Rabu, 01 September 2010

KOMUNIKASIMASSA1

PENGERTIAN KOMUNIKASI MASSA

Komunikasi massa berasal dari istilah bahasa Inggris, mass communication, sebagai kependekan dari mass media communication. Artinya, komunikasi yang menggunakan media massa atau komunikasi yang mass mediated. Istilah mass communication atau communications diartikan sebagai salurannya, yaitu media massa (mass media) sebagai kependekan dari media of mass communication. Massa mengandung pengertian orang banyak, mereka tidak harus berada di lokasi tertentu yang sama, mereka dapat tersebar atau terpencar di berbagai lokasi, yang dalam waktu yang sama atau hampir bersamaan dapat memperoleh pesan-pesan komunikasi yang sama . Berlo (dalam Wiryanto, 2005) mengartikan massa sebagai meliputi semua orang yang menjadi sasaran alat-alat komunikasi massa atau orang-orang pada ujung lain dari saluran.

A. Unsur-Unsur Komunikasi Massa
Harold D. Lasswell (dalam Wiryanto, 2005) memformulasikan unsur-unsur komunikasi dalam bentuk pertanyaan sebagai berikut ”Who Says What in Which Channelto Whom With What Effect?”
1. Unsur who (sumber atau komunikator). Sumber utama dalam komunikasi massa adalah lembaga atau organisasi atau orang yang bekerja dengan fasilitas lembaga atau organisasi (institutionalized person). Yang dimaksud dimaksud dengan lembaga dalam hal ini adalah perusahaan surat kabar, stasiun radio, televisi, majalah, dan sebagainya. Sedangkan yang dimaksud institutionalized person adalah redaktur surat kabar (sebagai contoh). Melalui tajuk rencana menyatakan pendapatnya dengan fasilitas lembaga. Oleh karena itu, ia memiliki kelebihan dalam suara atau wibawa dibandingkan berbicara tanpa fasilitas lembaga.
Pers adalah suatu suatu lembaga sosial. Dalam UU RI no 40 tahun 1999 tentang pers, pasal 1 ayat (1) menyatakan: ”Pers adalah lembaga sosial dan wahana komunikasi massa yang melaksanakan kegiatan jurnalistik meliputi mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, megolah, dan menyampaikan informasi baik dalam bentuk tulisan, suara, gambar, suara dan gambar, serta data dan grafik maupun dalam bentuk lainnya dengan menggunakan media cetak, media elektronik, dan segala jenis saluran yang tersedia.” bentuk institusi media massa dipertegas lagi pada pasal 1 ayat (2) yang menyatakan: ” Perusahaan pers adalah badan hukum Indonesia yang menyelenggarakan usaha pers meliputi perusahaan media cetak, media elektronik, dan kantor berita, serta perusahaan media lainnya yang secara khusus menyelenggarakan, menyiarkan atau menyalurkan informasi.”
McQuail (1987) menyebutkan ciri-ciri khusus institusi (lembaga) media massa sebagai berikut:
a. Memproduksi dan mendistribusikan pengetahuan dalam wujud informasi, pandangan, dan budaya. Upaya tersebut merupakan respon terhadap kebutuhan sosial kolektif dan permintaan individu.
b. Menyediakan saluran untuk menghubungkan orang tertentu dengan orang lain: dari pengirim ke penerima, dari anggota audien ke anggota audien lainnya, dari seseorang ke masyarakat dan institusi masyarakat terkait. Semua itu bukan sekedar saluran fisik jaringan komunikasi, melainkan juga merupakan saluran tatacara dan pengetahuan yang menentukan siapakah sebenarnya yang patut atau berkemungkinan untuk mendengar sesuatu dan kepada siapa ia harus mendengarnya.
c. Media menyelenggarakan sebagian besar kegiatannya dalam lingkungan publik, dan merupakan institusi yang terbuka bagi semua orang untuk peran serta sebagai penerima (atau dalam kondisi tertentu sebagai pengirim). Institusi media juga mewakili kondisi publik, seperti yang tampak bilamana media massa menghadapi masalah yang berkaitan dengan pendapat publik (opini publik) dan ikut berperan membentuknya (bukan masalah pribadi, pandangan ahli, atau penilaian ilmiah).
