup, jelaskan maksudnya ?
a. Pembentukan konsep diri. Konsep diri adalah pandangan kita mengenai diri kita, dan itu hanya bisa kita peroleh lewat informasi yang diberikan orang lain kepada kita.
*orang-orang disekitar kita yang mempunyai peranan penting dalam membentuk konsep diri kita (significant others)
*secara perlahan-lahan kita membentuk konsep diri kita dari orang lain yang dengan mereka kita mempunyai ikatan emosional (affective others)
*kelompok yang secara emosional mengikat kita, dan berpengaruh terhadap pembentukan konsep diri kita. Dengan melihat ini, orang mengarahkan perilakunya dan menyesuaikan dirinya dengan ciri-ciri kelompoknya (reference group)
b.Pernyataan eksistensi diri. Orang berkomunikasi untuk menunjukkan dirinya eksis. Inilah yang disebut aktualisasi diri atau lebih tepat lagi pernyataan eksistensi diri
c.Untuk kelangsungan hidup, memupuk hubungan, dan memperoleh kebahagiaan. Sejak lahir, kita tidak dapat hidup sendiri untuk mempertahankan hidup. Kita perlu dan harus berkomunikasi dengan orang lain, untuk memenuhi kebutuhan biologis kita dan memnuhi kebutuhan psikologis kita

2) Sebutkan contoh-contoh tujuan jangka pendek dan jangka panjang komunikasi dalam fungsinya sebagai komunikasi instrumental?
Tujuan jangka pendek misalnya untuk memperoleh pujian, menumbuhkan kesan yang baik, memperoleh simpati, empati, keuntungan material, ekonomi, dan politik, yang antara lain dapat diraih dengan pengelolaan kesan (impression management), yakni taktik-taktik verbal dan nonverbal, seperti berbicara sopan, mengobral janji, mengenakankan pakaian necis, dan sebagainya yang pada dasarnya untuk menunjukkan kepada orang lain siapa diri kita seperti yang kita inginkan.
Sementara itu, tujuan jangka panjang dapat diraih lewat keahlian komunikasi, misalnya keahlian berpidato, berunding, berbahasa asing ataupun keahlian menulis

3) Apakah pendapat Michael Burgoon dan Michael Ruffner mengenai komunikasi kelompok?
Memberi batasan komunikasi kelompok sebagai interaksi tatap muka dari tiga atau lebih individu guna memperoleh maksud atau tujuan yang dikehendaki seperti berbagi informasi, pemeliharaan diri atau pemecahan masalah sehingga semua anggota dapat menumbuhkan karakteristik pribadi anggota lainnya dengan akurat.

4) Siapakah yang berpendapat ttg konsep mindfulness dan jelaskan maksudnya?
Ellen langer berpendapat ttg konsep mindfulness akan terjadi ketika kita memberikan perhatian pada situasi dan konteks, kita terbuka dengan informasi baru dan kita menyadari bahwa ada banyak perspektif tidak hanya satu perspektif di kehidupan manusia.

Indri Hapsari mengatakan...

Indri Hapsari
103112351650104
Fisip - Komunikasi
Kelas i

1) Fungsi komunikasi sebagai komunikasi sosial setidaknya mengisyaratkan bahwa komunikasi itu penting untuk membangun konsep diri kita, aktualisasi diri, untuk kelangsungan hidup, jelaskan maksudnya ?
a. Pembentukan konsep diri. Konsep diri adalah pandangan kita mengenai diri kita, dan itu hanya bisa kita peroleh lewat informasi yang diberikan orang lain kepada kita.
*orang-orang disekitar kita yang mempunyai peranan penting dalam membentuk konsep diri kita (significant others)
*secara perlahan-lahan kita membentuk konsep diri kita dari orang lain yang dengan mereka kita mempunyai ikatan emosional (affective others)
*kelompok yang secara emosional mengikat kita, dan berpengaruh terhadap pembentukan konsep diri kita. Dengan melihat ini, orang mengarahkan perilakunya dan menyesuaikan dirinya dengan ciri-ciri kelompoknya (reference group)
b.Pernyataan eksistensi diri. Orang berkomunikasi untuk menunjukkan dirinya eksis. Inilah yang disebut aktualisasi diri atau lebih tepat lagi pernyataan eksistensi diri
c.Untuk kelangsungan hidup, memupuk hubungan, dan memperoleh kebahagiaan. Sejak lahir, kita tidak dapat hidup sendiri untuk mempertahankan hidup. Kita perlu dan harus berkomunikasi dengan orang lain, untuk memenuhi kebutuhan biologis kita dan memnuhi kebutuhan psikologis kita

2) Sebutkan contoh-contoh tujuan jangka pendek dan jangka panjang komunikasi dalam fungsinya sebagai komunikasi instrumental?
Tujuan jangka pendek misalnya untuk memperoleh pujian, menumbuhkan kesan yang baik, memperoleh simpati, empati, keuntungan material, ekonomi, dan politik, yang antara lain dapat diraih dengan pengelolaan kesan (impression management), yakni taktik-taktik verbal dan nonverbal, seperti berbicara sopan, mengobral janji, mengenakankan pakaian necis, dan sebagainya yang pada dasarnya untuk menunjukkan kepada orang lain siapa diri kita seperti yang kita inginkan.
Sementara itu, tujuan jangka panjang dapat diraih lewat keahlian komunikasi, misalnya keahlian berpidato, berunding, berbahasa asing ataupun keahlian menulis

3) Apakah pendapat Michael Burgoon dan Michael Ruffner mengenai komunikasi kelompok?
Memberi batasan komunikasi kelompok sebagai interaksi tatap muka dari tiga atau lebih individu guna memperoleh maksud atau tujuan yang dikehendaki seperti berbagi informasi, pemeliharaan diri atau pemecahan masalah sehingga semua anggota dapat menumbuhkan karakteristik pribadi anggota lainnya dengan akurat.

4) Siapakah yang berpendapat ttg konsep mindfulness dan jelaskan maksudnya?
Ellen langer berpendapat ttg konsep mindfulness akan terjadi ketika kita memberikan perhatian pada situasi dan konteks, kita terbuka dengan informasi baru dan kita menyadari bahwa ada banyak perspektif tidak hanya satu perspektif di kehidupan manusia.

kartika mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh penulis.
ridha mengatakan...

nama :ridha sari maulida pratiwi
103112351650085
FISIP komunikasi
kelas I

1. mengapa salah satu fungsi komunikasi
di kategorikan sebagai fungsi komunikasi?
jawab:
Sebagai komunikasi sosial
Fungsi komunikasi sebagai komunikasi sosial setidaknya mengisyaratkan bahwa komunikasi itu penting untuk membangun konsep diri kita, aktualisasi diri, untuk kelangsungan hidup, untuk memperoleh kebahagiaan, terhindar dari tekanan dan ketegangan, antara lain lewat komunikasi yang bersifat menghibur, dan memupuk hubungan hubungan orang lain. Melalui komunikasi kita bekerja sama dengan anggota masyarakat untuk mencapai tujuan bersama.

2. jelaskan pengertian dari istilah significant others menurut
jawab:
George Herbert Mead (dalam Jalaluddin Rakhmat, 1994) mengistilahkan significant others (orang lain yang sangat penting) untuk orang-orang disekitar kita yang mempunyai peranan penting dalam membentuk konsep diri kita.

3.sebutkan ragam tingkat komunikasi!
jawab:
(1) komunikasi intrapribadi (intrapersonal communication)
(2) komunikasi antarpribadi (interpersonal communication)
3) komunikasi kelompok (group communication)
(4) komunikasi organisasi (organization communication)
5) komunikasi massa (mass communication)

sebutkan kegunaan belajar ilmu komunikasi!
jawab :
1. komunikasi adalah fundamental dalam kehidupan kita.
2. komunikasi adalah merupakan suatu aktifitas komplek.
3. komunikasi adalah vital untuk suatu kedudukan/posisi yang efektif.
4. Suatu pendidikan yang tinggi tidak menjamin kompetensi komunikasi yang baik.

kartika mengatakan...

nama : kartika ratnasari
npm : 103112351650098
fakultas : fisip
kelas : I

1. Sebutkan 4 fungsi komunikasi!
Jawab :
1. Sebagai konunikasi sosial
2. sebagai komunikasi ekspresif
3. sebagai komunikasi ritual
4. sebagi komunikasi instrumental

2. Sebutkan tujuan umum dari komunikasi instrumental!
Jawab :
Menginformasikan, mengajar, mendorong, mengubah sikap, menggerakkan tindakan, dan juga menghibur.