d. Partisipasi anggota audien dalam institusi pada hakikatnya bersifat sukarela, tanpa adanya keharusan atau kewajiban sosial. Bahkan lebih bersifat suka rela daripada beberapa institusi lainnya, misalnya pendidikan, agama atau politik. Partisipasi anggota audien lebih mengacu pada mengisi waktu senggang dan santai, bukannya berkenaan dengan pekerjaan dan tugas. Hal tersebut dikaitkan juga dengan ketidakberdayaan formal institusi media: media tidak dapat mengandalkan otoritasnya sendiri dalam masyarakat, serta tidak mempunyai organisasi yang menghubungkan pemeran-serta ”lapisan atas” (produsen pesan) dan pemeran-serta ”lapisan bawah” (audien).
e. Industri media dikaitkan dengan industri dan pasar karena ketergantungannya pada imbalan kerja, teknologi, dan kebutuhan pembiayaan.
f. Meskipun institusi media itu sendiri tidak memiliki kekuasaan, namun institusi ini selalu berkaitan dengan kekuasaan negara karena adanya kesinambungan pemakaian media, mekanisme hukum, dan pandangan-pandangan menentukan yang berbeda antara negara yang satu dengan lainnya.
Komunikator dalam proses komunikasi massa selain merupakan sumber pesan, mereka juga berperan sebagai gate keeper (lihat McQuail, 1987; Nurudin, 2003). Yaitu berperan untuk menambah, mengurangi, menyederhanakan, mengemas agar semua informasi yang disebarkan lebih mudah dipahami oleh audien-nya . Bitner (dalam Tubbs, 1996) menyatakan bahwa pelaksanaan peran gate keeper dipengaruhi oleh: ekonomi; pembatasan legal; batas waktu; etika pribadi dan profesionalitas; kompetisi diantara media; dan nilai berita.
2. Unsur says what (pesan). Pesan-pesan komunikasi massa dapat diproduksi dalam jumlah yang sangat besar dan dapat menjangkau audien yang sangat banyak. Pesan-pesan itu berupa berita, pendapat, lagu, iklan, dan sebagainya. Charles Wright (1977) memberikan karakteristik pesan-pesan komunikasi massa sebagai berikut:
a. publicly. Pesan-pesan komunikasi massa pada umumnya tidak ditujukan kepada orang perorang secara eksklusif, melainkan bersifat terbuka, untuk umum atau publik.
b. rapid. Pesan-pesan komunikasi massa dirancang untuk mencapai audien yang luas dalam waktu yang singkat serta simultan.
c. transient. Pesan-pesan komunikasi massa untuk memenuhi kebutuhan segera, dikonsumsi sekali pakai dan bukan untuk tujuan yang bersifat permanen. Pada umumnya, pesan-pesan komunikasi massa cenderung dirancang secara timely, supervisial, dan kadang-kadang bersifat sensasional.
3. Unsur in which channel (saluran atau media). Unsur ini menyangkut semua peralatan yang digunakan untuk menyebarluaskan pesan-pesan komunikasi massa. Media yang mempunyai kemampuan tersebut adalah surat kabar, majalah, radio, televisi, internet, dan sebagainya.
4. Unsur to whom (penerima; khalayak; audien). Penerima pesan-pesan komunikasi massa biasa disebut audien atau khalayak. Orang yang membaca surat kabar, mendengarkan radio, menonton televisi, browsing internet merupakan beberapa contoh dari audien.
Menurut Charles Wright (dalam Wiryanto, 2005), mass audien memiliki karakteristik-karakteristik sebagai berikut:
a. Large yaitu penerima-penerima pesan komunikasi massa berjumlah banyak, merupakan individu-individu yang tersebar dalam berbagai lokasi;
b. Heterogen yaitu penerima-penerima pesan komunikasi massa terdiri dari berbagai lapisan masyarakat, beragam dalam hal pekerjaan, umur, jenis kelamin, agama, etnis, dan sebagainya;
c. Anonim yaitu anggota-anggota dari mass audien umumnya tidak saling mengenal secara pribadi dengan komunikatornya.
5. Unsur with what effect (dampak). Dampak dalam hal ini adalah perubahan-perubahan yang terjadi di dalam diri audien sebagai akibat dari keterpaan pesan-pesan media. David Berlo (dalam Wiryanto, 2005) mengklasifikasikan dampak atau perubahan ini ke dalam tiga kategori, yaitu: perubahan dalam ranah pengetahuan; sikap; dan perilaku nyata. Perubahan ini biasanya berlangsung secara berurutan.

B. Ciri-ciri Komunikasi Massa
Sedangkan ciri-ciri komunikasi massa, menurut Elizabeth Noelle Neumann (dalam Jalaluddin Rakhmat, 2004) adalah sebagai berikut:
1. Bersifat tidak langsung, artinya harus melalui media teknis;
2. Bersifat satu arah, artinya tidak ada interaksi antara peserta-peserta komunikasi;
3. Bersifat terbuka, artinya ditujukan pada publik yang tidak terbatas dan anonim;
4. Mempunyai publik yang secara tersebar.

Pesan-pesan media tidak dapat dilakukan secara langsung artinya jika kita berkomunikasi melalui surat kabar, maka komunike kita tadi harus diformat sebagai berita atau artikel, kemudian dicetak, didistribusikan, baru kemudian sampai ke audien. Antara kita dan audien tidak bisa berkomunikasi secara langsung, sebagaimana dalam komunikasi tatap muka. Istilah yang sering digunakan adalah interposed. Konsekuensinya adalah, karakteristik yang kedua, tidak terjadi interaksi antara komunikator dengan audien. Komunikasi berlangsung satu arah, dari komunikator ke audien, dan hubungan antara keduanya impersonal.
Karakteristik pokok ketiga adalah pesan-pesan komunikasi massa bersifat terbuka, artinya pesan-pesan dalam komunikasi massa bisa dan boleh dibaca, didengar, dan ditonton oleh semua orang. Karakteristik keempat adalah adanya intervensi pengaturan secara institusional antara si pengirim dengan si penerima. Dalam berkomunikasi melalui media massa, ada aturan, norma, dan nilai-nilai yang harus dipatuhi. Beberapa aturan perilaku normatif ada dalam kode etik, yang dibuat oleh organisasi-organisasi jurnalis atau media.

Dengan demikian, komunikasi massa dapat didefinisikan sebagai suatu jenis komunikasi yang ditujukan kepada sejumlah audien yang tersebar, heterogen, dan anonim melalui media massa cetak atau elektrolit sehingga pesan yang sama dapat diterima secara serentak dan sesaat.

Daftar Pustaka:
McQuail, 1987, Teori Komunikasi Massa ed. 2, Jakarta: Erlangga
Nurudin, 2003, Komunikasi Massa, Malang: CESPUR.
Warsito, 2005, Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Jalaluddin Rakhmat, 2004, Psikologi Komunikasi, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Shoemaker & Reese, 1996, Mediating the Message: Theories of Influences on Mass Media Content, USA:Longman.

39 komentar:

Noer Hayat Pratiwi mengatakan...

Selamat siang pak Adi.
Terima Kasih ya Pak, materi pelajarannya sangat membantu.
Saya akan rangkum pembahasan ini, agar mudah untuk dipelajari dan di pahami.
Saya Noer Hayat Pratiwi dari FISIP jurusan Ilmu Komunikasi. NIM saya : 103-089

mell0w_in_l0nd0n mengatakan...

Siang Pak Adi

Materi ini sudah saya catat poin-poinnya

Saya Noer Qomariah Kusumawardhani FISIP Jurusan Ilmu Komunikasi. NIM saya :103112351650092

mell0w_in_l0nd0n mengatakan...

Selamat Siang Pak Adi
materi ini sudah saya copy paste tinggal mempelajarinya
terima kasih Pak

Saya Ridha sari maulida pratiwi dari FISIP jurusan Komunikasi. NIM saya: 103112351650085

oka nursyahid mengatakan...

Pak, saya udah buka nih blognya, banyak banget pak bacaanya.
Sudah saya copy, nanti saya pahami.
Saya Oka Nursyahid dari FISIP Jurusan Ilmu Komunikasi. NIM saya 10-093
Terima kasih.

melati nurvidasari mengatakan...

selamat malam pak adi.

materi yang ada di blogspot bapak sudah saya baca dan saya copy paste .
saya akan pelajari lagi lebih dalam materi ini . terima kasih.
saya melati nurvidasari FISIP jurusan ilmu komunikasi. kelas "I" .
NIM : 103112351650081

dody mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh penulis.
Hema mengatakan...

Malam Pak...
saya Hema Junaice Sitorus, Nim : 093112351650088, jurusan : Ilmu Komunikasi, Kelas : F. Saya sudah copy materi dari bapak dan akan saya pelajari.

Terima Kasih..

luccy mengatakan...

pak,saya telah membuka.dan sudah sedikit memahami,isi blog bapak.untuk lebih memahami.dan mempelajari lebih dalam lagi..saya telah mengcopy blogg bapak..terimakasi atas materi-materi komunikasi
NIM saya :103112351650080 .
LUSI.ERAWATI . FISIF (KOMUNIKASI)

panggilakutama mengatakan...

Nama : ikhsan pratama
Npm : 07-069
Jurusan : ilmu komunikasi
Mata kuliah : komunikasi massa



1. Kapan perkembangan komunikasi massa di mulai ?

Perkembangannya dimulai dari:
Abad Penggunaan Isyarat• & Lambang –e.g. gerak tangan atau volume suara;
Abad Berbicara• & Penggunaan Bahasa –huruf mewakili bunyi ujaran;
Abad Penggunaan Media Tulisan;•
Abad Penggunaan Media Cetakan –penemuan mesin cetak di Mainz, Jerman, oleh John Guttenberg tahun 1455 yang dianggap sebagai awal lahirnya komunikasi massa. Dari sinilah kemudian berkembang media massa –koran, majalah, buku, radio, televisi, film, dan internet.