3. Mengapa kita mempelajari ilmu komunikasi? (paparkan menurut Ruben & Steward)
jawab :
-> komunikasi adalah fundamental dalam kehidupan kita
-> komunikasi adalah merupakan suatu aktifitas komplek
-> komunikasi adalah vital untuk suatu kedudukan/posisi yang efektif
-> Suatu pendidikan yang tinggi tidak menjamin kompetensi komunikasi yang baik

4. Apa yang dimaksud dengan komunikasi massa?
Jawab :
Komunikasi massa adalah suatu jenis komunikasi yang ditujukan kepada sejumlah audien yang tersebar, heterogen, dan anonim melalui media massa cetak atau elektrolik sehingga pesan yang sama dapat diterima secara serentak dan sesaat.

Fikri mengatakan...

nama : muhammad fikri islami
nim : 103112351650095
jurusan komunikasi

ass. pak adi, say ada beberapa prtanyaan mengenai komunikasi yang saya akan jawab sendiri .
1. apakah yang di maksud komunikasi ??
2. apa saja fungsi komunikasi itu ?
3. ada berapa konseptual komunikasi ??
4. bagaimana terjadinya proses komunikasi ?


jawaban

1. komukasi adalah suatu kebutuhan yang sangt fundamental bagi seseorang yang hidup dalam bermasyarakat.

2. fungsi komunikasi
a. sebagai komunikasi sosial
b. Sebagai komunikasi ekspresif
c. Sebagai komunikasi ritual
d. Sebagai komunikasiinstrumental
3. konseptual komunikasi ada tiga :
14. . komunikasi sebagai kegiatan satu arah
2. komunikasi sebagai kegiatan interaksi
3. komunikasi sebagai kegiatan transaksional
4. proses terjadinya komunikasi :
Misalnya melalui media,baik media masaa maupun media bukan massa,contohnya handphone,radio,televisi,koran,dll.

G mengatakan...

Nama : Yolanda Gressita
NPM : 103112351650101
Fakultas : FISIP [Komunikasi]


1.Menurut Richard Dewey dan W.J. Humber, orang lain yang memiliki ikatan emosinal dengan diri kita, yang dari mereka, kita secara perlahan-lahan membentuk konsep diri kita disebut ? affective others
2.Sebutkan beberapa tujuan umum dari komunikasi instrumental !
menginformasikan, mengajar, mendorong, mengubah sikap, menggerakkan tindakan, dan juga menghibur.
3.Bagaimana konsep mainfulness dapat terjadi ?
konsep mindfulness akan terjadi ketika kita memberikan perhatian pada situasi dan konteks, kita terbuka dengan informasi baru dan kita menyadari bahwa ada banyak perspektif tidak hanya satu perspektif di kehidupan manusia.
4.Salah satu fungsi komunikasi adalah sebagai komunikasi sosial yang di dalamnya ada disebutkan pembentukan konsep diri. Apakah yang dimaksud dengan konsep diri itu!
Konsep diri adalah pandangan kita mengenai diri kita, dan itu hanya bisa kita peroleh lewat informasi yang diberikan orang lain kepada kita.
5.Dalam tingkatan komunikasi apakah yang jumlah perilaku yang terlibat bisa lebih dari dua orang selama pesan atau informasi yang disampaikan bersifat pribadi ?
komunikasi antarpribadi.

aditya mengatakan...

nama : aditya perkasa surya putra
nim : 103112351650099

1. ada 4 kategori fungsi-fungsi komunikasi sebutkan ?
- Sebagai komunikasi sosial
- Sebagai komunikasi ekspresif
- Sebagai komunikasi ritual
- Sebagai komunikasi instrumental

2. Komunikasi berfungsi untuk menyampaikan perasaan-perasaan (emosi) kita adalah fungsi komunikasi sebagai ?
- Sebagai komunikasi ekspresif

3. apa yang di maksud dengan komunikasi antar pribadi ?
- komunikasi antar pribadi yaitu kegiatan komunikasi yang dilakukan seseorang dengan orang lain dengan corak komunikasinya lebih bersifat pribadi dan sampai pada tataran prediksi hasil komunikasinya pada tingkatan psikologis yang memandang pribadi sebagai unik.

4. apa yang di maksud dengan komunikasi adalah fundamental ?
- Cara kita berhubungan satu dengan lainnya, bagimana suatu hubungan kita bentuk, bagaimana cara kita memberikan kontribusi sebagai anggota keluarga, kelompok, komunitas, organisasi dan masyarakat secara luas membutuhkan suatu komunikasi.

mahlan mengatakan...

nama : mahlan
nim : 083112351650244
fakultas : Fisip

1.menurut deddy mulyana ada 4 fungsi komunikasi,coba sebutkan?
jawab:
a. Sebagai komunikasi sosial
b. Sebagai komunikasi ekspresif
c. Sebagai komunikasi ritual
d. Sebagai komunikasi instrumental
2.Sebutkan beberapa ragam tingkatan komunikasi?
jawab:
a. Komunikasi intrapribadi
b. Komunikasi antarpribadi
c. Komunikasi kelompok
d. Komunikasi organisasi
e. Komunikasi massa
3. mengapa kita perlu mempelajari ilmu komunikasi?
jawab:
a.karena konunikasi adalah fundamental dalam kehidupan kita
b. karena komunikasi merupakan aktifitas komplek
c.karena komunikasi adalah vital untuk suatu kedudukan yang efektif
d.karena suatu pendidikan yang tinggi tidak menjamin kompetensi komunikasi yang baik
e.karena komunikasi adalah populer
4.Sebutkan fungsi komunikasi menurut Harold D Lasswell?
jawab:
a.Pengawasan lingkungan yaitu penyingkapan ancaman dan kesempatan yang mempengaruhi nilai masyarakat
b.Menghubungkan bagian-bagian yang terpisahkan dari masyarakat untuk menanggapi lingkungannya
c.Menurunkan warisan sosial dari generasi ke generasi berikutnya

rama mengatakan...

nama : rama yogiswara
nim : 10-076

1. apa yang di maksud komunikasi sosial ?
- ungsi komunikasi sebagai komunikasi sosial setidaknya mengisyaratkan bahwa komunikasi itu penting untuk membangun konsep diri kita, aktualisasi diri, untuk kelangsungan hidup, untuk memperoleh kebahagiaan, terhindar dari tekanan dan ketegangan, antara lain lewat komunikasi yang bersifat menghibur, dan memupuk hubungan hubungan orang lain

2. apa yang di maksud komunikasi populer ?
- Komunikasi adalah suatu bidang yang dikatakan sebagai popular. Banyak bidang-bidang komunikasi modern sekarang ini yang memfokuskan pada studi tentang pesan, ada juga tentang hubungan antara komunikasi dengan bidang profesiponal lainnya termasuk hukum, bisnis, informasi, pendidikan, ilmu computer, dan lain-lain

3. Komunikasi adalah suatu aktifitas yang komplek dan menantan adalah komunikasi yang merupakan ??
- suatu aktifitas komplek.

4. apa yang di maksud dengan komunikasi intrapribadi ?
- komunikasi intrapribadi (intrapersonal communication) yaitu komunikasi yang terjadi dalam diri seseorang yang berupa proses pengolahan informasi melalui panca indera dan sistem syaraf manusia

Risma mengatakan...

1. Wiiliam I. Gorden mengkategorikan fungsi komunikasi menjadi 4 yaitu...
- Sebagai komunikasi sosial
- sebagai komunikasi ekspresif
- sebagai komunikasi ritual
- sebagai komunikasi instrumental

2. apa yang dimaksud dengan komunikasi intrapribadi?
- yaitu komunikasi yang terjadi dalam diri seseorang yang berupa proses pengolahan informasi melalui panca indera dan sistem syaraf manusia.