2. apa saja karakteristik Komunikasi Massa, menurut William R. Rivers ?
.
1. Selalu ada proses seleksi –media memilih khalayak.
2. Menjangkau khalayak luas.
3. Membidik sasaran tertentu, segmentasi.
4. Dilakukan oleh institusi sosial (lembaga media/pers); media dan masyarakat saling memberi pengaruh/interaksi.

3. sebutkan definisi komunikasi massa menurut berbagai ahli ?

Joseph R. Dominick:
Komunikasi massa adalah suatu proses dimana suatu organisasi
yang kompleks dengan bantuan satu atau lebih mesin
memproduksi dan mengirimkan pesan kepada khalayak yang
besar, heterogen, dan tersebar.

Jalaluddin Rakhmat merangkum:
Komunikasi massa adalah jenis komunikasi yang ditujukan kepada
sejumlah khalayak yang tersebar, heterogen dan anonim melalui
media cetak atau elektronik sehingga pesan yang sama dapat
diterima secara serentak dan sesaat.

4. hambatan apa saja yang terdapat didalam komunikasi massa ?

1. Hambatan Psikologi
a. kepentingan, prasangka, stereotipe dan motivasi
2. Hambatan Sosiokultural
a. Aneka etnik
b. Perbedaan norma sosial
c. kurang mampu berbahasa Indonesia
d. Faktor semantik
e. Pendidikan belum merata
f. Hambatan mekanis
3. Hambatan Interaksi Verbal
a. Polarisasi
b. Orientasi intensional
c. Evaluasi statis
d. Indiskriminasi

5. apa saja fungsi komunikasi massa bagi masyarakat ?

1. Fungsi Informasi
2. Fungsi Pendidikan
3. Fungsi Mempengaruhi
4. Fungsi Proses Pengembangan Mental
5. Fungsi Adaptasi Lingkungan
6. Fungsi Manipulasi Lingkungan
7. Fungsi Meyakinkan
8. Fungsi Menganugrahkan Status
9. Fungsi Membius
10. Fungsi Menciptakan Tasa Kebersatuan
11. Fungsi Privatisasi

panggilakutama mengatakan...

Nama : ikhsan pratama
Npm : 07-069
Jurusan : ilmu komunikasi
Mata kuliah : komunikasi massa



1. Kapan perkembangan komunikasi massa di mulai ?

Perkembangannya dimulai dari:
Abad Penggunaan Isyarat• & Lambang –e.g. gerak tangan atau volume suara;
Abad Berbicara• & Penggunaan Bahasa –huruf mewakili bunyi ujaran;
Abad Penggunaan Media Tulisan;•
Abad Penggunaan Media Cetakan –penemuan mesin cetak di Mainz, Jerman, oleh John Guttenberg tahun 1455 yang dianggap sebagai awal lahirnya komunikasi massa. Dari sinilah kemudian berkembang media massa –koran, majalah, buku, radio, televisi, film, dan internet.

2. apa saja karakteristik Komunikasi Massa, menurut William R. Rivers ?
.
1. Selalu ada proses seleksi –media memilih khalayak.
2. Menjangkau khalayak luas.
3. Membidik sasaran tertentu, segmentasi.
4. Dilakukan oleh institusi sosial (lembaga media/pers); media dan masyarakat saling memberi pengaruh/interaksi.

3. sebutkan definisi komunikasi massa menurut berbagai ahli ?

Joseph R. Dominick:
Komunikasi massa adalah suatu proses dimana suatu organisasi
yang kompleks dengan bantuan satu atau lebih mesin
memproduksi dan mengirimkan pesan kepada khalayak yang
besar, heterogen, dan tersebar.

Jalaluddin Rakhmat merangkum:
Komunikasi massa adalah jenis komunikasi yang ditujukan kepada
sejumlah khalayak yang tersebar, heterogen dan anonim melalui
media cetak atau elektronik sehingga pesan yang sama dapat
diterima secara serentak dan sesaat.

4. hambatan apa saja yang terdapat didalam komunikasi massa ?

1. Hambatan Psikologi
a. kepentingan, prasangka, stereotipe dan motivasi
2. Hambatan Sosiokultural
a. Aneka etnik
b. Perbedaan norma sosial
c. kurang mampu berbahasa Indonesia
d. Faktor semantik
e. Pendidikan belum merata
f. Hambatan mekanis
3. Hambatan Interaksi Verbal
a. Polarisasi
b. Orientasi intensional
c. Evaluasi statis
d. Indiskriminasi

5. apa saja fungsi komunikasi massa bagi masyarakat ?