3. apa yang dimakusud komunikasi publik menurut Mulyana?
- yaitu komunikasi yang terjadi dalam diri seseorang yang berupa proses pengolahan informasi melalui panca indera dan sistem syaraf manusia.

4. seorang penerima pesan tidak memahami isi pesan yang diantar oleh pengirim pesan. apakah aktivitas ini termasuk komunikasi?
- tidak. aktivitas ini tidak termasuk komunikasi. karena yang dimaksud kegiatan komunikasi adalah kegiatan dimana si penerima pesan memahami isi pesan si pengantar pesan.

Risma mengatakan...

Nama: Rismaya Fauziah
NIM: 10-120
FISIP Ilmu Komunikasi

1. Wiiliam I. Gorden mengkategorikan fungsi komunikasi menjadi 4 yaitu...
- Sebagai komunikasi sosial
- sebagai komunikasi ekspresif
- sebagai komunikasi ritual
- sebagai komunikasi instrumental

2. apa yang dimaksud dengan komunikasi intrapribadi?
- yaitu komunikasi yang terjadi dalam diri seseorang yang berupa proses pengolahan informasi melalui panca indera dan sistem syaraf manusia.

3. apa yang dimakusud komunikasi publik menurut Mulyana?
- yaitu komunikasi yang terjadi dalam diri seseorang yang berupa proses pengolahan informasi melalui panca indera dan sistem syaraf manusia.

4. seorang penerima pesan tidak memahami isi pesan yang diantar oleh pengirim pesan. apakah aktivitas ini termasuk komunikasi?
- tidak. aktivitas ini tidak termasuk komunikasi. karena yang dimaksud kegiatan komunikasi adalah kegiatan dimana si penerima pesan memahami isi pesan si pengantar pesan.

Risma mengatakan...

Nama: Rismaya Fauziah
NIM: 10-120
FISIP Ilmu Komunikasi

1. Wiiliam I. Gorden mengkategorikan fungsi komunikasi menjadi 4 yaitu...
- Sebagai komunikasi sosial
- sebagai komunikasi ekspresif
- sebagai komunikasi ritual
- sebagai komunikasi instrumental

2. apa yang dimaksud dengan komunikasi intrapribadi?
- yaitu komunikasi yang terjadi dalam diri seseorang yang berupa proses pengolahan informasi melalui panca indera dan sistem syaraf manusia.

3. apa yang dimakusud komunikasi publik menurut Mulyana?
- yaitu komunikasi yang terjadi dalam diri seseorang yang berupa proses pengolahan informasi melalui panca indera dan sistem syaraf manusia.

4. seorang penerima pesan tidak memahami isi pesan yang diantar oleh pengirim pesan. apakah aktivitas ini termasuk komunikasi?
- tidak. aktivitas ini tidak termasuk komunikasi. karena yang dimaksud kegiatan komunikasi adalah kegiatan dimana si penerima pesan memahami isi pesan si pengantar pesan.

eko mengatakan...

nama : Eko Murdianto
nim : 063112351650101
matkul : peng. Ilmu Komunikasi

1.Apa yang dimaksud dengan fungsi komunikasi ?
Komunikasi adalah suatu proses Komunikasi yang merupakan suatu tindakan atau peristiwa yang terjadi secara langsung Komunikasi adalah upaya yang disengaja dan mempunyai tujuan Komunikasi menuntut adanya partisipasi dan kerjasama dari para pelaku yang terlibat. Aktifitas komunikasi akan berlangsung dengan baik, apabila pihak pihak yang terlibat berkomunikasi Komunikasi bersifat simbolis, Komunikasi pada dasarnya merupakan tindakan yang dilakukan dengan menggunakan lambang-lambang.

2.Sebutkan Bentuk-bentuk dari Komunikasi ?
Bentuk-bentuk komunikasi ialah :
a. Komunikasi vertical Komunikasi vertikal adalah komunikasi dari atas ke bawah dan dari bawah ke atas atau komunikasi dari pimpinan ke bawahan dan dari bawahan ke pimpinan secara timbal balik.
b. Komunikasi horisontal Komunikasi horisontal adalah komunikasi secara mendatar, misalnya komunikasi antara karyawan dengan karyawan dan komunikasi ini sering kali berlangsung tidak formal yang berlainan dengan komunikasi vertikal yang terjadi secara formal.
c. Komunikasi diagonal Komunikasi diagonal yang sering juga dinamakan komunikasi silang yaitu seseorang dengan orang lain yang satu dengan yang lainnya berbeda dalam kedudukan dan bagian (Effendy, 2000 : 17). Pendapat lainnya menyebutkan, komunikasi dapat mengalir secara vertikal atau lateral (menyisi).

3.apa yang dimaksud komunikasi nonverbal ?
Komunikasi nonverbal adalah komunikasi yang menggunakan pesan-pesan nonverbal. Istilah nonverbal biasanya digunakan untuk melukiskan semua peristiwa komunikasi di luar kata-kata terucap dan tertulis.

4.Apa yang dimaksud dengan komunikasi Instrumental ?
Komunikasi instrumental mempunyai beberapa tujuan umum: menginformasikan, mengajar, mendorong, mengubah sikap dan keyakinan dan mengubah perilaku atau menggerakkan tindakan dan juga untuk menghibur (persuasif) Suatu peristiwa komunikasi sesungguhnya seringkali mempunyai fungsi-fungsi tumpang tindih, meskipun salah satu fungsinya sangat menonjol dan mendominasi.

melati nurvidasari mengatakan...

nama: melati nurvidasari
nim: 103112351650081
kelas: I
jurusan: fisip ilmu komunikasi

1.sebutkan ragam tingkat komunikasi!
jawab:
(1) komunikasi intrapribadi (intrapersonal communication)
(2) komunikasi antarpribadi (interpersonal communication)
3) komunikasi kelompok (group communication)
(4) komunikasi organisasi (organization communication)
5) komunikasi massa (mass communication)

2. apakah yg di maksud komunikasi instrumental? jelaskan
jawab:
mendorong, mengubah sikap, menggerakkan tindakan, dan juga menghibur.
Sebagai instrumen, komunikasi tidak saja kita gunakan untuk menciptakan dan membangun hubungan, namun juga untuk menghancurkan hubungan tersebut.
Studi komunika membuat kita peka terhadap berbagai strategi yang dapat kita gunakan dalam komunikasi kita untuk bekerja lebih baik dengan orang lain demi keuntungan bersama. Komunikasi berfungsi sebagi instrumen untuk mencapai tujuan-tujuan pribadi dan pekerjaan, baik tujuan jangka pendek ataupun tujuan jangka panjang.

3. paparkan fungsi komunikasi yang dinyatakan Harold D Lasswell !
jawab :
- penjagaan atau pengawasan lingkungan
- menghubungkan bagian-bagian yang terpisahkan dari masyarakat untuk menanggapi lingkungannya
-menurunkan warisan sosial ke generasi berikutnya.

4. jelaskan definisi pembentukkan konsep diri !
jawab :
pandangan kita mengenai diri kita sendiri yang diperoleh dari informasi orang lain kepada kita.

anes yudi enjelin mengatakan...

nama: anes yudi enjelin
nim: 103112351650087
fakultas : fisip

sebelumnya saya minta maaf pak karena baru masuk tugas hari ini, kemarin saya sakit sehingga baru hari ini saya dapat membuka blog bapak.

1. sebutkan fungsi-fungsi komunikasi!
- Sebagai komunikasi sosial.
- sebagai komunikasi ekspresif
- sebagai komunikasi ritual
- sebagai komunikasi instrumental

2. sebutkan ragam tingkatan komunikasi!
-. komunikasi intrapribadi.
- komunikasi antarpribadi
- komunikasi antarkelompok
- komunikasi organisasi
- komunikasi massa

3. apa kegunaan dari belajar komunikasi?
a. komunikasi adalah fundamental kehidupan
b. komunikasi adalah merupakan suatu aktifitas komplek
c. komunikasi adalah vital untuk suatu kedudukan/posisi yang efektif
d. suatu pendidikan yang tinggi tidak menjamin kopetensi komunikasi yang baik
e. komunikasi adalah populer.