1. Fungsi Informasi
2. Fungsi Pendidikan
3. Fungsi Mempengaruhi
4. Fungsi Proses Pengembangan Mental
5. Fungsi Adaptasi Lingkungan
6. Fungsi Manipulasi Lingkungan
7. Fungsi Meyakinkan
8. Fungsi Menganugrahkan Status
9. Fungsi Membius
10. Fungsi Menciptakan Tasa Kebersatuan
11. Fungsi Privatisasi

aryhari mengatakan...

selamat siang pak adi..saya sudah membaca beberapa materi komunikasi yg ad diblogspot bapak.
beberapa yg sudah saya baca,diantaranya:
1.asal komunikasi masa.
2. Unsur-Unsur Komunikasi Massa
3. Ciri-ciri Komunikasi Massa
dan selengkapnya saya telah mengcopy
materi2 bapak,diflasdisk saya.terimakasi sebelumnya,atas materi2 komunikasi yang ad diblog bapak.telah menambah ilmu komunikasi yang saya pelajari..

nama:hari azhari (fisip-ilmu komunikasi)
nim:103-122

rafika mengatakan...

selamat siang pak Adi .
terima kasih atas materi yang sudah bapak berikan di blogspot ini dan sudah saya copy untuk saya pelajari . trims :)

saya Rafika Dwi Pratiwi dari FISIP jurusan ilmu komunikasi . Nim : 103112351650094

zie mengatakan...

Selamat siang pak adi..
Saya sudah membaca blog pak adi.. mudah-mudahan saya dapat mempelajari dan memperdalam materi komunikasi yang telah pak adi berikan..
mudah-mudahan materi yang pak adi berikan berguna kedepannya untuk saya...

saya panji al-hadromi dari FISIP jurusan Komunikasi. NIM saya 103-102

nhie mengatakan...

1. ciri-ciri komunikasi massa salah satunya bersifat terbuka, nah apakah komunikasi secara tertutup bukan dalam komuniksai massa ???
menurut saya komunikasi tertutup merupakan komunikasi massa karena tujuannya sama untuk memberikan suatu informasi kepada khalayak banyak.
2.dalam komunikasi massa ada yang disebut dengan non convensional maksudnya non convensional apa??
3.apakah hanya uu atau pasal yang dicantumkan pada bacaan ini saja yg mengatur pers atau komunikasi massa ini??
4.kenapa komunikasi massa harus satu arah kenapa gak secara dua arah, karena mungkin dalam suatu komunikasi itu ada perdebatan atau tanya jawab sehingga informasi pun dapat diberikan secara cepat tepat
5.apa pedoman atau panutan para jurnalistik dalam memberikan informasi ???

Nama : Neni
NPM : 083112351650168

baghus mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh penulis.
baghus mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh penulis.
Indri Hapsari mengatakan...

Pak materi nya sudah saya baca dan copy,terimakasih ya pak


Saya indri hapsari fisip komunikasi kelas i,nim saya 103112351650104

Atomic Doom mengatakan...

Nama : PUTRI RAHAYU
Npm : 103112351650097
Kelas : i
Jurusan : ilmu komunikasi
Mata kuliah : komunikasi massa

selamat sore pak adi...
saya sudah membaca serta memahami materi KOMUNIKASIMASSA 1 DAN 2 yg ada diblogspot bapak.poin-poin tersebut diantaranya :
1. Pengertian Komunikasi Massa
2. Unsur-Unsur Komunikasi Massa
3. Ciri-ciri Komunikasi Massa
4. Fungsi Komunikasi Massa

saya ingin mengucapkan terima kasih atas materi2 yg bpk berikan lewat blogspot bpk...

saran dari saya :
jelasin secara singkat poin2 tersebut pada pertemuan esok,mungkin saja ada yg ingin d'tnykan mengenai materi tersebut sehingga saya dan teman2 lainnya dapat lebih memahaminya...

putri rahayu mengatakan...

Nama : PUTRI RAHAYU
Npm : 103112351650097
Kelas : i
Jurusan : ilmu komunikasi
Mata kuliah : komunikasi massa

selamat sore pak adi...
saya sudah membaca serta memahami materi KOMUNIKASIMASSA 1 DAN 2 yg ada diblogspot bapak.poin-poin tersebut diantaranya :
1. Pengertian Komunikasi Massa
2. Unsur-Unsur Komunikasi Massa
3. Ciri-ciri Komunikasi Massa
4. Fungsi Komunikasi Massa

saya ingin mengucapkan terima kasih atas materi2 yg bpk berikan lewat blogspot bpk...

saran dari saya :
jelasin secara singkat poin2 tersebut pada pertemuan esok,mungkin saja ada yg ingin d'tnykan mengenai materi tersebut sehingga saya dan teman2 lainnya dapat lebih memahaminya...

poetri mengatakan...

Terimakasih Pa'. Materi sudah saya copy paste, tinggal saya pelajari. Saya Poetri Ratih Chandra
NPM: 08-049
Jurusan : Ilmu Komunikasi
Mata Kuliah : Komunikasi Massa

putri mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh penulis.
putri mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh penulis.
putri mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh penulis.
putri mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh penulis.
putri mengatakan...

Nama : Putri Ratih Chandra
NPM : 08-049
Jurusan : Ilmu Komunikasi
Mata Kuliah : Komunikasi Massa
Kelas : F

1. Sebutkan definisi komunikasi massa dari para ahli?
Jawab :
• deFleur dan McQuail. Komunikasi massa adalah suatu proses melalui mana komunikator-komunikator menggunakan media untuk menyebarluskan pesan-pesan secara luas dan terus-menerus menciptakan makna-makna serta diharapkan dapat mempengaruhi khalayak yang besar dan beragam dengan melalui berbagai macam cara.
• De Vito. Komunikasi massa adalah milik umum, setiap orang dapat mengetahui pesn-pesan komunikasi melalui media massa, karena komunikasi berjalan cepat maka pesan yang akan disampaikan kepada khalayak silih berganti tanpa selisih waktu.

2. Di dalam proses komunikasi massa , komunikator merupakan sumber pesan dan berperan sebagai gate keeper. Apa peran dari gate keeper dan dalam pelaksanaannya gate keeper dipengaruhi apa saja ?
Jawab :
Gate keeper berperan untuk menambah, mengurangi, menyederhanakan, mengemas agar semua informasi yang disebarkan lebih mudah dipahami oleh audien-nya, yang factor-faktornya itu adalah individu, rutinitas, organisasi, ekstra media, dan ideologi . Dan dalam pelaksanaan peran gate keeper dipengaruhi oleh: ekonomi, pembatasan legal, batas waktu, etika pribadi dan profesionalitas, kompetisi diantara media, dan nilai berita.

3. David Berlo, mengklasifikasikan dampak perubahan yang terjadi di dalam diri audiens . sebutkan tiga kategori perubahan tersebut?
Jawab :
Tiga kategori, perubahannya yaitu: perubahan dalam ranah pengetahuan, sikap, dan perilaku nyata. Perubahan ini biasanya berlangsung secara berurutan.

bersambung.....

putri mengatakan...

Nama : Putri Ratih Chandra
NPM : 08-049
Jurusan : Ilmu Komunikasi
Mata Kuliah : Komunikasi Massa
Kelas : F

lanjutan.....

4. Sebutkan ciri-ciri komunikasi massa menurut Elizabeth Noelle N.?
Jawab :
ciri-ciri komunikasi massa, adalah sebagai berikut:
• Bersifat tidak langsung, artinya harus melalui media teknis dalam menyampaikan suatu informasi.
• Bersifat satu arah, artinya tidak ada interaksi antara peserta-peserta komunikasi dan hubungan keduanya impersonal.
• Bersifat terbuka, artinya ditujukan pada publik yang tidak terbatas dan anonym
• Mempunyai publik yang secara tersebar.
5. Apa fungsi komunikasi massa menurut harold D.Lasswel?
Jawab :
• The surveillance of the environment, yaitu mengamati lingkungan. Mengamati dalam konteks ini juga dapat diartikan sebagai kontrol sosial.
• The correlation of the part of society in responding to the environment, yaitu mengadakan korelasi antara informasi dan data yang diperoleh dengan kebutuhan khalayak sasaran, karena komunikator lebih menekankan pada seleksi evaluasi dan interpretasi. Media merangkum realitas yang sangat kompleks, mampu menghubungkan antara individu dengan realita sosial yang lebih luas sehingga dapat memperluas pengalaman secara simbolik (tidak langsung).
• The transmission of the social heritage from one generation to the next, maksudnya ialah media mampu menyalurkan informasi berupa nilai-nilai budaya dari satu generasi ke generasi berikutnya, karena informasi tersebut terdokumentasi dalam media.

yusniathi ratnasari mengatakan...