4. jelaskan pendapat Harold D Lassmell mengenai fungsi komunikasi!
a. penjagaan/pengawasan lingkungan yakni penyingkapan ancaman dan kesempatan yang mempengaruhi nilai masyarakat
b. menghubungkan bagian-bagian yang terpisahkan dari masyarakat untuk menanggapi lingkungannya.
c. menurunkan warisan sosial dari generasi ke generasi berikutnya.

terimakasih pak..

anes yudi enjelin mengatakan...

nama : anes yudi enjelin
nim : 103112351650087
fakultas : fisip

sebelumnya saya minta maaf pak karna baru postin komentar hari ini, dikarenakan kemarin saya sakit.

1. sebutkan fungsi-fungsi komunikasi!
- sebagai komunikasi sosial
- sebagai komunikasi ekspresif
- sebagi komunikasi ritual
- sebagai komunikasi instrumental

2. sebutkan ragam tingkatan komunikasi!
- komunikasiintrapribadi
- komunikasi antarkelompok
- komunikasi antarpribadi
- komunikasi organisasi
- komunikasi massa

3. apa kegunaan dai belajar ilmu komunikasi?
a. komunikasi adalah fundamental kehidupan
b. komunikasi adalah merupakan suatu aktifitas komplek
c. komunikasi adalah vital untuk suatu kedudukan/posisi yang efektif
d. suatu pendidikan yang tinggi tidak menjamin kopetensi komunikasi yang baik
e. komunikasi adalah populer.

4. jelaskan pendapat Harold D Lasswell apa fungsi dari komunikasi :
a. penjagaan/pengawasan lingkungan yakni penyingkapan ancaman dan kesempatan yang mempengaruhi nilai masyarakat
b. menghubungkan bagian-bagian yang terpisahkan dari masyarakat untuk menanggapi lingkungannya.
c. menurunkan warisansosial dari generasi ke generasi berikutnya.

terimaksaih pak..

aryatiyuliaputri mengatakan...

nama : ariati yulia putri
nim : 103112351650161
fakultas : fisip (komunikasi)

1. apa yang dimaksud dengan pembentukan konsep diri ?

* Konsep diri adalah pandangan kita mengenai diri kita, dan itu hanya bisa kita peroleh lewat informasi yang diberikan orang lain kepada kita.

2. sebutkan paparan fungsi komunikasi , menurut Harold D Lasswell ?

• Penjajagan/pengawasan lingkungan

• Menghubungkan bagian-bagian yang terpisahkan dari masyarakat untuk menanggapi lingkungannya .

• Menurunkan warisan social dari generasi ke generasi berikutnya.

3. sebutkan 5 umum tingkatan ragam komunikasi ?

1. komunikasi intrapribadi (intrapersonal communication)
2. komunikasi antarpribadi (interpersonal communication)
3. komunikasi kelompok (group communication)
4. komunikasi organisasi (organization communication)
5. komunikasi massa (mass communication).

4. mengapa komunikasi sosial sangat penting untuk masyarakat ?

* komunikasi penting untuk menbangun konsep diri kita , untuk memperoleh kebahagian, terhidar dari tekanan dan ketegangan, antara lain lewat komunikasi yang bersifat menghibur dan memupuk hubungan-hubungan orang lain .

luccy mengatakan...

nama : Lusi Erawati
NIM : 103112351650080
fakultas :FISIP(ilmu komunikasi)

1.Sebutkan beberapa Fungsi komunikasi yang diketahui ?

a.Sebagai komunikasi sosial
b.Sebagai komunikasi ekspresif
c.Sebagai komunikasi ritual
d.Sebagai komunikasi instrumental

2.menurut anda apakah yang dimaaksud dengan komunikasi intrapribadi ?

komunikasi yang terjadi dalam diri seseorang yang berupa proses pengolahan informasi melalui panca indera dan sistem syaraf manusia.

3.sebutkan beberapa tujuan Komunikasi instrumental ?

-menginformasikan,
-mengajar,
-mendorong,
-mengubah sikap,
-menggerakkan tindakan, dan
-menghibur.

4.Sebutkan ragam tingkatan komunikasi ?

1) komunikasi intrapribadi (intrapersonal communication)
2) komunikasi antarpribadi (interpersonal communication)
3) komunikasi kelompok (group communication)
4) komunikasi organisasi (organization communication)
5) komunikasi massa (mass communication)

aryhari mengatakan...

nama:Hari azhari
nim :103112351650122
fakultas :fisip(komunikasi)

1.menurut kamu apaka fungsi komunikasi sosial?

jawaban :
untuk mengisyaratkan bahwa komunikasi itu penting untuk membangun konsep diri kita, aktualisasi diri, untuk kelangsungan hidup, untuk memperoleh kebahagiaan, terhindar dari tekanan dan ketegangan, antara lain lewat komunikasi yang bersifat menghibur, dan memupuk hubungan hubungan orang lain.

2.Secara umum ragam tingkatan komunikasi adalah ?

jawaban :
(1) komunikasi intrapribad
(2) komunikasi antarpribadi
(3) komunikasi kelompok
(4) komunikasi organisasi
(5) komunikasi massa

3.menurut anda apakah kegunaan dari mempelajari ilmu komunikasi?

jawaban:
1.fundamental dalam kehidupan kita.
2.merupakan suatu aktifitas komplek.
3.vital untuk suatu kedudukan/posisi yang efektif.
4.komunikasi adalah populer.


4.berikan contoh komunikasi ritual?

jawaban:
misalnya mulai dari upacara kelahiran, sunatan, ulang tahun, pertunangan, siraman, pernikahan, dan lain-lain.

mardhy ibrahim mengatakan...

nama : sumardi ibrahim
nim : 103112351650146
fakultas : komunikasi (komunikasi)

1.Sebutkan dan jelaskan fungsi komunikasi sebagai fungsi komunikasi sosial.
jawab :
Sebagai komunikasi sosial:
Fungsi komunikasi sebagai komunikasi sosial setidaknya mengisyaratkan bahwa komunikasi itu penting untuk membangun konsep diri kita,aktualisasi diri,untuk kelangsungan hidup,maksudnya adalah :
*Konsep diri adalah pandangan kita, dan itu hanya bisa kita peroleh lewat informasi yang diberikan orang lain kepada kita.
*Pernyataan eksistensi diri.orang berkomunikasi untuk menunjukkan dirinya eksis.Inilah yang disebut aktualisasi diri atau lebih tepat lagi pernyataan eksistensi diri.
*untuk kelangsungan hidup,memupuk hubungan,dan memperoleh kebahagiaan.sejak lahir,kita dapat hidup sendiri untuk mempertahankan hidup.kita perlu dan harus berkomunikasi dengan oorang lain,untuk memenuhi kebutuhan biologis kita.
2.sebutkan 2 orang ilmuan yang pendapatnya saling melengkapi!
jawab :
*Onong Effendy (1994),iya berpendapat fungsi komunikasi adalah menyampaikan informasi, mendidik,menghibur,dan mempengaruhi.
*sedangkan Harold D. Lasswell (dalam Nurdin,2004 dan effendy,1994:27)berpendapat fungsi komunikasi sebagai berikut :
a.penjagaan/pengawasan lingkungan (surveillance of the information)yakni penyingkapan ancaman dan kesempatan yang mempengaruhu nilai masyarakat.
b.menghubungkan bagian-bagian yang terpisah dari masyarakat untuk menanggapi lingkungannya.
c.menurunkan warisan sosial dari generasi ke generasi berikutnya.
3.Apa yang dimaksud dengan komunikasi intrapribadi (intrapersonal communicasi)?
jawab :
*komunikasi intrapribadi(intrapersonal communication) adalah komunikasi yang terjadi dalam diri seseorang yang berupa proses pengolahan informasi melalui panca indra dan sistem syaraf manusia.
4.Apakah yang dimaksud dengan komunikasi publik?
*komunikasi publik adalah komunikasi antara seseorang pembicara dengan sejumlah besar orang (khalayak).
5.Menurut anda mengapa kita mempelajari ilmu komunikasi?
*menurut saya kita mempelajari ilmu komunikasi agar kita mengetahui komunikasi itu tidak hanya sebatas saling berbicara satu sama lain,tetapi juga agar kita mengetahui/mengerti apa saja yang terkandung di dalamnya seperti fungsi dari ilmu komunikasi.

M. dzikrifalah mengatakan...

Nama : M. dzikri falah
NPM : 07 - 075
kelas : G
fakultas : komunikasi

1. sebutkan secara umum ragam tingkatan komunikasi atau konteks-konteks komunikasi ?
jawab :
1. komunikasi intrapribadi (intrapersonal communication) yaitu komunikasi yang terjadi dalam diri seseorang yang berupa proses pengolahan informasi melalui panca indera dan sistem syaraf manusia.
2.komunikasi antarpribadi (interpersonal communication) yaitu kegiatan komunikasi yang dilakukan seseorang dengan orang lain dengan corak komunikasinya lebih bersifat pribadi dan sampai pada tataran prediksi hasil komunikasinya pada tingkatan psikologis yang memandang pribadi sebagai unik.
3.komunikasi kelompok (group communication) yaitu komunikasi yang berlangsung di antara anggota suatu kelompok. Menurut Michael Burgoon dan Michael Ruffner dalam Sendjaja,(1994) memberi batasan komunikasi kelompok sebagai interaksi tatap muka dari tiga atau lebih individu guna memperoleh maksud atau tujuan yang dikehendaki seperti berbagi informasi, pemeliharaan diri atau pemecahan masalah sehingga semua anggota dapat menumbuhkan karakteristik pribadi anggota lainnya dengan akurat.
4.komunikasi organisasi (organization communication) yaitu pengiriman dan penerimaan berbagai pesan organisasi di dalam kelompok formal maupun informal dari suatu organisasi (Wiryanto, 2005:52).
5. komunikasi massa (mass communication). Komunikasi massa dapat didefinisikan sebagai suatu jenis komunikasi yang ditujukan kepada sejumlah audien yang tersebar, heterogen, dan anonim melalui media massa cetak atau elektrolik sehingga pesan yang sama dapat diterima secara serentak dan sesaat.

2. apa alasan ada mempelajari ilmu komunikasi ?
jawab :
a. komunikasi adalah fundamental dalam kehidupan kita.
b. komunikasi adalah merupakan suatu aktifitas komplek.
c. komunikasi adalah vital untuk suatu kedudukan/posisi yang efektif.
d. Suatu pendidikan yang tinggi tidak menjamin kompetensi komunikasi yang baik.
e. komunikasi adalah populer.

3. jelaskan fungsi komunikasi sebagai komunikasi sosial ?
jawab :
mengisyaratkan bahwa komunikasi itu penting untuk membangun konsep diri kita, aktualisasi diri, untuk kelangsungan hidup, untuk memperoleh kebahagiaan, terhindar dari tekanan dan ketegangan, antara lain lewat komunikasi yang bersifat menghibur, dan memupuk hubungan hubungan orang lain. Melalui komunikasi kita bekerja sama dengan anggota masyarakat (keluarga, kelompok belajar, perguruan tinggi, RT, desa,negara secara keseluruhan) untuk mencapai tujuan

4. jelaskan pengerian konsep diri ?
jawab :
pandangan kita mengenai diri kita, dan itu hanya bisa kita peroleh lewat informasi yang diberikan orang lain kepada kita.

5. sebutkan tujuan umum komunikasi instrumental :
jawab :
menginformasikan, mengajar, mendorong, mengubah sikap, menggerakkan tindakan, dan juga menghibur.

M. dzikrifalah mengatakan...

Nama : M. dzikri falah
NPM : 07 - 075
kelas : G
fakultas : komunikasi

1. sebutkan secara umum ragam tingkatan komunikasi atau konteks-konteks komunikasi ?
jawab :
1. komunikasi intrapribadi (intrapersonal communication) yaitu komunikasi yang terjadi dalam diri seseorang yang berupa proses pengolahan informasi melalui panca indera dan sistem syaraf manusia.
2.komunikasi antarpribadi (interpersonal communication) yaitu kegiatan komunikasi yang dilakukan seseorang dengan orang lain dengan corak komunikasinya lebih bersifat pribadi dan sampai pada tataran prediksi hasil komunikasinya pada tingkatan psikologis yang memandang pribadi sebagai unik.
3.komunikasi kelompok (group communication) yaitu komunikasi yang berlangsung di antara anggota suatu kelompok. Menurut Michael Burgoon dan Michael Ruffner dalam Sendjaja,(1994) memberi batasan komunikasi kelompok sebagai interaksi tatap muka dari tiga atau lebih individu guna memperoleh maksud atau tujuan yang dikehendaki seperti berbagi informasi, pemeliharaan diri atau pemecahan masalah sehingga semua anggota dapat menumbuhkan karakteristik pribadi anggota lainnya dengan akurat.
4.komunikasi organisasi (organization communication) yaitu pengiriman dan penerimaan berbagai pesan organisasi di dalam kelompok formal maupun informal dari suatu organisasi (Wiryanto, 2005:52).
5. komunikasi massa (mass communication). Komunikasi massa dapat didefinisikan sebagai suatu jenis komunikasi yang ditujukan kepada sejumlah audien yang tersebar, heterogen, dan anonim melalui media massa cetak atau elektrolik sehingga pesan yang sama dapat diterima secara serentak dan sesaat.

2. apa alasan ada mempelajari ilmu komunikasi ?
jawab :
a. komunikasi adalah fundamental dalam kehidupan kita.
b. komunikasi adalah merupakan suatu aktifitas komplek.
c. komunikasi adalah vital untuk suatu kedudukan/posisi yang efektif.
d. Suatu pendidikan yang tinggi tidak menjamin kompetensi komunikasi yang baik.
e. komunikasi adalah populer.

3. jelaskan fungsi komunikasi sebagai komunikasi sosial ?
jawab :
mengisyaratkan bahwa komunikasi itu penting untuk membangun konsep diri kita, aktualisasi diri, untuk kelangsungan hidup, untuk memperoleh kebahagiaan, terhindar dari tekanan dan ketegangan, antara lain lewat komunikasi yang bersifat menghibur, dan memupuk hubungan hubungan orang lain. Melalui komunikasi kita bekerja sama dengan anggota masyarakat (keluarga, kelompok belajar, perguruan tinggi, RT, desa,negara secara keseluruhan) untuk mencapai tujuan

4. jelaskan pengerian konsep diri ?
jawab :
pandangan kita mengenai diri kita, dan itu hanya bisa kita peroleh lewat informasi yang diberikan orang lain kepada kita.

5. sebutkan tujuan umum komunikasi instrumental :
jawab :
menginformasikan, mengajar, mendorong, mengubah sikap, menggerakkan tindakan, dan juga menghibur.

M. dzikrifalah mengatakan...

Nama : M. dzikri falah
NPM : 07 - 075
kelas : G
fakultas : komunikasi

1. sebutkan secara umum ragam tingkatan komunikasi atau konteks-konteks komunikasi ?
jawab :
1. komunikasi intrapribadi (intrapersonal communication) yaitu komunikasi yang terjadi dalam diri seseorang yang berupa proses pengolahan informasi melalui panca indera dan sistem syaraf manusia.
2.komunikasi antarpribadi (interpersonal communication) yaitu kegiatan komunikasi yang dilakukan seseorang dengan orang lain dengan corak komunikasinya lebih bersifat pribadi dan sampai pada tataran prediksi hasil komunikasinya pada tingkatan psikologis yang memandang pribadi sebagai unik.
3.komunikasi kelompok (group communication) yaitu komunikasi yang berlangsung di antara anggota suatu kelompok. Menurut Michael Burgoon dan Michael Ruffner dalam Sendjaja,(1994) memberi batasan komunikasi kelompok sebagai interaksi tatap muka dari tiga atau lebih individu guna memperoleh maksud atau tujuan yang dikehendaki seperti berbagi informasi, pemeliharaan diri atau pemecahan masalah sehingga semua anggota dapat menumbuhkan karakteristik pribadi anggota lainnya dengan akurat.
4.komunikasi organisasi (organization communication) yaitu pengiriman dan penerimaan berbagai pesan organisasi di dalam kelompok formal maupun informal dari suatu organisasi (Wiryanto, 2005:52).
5. komunikasi massa (mass communication). Komunikasi massa dapat didefinisikan sebagai suatu jenis komunikasi yang ditujukan kepada sejumlah audien yang tersebar, heterogen, dan anonim melalui media massa cetak atau elektrolik sehingga pesan yang sama dapat diterima secara serentak dan sesaat.