Yusniathi Ratnasari
08-089


1. dalam menjalankan fungsi komunikasi massa,intuisi media massa menjalankan peran mediasi istilah lain sebagai penengah/penghubung. dalam hal ini Mc Quail (1987).menyebutkan peran media massa sebagai apa saja?
jawab:
a. jendela pengalaman yang meluaskan pandangan kita dan memungkinkan kita memahami apa yang terjadi di sekitar kita
b. tirai atau penutup kebenaran demi tercapai tujuan propaganda atau pelarian

2. ciri-ciri komunikasi massa itu salah satunya bersifat tidak langsung, artinya harus melalui media teknis.maksudnya itu secara bagamana sih.jelaskan..
jawab:
Pesan-pesan media tidak dapat dilakukan secara langsung artinya jika kita berkomunikasi melalui surat kabar, maka komunike kita tadi harus diformat sebagai berita atau artikel, kemudian dicetak, didistribusikan, baru kemudian sampai ke audien. Antara kita dan audien tidak bisa berkomunikasi secara langsung, sebagaimana dalam komunikasi tatap muka. Istilah yang sering digunakan adalah interposed.

yusniathi ratnasari mengatakan...

lanjutan soal

3. Fungsi komunikasi salah satunya adalah sebagai komunikasi social, mengapa fungsi tersebut sangat dibutuhkan dalam kelangsungan hidup sehari-hari?

Jawab:
Fungsi komunikasi sebagai komunikasi sosial setidaknya mengisyaratkan bahwa komunikasi itu penting agar terhindar dari tekanan dan ketegangan, antara lain lewat komunikasi yang bersifat menghibur, dan memupuk hubungan dengan orang lain untuk mencapai tujuan bersama. Karena sangat di dambakannya hubungan yang harmonis dan memperoleh kebahagiaan. Sejak lahir, kita tidak dapat hidup sendiri untuk mempertahankan hidup. Kita perlu dan harus berkomunikasi dengan orang lain, untuk memenuhi kebutuhan biologis kita seperti makan dan minum, dan memenuhi kebutuhan psikologis kita seperti sukses dan kebahagiaan. Para psikolog berpendapat, kebutuhan utama kita sebagai manusia, dan untuk menjadi manusia yang sehat secara rohaniah, adalah kebutuhan akan hubungan sosial yang ramah, yang hanya bisa terpenuhi dengan membina hubungan yang baik dengan orang lain.Abraham Moslow menyebutkan bahwa manusia punya lima kebutuhan dasar: kebutuhan fisiologis, keamanan, kebutuhan sosial, penghargaan diri, dan aktualisasi diri. Kebutuhan yang lebih dasar harus dipenuhi terlebih dahulu sebelum kebuthan yang lebih tinggi diupayakan. Kita mungkin sudah mampu kebuthan fisiologis dan keamanan untuk bertahan hidup. Kini kita ingin memenuhi kebutuhan sosial, penghargaan diri, dan aktualisasi diri. Kebutuhan ketiga dan keempat khususnya meliputi keinginan untuk memperoleh rasa lewat rasa memiliki dan dimiliki, pergaulan, rasa diterima, memberi dan menerima persahabatan. Komunikasi akan sangat dibutuhkan untuk memperoleh dan memberi informasi yang dibutuhkan, untuk membujuk atau mempengaruhi orang lain, mempertimbangkan solusi alternatif atas masalah kemudian mengambil keputusan, dan tujuan-tujuan sosial serta hiburan.

yusniathi ratnasari mengatakan...

4. Jelaskan pengertian komunikasi massa
Jawab:
Komunikasi massa berasal dari istilah bahasa Inggris, mass communication, sebagai kependekan dari mass media communication. Artinya, komunikasi yang menggunakan media massa atau komunikasi yang mass mediated. Istilah mass communication atau communications diartikan sebagai salurannya, yaitu media massa sebagai kependekan dari media of mass communication. Massa mengandung pengertian orang banyak, mereka tidak harus berada di lokasi tertentu yang sama, mereka dapat tersebar atau terpencar di berbagai lokasi, yang dalam waktu yang sama atau hampir bersamaan dapat memperoleh pesan-pesan komunikasi yang sama . Berlo dalam Wiryanto, 2005 mengartikan massa sebagai meliputi semua orang yang menjadi sasaran alat-alat komunikasi massa atau orang-orang pada ujung lain dari saluran

5. Komunikator dalam proses komunikasi massa selain merupakan sumber pesan, mereka juga berperan sebagai gate keeper. Tolong jelaskan peran gate keeper disini menurut pandangan McQuail & pandangan Bitner?

Jawab :
- Mc Quail berpendapat gate keeper yaitu berperan untuk menambah, mengurangi, menyederhanakan, mengemas agar semua informasi yang disebarkan lebih mudah dipahami oleh audien-nya.
- Bitner menyatakan bahwa pelaksanaan peran gate keeper dipengaruhi oleh: ekonomi; pembatasan legal; batas waktu; etika pribadi dan profesionalitas; kompetisi diantara media; dan nilai berita.

yusniathi ratnasari mengatakan...

malem pa
maaf ya pa..
baru kirim tugasnya sekarang, soalnya eror mulu..

untuk materi ini akan saya pelajari lebih dalam agar mengerti.
terimakasih pa!!

nhie mengatakan...