2. apa alasan ada mempelajari ilmu komunikasi ?
jawab :
a. komunikasi adalah fundamental dalam kehidupan kita.
b. komunikasi adalah merupakan suatu aktifitas komplek.
c. komunikasi adalah vital untuk suatu kedudukan/posisi yang efektif.
d. Suatu pendidikan yang tinggi tidak menjamin kompetensi komunikasi yang baik.
e. komunikasi adalah populer.

3. jelaskan fungsi komunikasi sebagai komunikasi sosial ?
jawab :
mengisyaratkan bahwa komunikasi itu penting untuk membangun konsep diri kita, aktualisasi diri, untuk kelangsungan hidup, untuk memperoleh kebahagiaan, terhindar dari tekanan dan ketegangan, antara lain lewat komunikasi yang bersifat menghibur, dan memupuk hubungan hubungan orang lain. Melalui komunikasi kita bekerja sama dengan anggota masyarakat (keluarga, kelompok belajar, perguruan tinggi, RT, desa,negara secara keseluruhan) untuk mencapai tujuan

4. jelaskan pengerian konsep diri ?
jawab :
pandangan kita mengenai diri kita, dan itu hanya bisa kita peroleh lewat informasi yang diberikan orang lain kepada kita.

5. sebutkan tujuan umum komunikasi instrumental :
jawab :
menginformasikan, mengajar, mendorong, mengubah sikap, menggerakkan tindakan, dan juga menghibur.

M. dzikrifalah mengatakan...

Nama : M. dzikri falah
NPM : 07 - 075
kelas : G
fakultas : komunikasi

1. sebutkan secara umum ragam tingkatan komunikasi atau konteks-konteks komunikasi ?
jawab :
1. komunikasi intrapribadi (intrapersonal communication) yaitu komunikasi yang terjadi dalam diri seseorang yang berupa proses pengolahan informasi melalui panca indera dan sistem syaraf manusia.
2.komunikasi antarpribadi (interpersonal communication) yaitu kegiatan komunikasi yang dilakukan seseorang dengan orang lain dengan corak komunikasinya lebih bersifat pribadi dan sampai pada tataran prediksi hasil komunikasinya pada tingkatan psikologis yang memandang pribadi sebagai unik.
3.komunikasi kelompok (group communication) yaitu komunikasi yang berlangsung di antara anggota suatu kelompok. Menurut Michael Burgoon dan Michael Ruffner dalam Sendjaja,(1994) memberi batasan komunikasi kelompok sebagai interaksi tatap muka dari tiga atau lebih individu guna memperoleh maksud atau tujuan yang dikehendaki seperti berbagi informasi, pemeliharaan diri atau pemecahan masalah sehingga semua anggota dapat menumbuhkan karakteristik pribadi anggota lainnya dengan akurat.
4.komunikasi organisasi (organization communication) yaitu pengiriman dan penerimaan berbagai pesan organisasi di dalam kelompok formal maupun informal dari suatu organisasi (Wiryanto, 2005:52).
5. komunikasi massa (mass communication). Komunikasi massa dapat didefinisikan sebagai suatu jenis komunikasi yang ditujukan kepada sejumlah audien yang tersebar, heterogen, dan anonim melalui media massa cetak atau elektrolik sehingga pesan yang sama dapat diterima secara serentak dan sesaat.

2. apa alasan ada mempelajari ilmu komunikasi ?
jawab :
a. komunikasi adalah fundamental dalam kehidupan kita.
b. komunikasi adalah merupakan suatu aktifitas komplek.
c. komunikasi adalah vital untuk suatu kedudukan/posisi yang efektif.
d. Suatu pendidikan yang tinggi tidak menjamin kompetensi komunikasi yang baik.
e. komunikasi adalah populer.

3. jelaskan fungsi komunikasi sebagai komunikasi sosial ?
jawab :
mengisyaratkan bahwa komunikasi itu penting untuk membangun konsep diri kita, aktualisasi diri, untuk kelangsungan hidup, untuk memperoleh kebahagiaan, terhindar dari tekanan dan ketegangan, antara lain lewat komunikasi yang bersifat menghibur, dan memupuk hubungan hubungan orang lain. Melalui komunikasi kita bekerja sama dengan anggota masyarakat (keluarga, kelompok belajar, perguruan tinggi, RT, desa,negara secara keseluruhan) untuk mencapai tujuan

4. jelaskan pengerian konsep diri ?
jawab :
pandangan kita mengenai diri kita, dan itu hanya bisa kita peroleh lewat informasi yang diberikan orang lain kepada kita.

5. sebutkan tujuan umum komunikasi instrumental :
jawab :
menginformasikan, mengajar, mendorong, mengubah sikap, menggerakkan tindakan, dan juga menghibur.

M. dzikrifalah mengatakan...

Nama : M. dzikri falah
NPM : 07 - 075
kelas : G
fakultas : komunikasi

1. sebutkan secara umum ragam tingkatan komunikasi atau konteks-konteks komunikasi ?
jawab :
1. komunikasi intrapribadi (intrapersonal communication) yaitu komunikasi yang terjadi dalam diri seseorang yang berupa proses pengolahan informasi melalui panca indera dan sistem syaraf manusia.
2.komunikasi antarpribadi (interpersonal communication) yaitu kegiatan komunikasi yang dilakukan seseorang dengan orang lain dengan corak komunikasinya lebih bersifat pribadi dan sampai pada tataran prediksi hasil komunikasinya pada tingkatan psikologis yang memandang pribadi sebagai unik.
3.komunikasi kelompok (group communication) yaitu komunikasi yang berlangsung di antara anggota suatu kelompok. Menurut Michael Burgoon dan Michael Ruffner dalam Sendjaja,(1994) memberi batasan komunikasi kelompok sebagai interaksi tatap muka dari tiga atau lebih individu guna memperoleh maksud atau tujuan yang dikehendaki seperti berbagi informasi, pemeliharaan diri atau pemecahan masalah sehingga semua anggota dapat menumbuhkan karakteristik pribadi anggota lainnya dengan akurat.
4.komunikasi organisasi (organization communication) yaitu pengiriman dan penerimaan berbagai pesan organisasi di dalam kelompok formal maupun informal dari suatu organisasi (Wiryanto, 2005:52).
5. komunikasi massa (mass communication). Komunikasi massa dapat didefinisikan sebagai suatu jenis komunikasi yang ditujukan kepada sejumlah audien yang tersebar, heterogen, dan anonim melalui media massa cetak atau elektrolik sehingga pesan yang sama dapat diterima secara serentak dan sesaat.

2. apa alasan ada mempelajari ilmu komunikasi ?
jawab :
a. komunikasi adalah fundamental dalam kehidupan kita.
b. komunikasi adalah merupakan suatu aktifitas komplek.
c. komunikasi adalah vital untuk suatu kedudukan/posisi yang efektif.
d. Suatu pendidikan yang tinggi tidak menjamin kompetensi komunikasi yang baik.
e. komunikasi adalah populer.

3. jelaskan fungsi komunikasi sebagai komunikasi sosial ?
jawab :
mengisyaratkan bahwa komunikasi itu penting untuk membangun konsep diri kita, aktualisasi diri, untuk kelangsungan hidup, untuk memperoleh kebahagiaan, terhindar dari tekanan dan ketegangan, antara lain lewat komunikasi yang bersifat menghibur, dan memupuk hubungan hubungan orang lain. Melalui komunikasi kita bekerja sama dengan anggota masyarakat (keluarga, kelompok belajar, perguruan tinggi, RT, desa,negara secara keseluruhan) untuk mencapai tujuan

4. jelaskan pengerian konsep diri ?
jawab :
pandangan kita mengenai diri kita, dan itu hanya bisa kita peroleh lewat informasi yang diberikan orang lain kepada kita.

5. sebutkan tujuan umum komunikasi instrumental :
jawab :
menginformasikan, mengajar, mendorong, mengubah sikap, menggerakkan tindakan, dan juga menghibur.

M. dzikrifalah mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh penulis.
Thiwy mengatakan...

Tugas Pengantar Ilmu Komunikasi :


Nama : Pratiwi Purwaningsih
NPM : 103112350750094
Fakultas : FISIP
kelas : G



1). Sebutkan 3 fungsi komunikasi menurut Paradigma Harold D. Lasswell !
Jawab :
a.Pengamatan terhadap Lingkungan (the surveillance of the environment), penyingkapan ancaman dan kesempatan yang mempengaruhi nilai masyarakat dan bagian-bagian unsur di dalamnya.
b.Korelasi unsur-unsur masyarakat ketika menanggapi lingkungan (correlation of the components of society in making a response to the environment).
c.Penyebaran warisan sosial (transmission of the social inheritance). Di sini berperan para pendidik, baik dalam kehidupan rumah tangganya maupun di sekolah, yang meneruskan warisan sosial kepada keturunan berikutnya.

2). Sebutkan 5 unsur Komunikasi menurut Paradigma Lasswell !
Jawab :
- Komunikator (communicator, source, sender).
- Pesan (message).
- Media (channel, media).
- Komunikan (communicant, communicate, receiver, recipient).
- Efek (effect, impact, influence).

3). Sebutkan dan jelaskan secara umum ragam tingkatan komunikasi !
Jawab :
a. Komunikasi Intrapribadi (intrapersonal communication) yaitu komunikasi yang terjadi dalam diri seseorang yang berupa proses pengolahan informasi melalui panca indera dan sistem syaraf manusia.
b. Komunikasi Antarpribadi (interpersonal communication) yaitu kegiatan komunikasi yang dilakukan seseorang dengan orang lain dengan corak komunikasinya lebih bersifat pribadi dan sampai pada tataran prediksi hasil komunikasinya pada tingkatan psikologis yang memandang pribadi sebagai unik.
c. Komunikasi Kelompok (group communication) yaitu komunikasi yang berlangsung di antara anggota suatu kelompok. Menurut Michael Burgoon dan Michael Ruffner dalam Sendjaja, (1994) memberi batasan komunikasi kelompok sebagai interaksi tatap muka dari tiga atau lebih individu guna memperoleh maksud atau tujuan yang dikehendaki seperti berbagi informasi, pemeliharaan diri atau pemecahan masalah sehingga semua anggota dapat menumbuhkan
karakteristik pribadi anggota lainnya dengan akurat.
d.Komunikasi Organisasi (organization communication) yaitu pengiriman dan penerimaan berbagai pesan organisasi di dalam kelompok formal maupun informal dari suatu organisasi.
e. Komunikasi Massa (mass communication). Komunikasi massa dapat didefinisikan sebagai suatu jenis komunikasi yang ditujukan kepada sejumlah audien yang tersebar, heterogen, dan anonim melalui media massa cetak atau elektrolik sehingga pesan yang sama dapat diterima secara serentak dan sesaat.

4). Sebutkan Fungsi Komunikasi secara umum !
Jawab :
a. Menyampaikan informasi (to inform)
b. Mendidik (to educate)
c. Menghibur (to entertain)
d. Mempengaruhi (to influence).

5).Sebutkan tujuan umum komunikasi !
Jawab :
a. Perubahan Sikap (attitude change)
b. Perubahan Pendapat (opinion change)
c. Perubahan perilaku (behavior change)
d. Perubahan Sosial (social change).

pulau seribu mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh penulis.
mariyah mengatakan...

nama:Mariyah
nim:093112351550013
fakultas:fisip
Kelas : G


*Tugas Pengantar Ilmu Komunikasi :
1. mengapa kita harus berkomunikasi?
jawab:
bahwa kita berkomunikasi terutama untuk menyatakan dan mendukung identitas-diri,untuk membangun kontak sosial dengan orang di sekitar kita,dan untuk mempengaruhi orang lain untuk merasa,berfikir,atau berprilaku seperti yang kita inginkan.

2.Sebutkan tiga konseptualisasi komunikasi?
jawab:
a.komunikasi sebagai tindakan satu arah
b.komunikasi sebagai interaksi
c.komunikasi sebagai transaksi

3.Berdasarkan tingkat sebutkan konteks-konteks komunikasi?
jawab:
a.komunikasi antar pribadi
b.komunikasi kelompok
c.komunikasi organisasi
d.organisasi massa

4.Sebutkanlah fungsi-fungsi komunikasi?
jawab:
-komunikasi sosial
-komunikasi ekspresif
-komunikasi ritual
-komunikasi instrumental

5.Sebutkan implisit dalam fungsi komunikasi sosial?
jawab:
-pembentukan konsep diri
-akulturasi diri
-membina relasi
-mencapai kesejahteraan.

mariyah mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh penulis.
rian fauzan pally mengatakan...

nama : rian fauzan pally
nim : 103112350750081
fakultas : fisip

sebutkan kegunaan belajar ilmu komunikasi..
1.komunikasi adalah fundamental dalam hidup kita
2.komunikasi adalah merupakan suatu aktivitas komplek
3.komunikasi adalah vital untuk sutu kedudukan
4.komunikasi adalah populer

2.fungsi komunikasi yang dinyatakan Harold..
1.penjagaan atau pengawasan lingkungan
2.menghubungkan bagian-bagian yang terpisahkan dari masyarakat untuk menanggapi lingkungan tersebut
3.menurunkan warisan sosial kepada generasi berikutnya

3. sebutkan ragam tingkatan komunikasi..
1.komunikasi intrapribadi
2.komunikasi antarpribadi
3.komunikasi kelompok
4.komunikasi organisasi

4.Sebutkan tujuan umum komunikasi ..
Jawab :
1.Perubahan Sikap
2.Perubahan Pendapat
3.Perubahan perilaku
4.Perubahan Sosial

adityapriharto mengatakan...

Widianto
103112351650148
FISIP-Komunikasi

Maaf pak sebelumnya,
Saya mengerjakan tugasnya telat.tapi saya tetap mengerjakannya.
Terima kasih.

1) Ragam tingkatan komunikasi ada 5 macam,salah satunya merupakan intrapersonal communication,jelaskan kan berikan contohnya.!
Jawab : Komunikasi intrapribadi atau intrapersonal communication merupakan komunikasi yang tejadi didalam diri seseorang yang berupa proses informasi melalui panca indra dan system saraf manusia,maksudnya adalah melalui alat indra manusia dan pemikiran dari manusia itu sendiri,contohnya adalah pada saat kita ingin menasihati seseorang maka kita kemudian berfikir dan memberitahunya dengan mulut manusia itu sendiri.
2) Apakah yang dimaksud dengan pembentukan diri melalui komunikasi..??
Jawab : maksudnya adalah pembentukan diri yang didasari oleh komunikasi,karena manusia hidup saling ketergantungan antar sesama,oleh sebab itu komunikasi diperlukan untuk pembentukan diri manusia itu sendiri,jadi komunikasi sangat diperlukan untuk beradaptasi dan membentuk diri seseorang.
3) Fungsi komunikasi ada 4 macam menurut Wiiliam I. Gorden dalam buku Deddy Mulyana, (2005:5-30) mengkategorikannya,sebut kan dan jelaskan.
Jawab :Yaitu sebagai komunikasi social,maksudnya adalah komunikasi mengisyaratkan pentingnya membangun diri untuk memperoleh kebahagian melalui hubungan dengan orang lain.
Kemudian sebagai komunikasi ekspresif maksudnya adalah untuk menyampaikan perasaan atau emosi yang ada dilam diri manusia.
Lalu sebagai komunikasi ritual maksudnya adalah komunikasi dijadika sebagai suatu upacara yang dilakukan oleh beberapa orang dan dijadikan suatu kebiasan.
Dan yang terakir adalah sebagai komunikasi instrumental maksudnya adalah komunikasi dijadikan suatu media informasi yang dapat menciptakan sesuatu hal yang baik dan sesuatu hal buruk.
4) Apakah kegunaan belajar ilmu komunikasi.??jelaskan..
Jawab : 1. komunikasi adalah fundamental dalam kehidupan kita.
maksudnya adalah komunikasi memegang peran sangat penting dlam aktivitas sehari-hari,karena tanpa komunikasi munusia akan menjadi mahkluk yang induvidualisme.
2. komunikasi adalah merupakan suatu aktifitas komplek.
Maksudnya adalah dalam berkomunikasi memerlukan pemikiran panjang sebab jika tidak benar dalam berkomunikasi akan menimbulkan hal yang tidak diinginkan.
3. komunikasi adalah vital untuk suatu kedudukan/posisi yang efektif.
Maksudnya komunikasi sangat diperlukan dalam disegala bidang untuk menuju kesuksesan seseotrang.
4. Suatu pendidikan yang tinggi tidak menjamin kompetensi komunikasi yang baik.
Maksudnya adalah orang yang berpendidikan tidak menjamin dapat berkomunikasi dengan baik jika orang itu tidak sering berkomunikasi dengan sesamanya.
Sebaliknya,orang yang tidak berpendidikan namun sering berdialog,berteman dengan sesamanya maka orang itu akan baik dalam berkomunikasinya dibandingkan orang yang berpendidikan.
5) Komunikasi adalah populer.
Maksudnya adalah komunikasi dijadi suatu alat untuk menginformasikan agar menjadi popular.

adityapriharto mengatakan...

Widianto
103112351650148
FISIP-Komunikasi

Maaf pak sebelumnya,
Saya mengerjakan tugasnya telat.tapi saya tetap mengerjakannya.
Terima kasih.

1) Ragam tingkatan komunikasi ada 5 macam,salah satunya merupakan intrapersonal communication,jelaskan kan berikan contohnya.!
Jawab : Komunikasi intrapribadi atau intrapersonal communication merupakan komunikasi yang tejadi didalam diri seseorang yang berupa proses informasi melalui panca indra dan system saraf manusia,maksudnya adalah melalui alat indra manusia dan pemikiran dari manusia itu sendiri,contohnya adalah pada saat kita ingin menasihati seseorang maka kita kemudian berfikir dan memberitahunya dengan mulut manusia itu sendiri.
2) Apakah yang dimaksud dengan pembentukan diri melalui komunikasi..??
Jawab : maksudnya adalah pembentukan diri yang didasari oleh komunikasi,karena manusia hidup saling ketergantungan antar sesama,oleh sebab itu komunikasi diperlukan untuk pembentukan diri manusia itu sendiri,jadi komunikasi sangat diperlukan untuk beradaptasi dan membentuk diri seseorang.
3) Fungsi komunikasi ada 4 macam menurut Wiiliam I. Gorden dalam buku Deddy Mulyana, (2005:5-30) mengkategorikannya,sebut kan dan jelaskan.
Jawab :Yaitu sebagai komunikasi social,maksudnya adalah komunikasi mengisyaratkan pentingnya membangun diri untuk memperoleh kebahagian melalui hubungan dengan orang lain.
Kemudian sebagai komunikasi ekspresif maksudnya adalah untuk menyampaikan perasaan atau emosi yang ada dilam diri manusia.
Lalu sebagai komunikasi ritual maksudnya adalah komunikasi dijadika sebagai suatu upacara yang dilakukan oleh beberapa orang dan dijadikan suatu kebiasan.
Dan yang terakir adalah sebagai komunikasi instrumental maksudnya adalah komunikasi dijadikan suatu media informasi yang dapat menciptakan sesuatu hal yang baik dan sesuatu hal buruk.
4) Apakah kegunaan belajar ilmu komunikasi.??jelaskan..
Jawab : 1. komunikasi adalah fundamental dalam kehidupan kita.
maksudnya adalah komunikasi memegang peran sangat penting dlam aktivitas sehari-hari,karena tanpa komunikasi munusia akan menjadi mahkluk yang induvidualisme.
2. komunikasi adalah merupakan suatu aktifitas komplek.
Maksudnya adalah dalam berkomunikasi memerlukan pemikiran panjang sebab jika tidak benar dalam berkomunikasi akan menimbulkan hal yang tidak diinginkan.
3. komunikasi adalah vital untuk suatu kedudukan/posisi yang efektif.
Maksudnya komunikasi sangat diperlukan dalam disegala bidang untuk menuju kesuksesan seseotrang.
4. Suatu pendidikan yang tinggi tidak menjamin kompetensi komunikasi yang baik.
Maksudnya adalah orang yang berpendidikan tidak menjamin dapat berkomunikasi dengan baik jika orang itu tidak sering berkomunikasi dengan sesamanya.
Sebaliknya,orang yang tidak berpendidikan namun sering berdialog,berteman dengan sesamanya maka orang itu akan baik dalam berkomunikasinya dibandingkan orang yang berpendidikan.
5) Komunikasi adalah populer.
Maksudnya adalah komunikasi dijadi suatu alat untuk menginformasikan agar menjadi popular.

adityapriharto mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh penulis.
widy mengatakan...

Widianto
103112351650148
FISIP-Komunikasi


Maaf pak sebelumnya,
Saya mengerjakan tugasnya telat.tapi saya tetap mengerjakannya.
Terima kasih.

1) Ragam tingkatan komunikasi ada 5 macam,salah satunya merupakan intrapersonal communication,jelaskan kan berikan contohnya.!
Jawab : Komunikasi intrapribadi atau intrapersonal communication merupakan komunikasi yang tejadi didalam diri seseorang yang berupa proses informasi melalui panca indra dan system saraf manusia,maksudnya adalah melalui alat indra manusia dan pemikiran dari manusia itu sendiri,contohnya adalah pada saat kita ingin menasihati seseorang maka kita kemudian berfikir dan memberitahunya dengan mulut manusia itu sendiri.
2) Apakah yang dimaksud dengan pembentukan diri melalui komunikasi..??
Jawab : maksudnya adalah pembentukan diri yang didasari oleh komunikasi,karena manusia hidup saling ketergantungan antar sesama,oleh sebab itu komunikasi diperlukan untuk pembentukan diri manusia itu sendiri,jadi komunikasi sangat diperlukan untuk beradaptasi dan membentuk diri seseorang.
3) Fungsi komunikasi ada 4 macam menurut Wiiliam I. Gorden dalam buku Deddy Mulyana, (2005:5-30) mengkategorikannya,sebut kan dan jelaskan.
Jawab :Yaitu sebagai komunikasi social,maksudnya adalah komunikasi mengisyaratkan pentingnya membangun diri untuk memperoleh kebahagian melalui hubungan dengan orang lain.
Kemudian sebagai komunikasi ekspresif maksudnya adalah untuk menyampaikan perasaan atau emosi yang ada dilam diri manusia.
Lalu sebagai komunikasi ritual maksudnya adalah komunikasi dijadika sebagai suatu upacara yang dilakukan oleh beberapa orang dan dijadikan suatu kebiasan.
Dan yang terakir adalah sebagai komunikasi instrumental maksudnya adalah komunikasi dijadikan suatu media informasi yang dapat menciptakan sesuatu hal yang baik dan sesuatu hal buruk.
4) Apakah kegunaan belajar ilmu komunikasi.??jelaskan..
Jawab : 1. komunikasi adalah fundamental dalam kehidupan kita.
maksudnya adalah komunikasi memegang peran sangat penting dlam aktivitas sehari-hari,karena tanpa komunikasi munusia akan menjadi mahkluk yang induvidualisme.
2. komunikasi adalah merupakan suatu aktifitas komplek.
Maksudnya adalah dalam berkomunikasi memerlukan pemikiran panjang sebab jika tidak benar dalam berkomunikasi akan menimbulkan hal yang tidak diinginkan.
3. komunikasi adalah vital untuk suatu kedudukan/posisi yang efektif.
Maksudnya komunikasi sangat diperlukan dalam disegala bidang untuk menuju kesuksesan seseotrang.
4. Suatu pendidikan yang tinggi tidak menjamin kompetensi komunikasi yang baik.
Maksudnya adalah orang yang berpendidikan tidak menjamin dapat berkomunikasi dengan baik jika orang itu tidak sering berkomunikasi dengan sesamanya.
Sebaliknya,orang yang tidak berpendidikan namun sering berdialog,berteman dengan sesamanya maka orang itu akan baik dalam berkomunikasinya dibandingkan orang yang berpendidikan.
5) Komunikasi adalah populer.
Maksudnya adalah komunikasi dijadi suatu alat untuk menginformasikan agar menjadi popular.