1. dalam mewujudkan kemerdekaan pers wartawan indonesia menyadari adanya tanggung jawab sosial serta keberagaman masyarakat, nah guna menjamin tegaknya kebebasan pers serta terpenuhnya hak-hak masyarakat di perlukan apa saja?
menurut saya, sangat diperlukan suatu landasan moral/etika profesi yang bisa menjadi pedoman operasional dalam menegakkan integritas dan profesionalitas wartawan.
2. meneurut pakar komunikasi (gebtner) komunikasi massa merupakan produksi dan distribusi yang berlandaskan teknologi dan lembaga dari arus pesan kontinyu serta paling luas dimiliki orang dalam masyarakat industr, kenapa harus masyarakat industri? menurut saya benar karena komunikasi massa itu menghasilkan suatu produk berupa pesan-pesan komunikasi, dan produk tersebut disebarkan, didistribusikan kepada khalayak luas secara terus-menerus dalam jarak waktu yang tepat.
3. salah satu ciri komunikasi adalah bersifat satu arah, mengapa demikian? menurut saya, karena dalam berkomunikasi itu menggunakan media massa maka komunikator dan komunikannya tidak dapat melakukan kontak langsung sehingga komunikator aktif menyampaikan pesan, komunikanpun aktif dalam menerima pesan. namun keduanya tidak dapat melakukan dialog sebagaimana halnya terjadi dalam komunikasi antarpesona.
4. mengapa komunikan pada komunikasi massa bersifat heterogen? karena terdiri dari berbagai lapisan masyarakat yang berbeda yang dapat di kelompokkan berdasarkan faktor usia, jenis kelamin, pendidikan dll.
5.adakah kaitannya komunikasi massa dengan komunikasi antarpesona? menurut saya, komunikasi massa itu kan untuk khalayak banyak bukan untuk suatu kelompok tertentu, kalau untuk kelompok tertentu itu adalah komunikasi antarpesona maka dari itu komunikasi massa dengan komunikasi antarpesona tidak ada kaitannya .

NAMA : NENI
NPM : 083112351650168
fisip (komunikasi)

ari yuniar mukti mengatakan...

NAMA : ARI YUNIAR
NPM : 093112351650079
FISIP/ILMU KOMUNIKASI

1. jelaskan unsur-unsur komunikasi massa menurut Harold D. Lasswell

jawab :
1. Unsur who (sumber atau komunikator). Sumber utama dalam komunikasi massa adalah lembaga atau organisasi atau orang yang bekerja dengan fasilitas lembaga atau organisasi (institutionalized person). Yang dimaksud dimaksud dengan lembaga dalam hal ini adalah perusahaan surat kabar, stasiun radio, televisi, majalah, dan sebagainya. Sedangkan yang dimaksud institutionalized person adalah redaktur surat kabar (sebagai contoh).
2. Unsur says what (pesan). Pesan-pesan komunikasi massa dapat diproduksi dalam jumlah yang sangat besar dan dapat menjangkau audien yang sangat banyak. Pesan-pesan itu berupa berita, pendapat, lagu, iklan, dan sebagainya.
3. Unsur in which channel (saluran atau media). Unsur ini menyangkut semua peralatan yang digunakan untuk menyebarluaskan pesan-pesan komunikasi massa. Media yang mempunyai kemampuan tersebut adalah surat kabar, majalah, radio, televisi, internet, dan sebagainya.
4. Unsur to whom (penerima; khalayak; audien). Penerima pesan-pesan komunikasi massa biasa disebut audien atau khalayak. Orang yang membaca surat kabar, mendengarkan radio, menonton televisi, browsing internet merupakan beberapa contoh dari audien.


2. Charles Wright (1977) memberikan karakteristik pesan-pesan komunikasi massa sebagai pesan. sebut dan jelaskan karakteristik tersebut.

jawab:
a. publicly. Pesan-pesan komunikasi massa pada umumnya tidak ditujukan kepada orang perorang secara eksklusif, melainkan bersifat terbuka, untuk umum atau publik.
b. rapid. Pesan-pesan komunikasi massa dirancang untuk mencapai audien yang luas dalam waktu yang singkat serta simultan.
c. transient. Pesan-pesan komunikasi massa untuk memenuhi kebutuhan segera, dikonsumsi sekali pakai dan bukan untuk tujuan yang bersifat permanen. Pada umumnya, pesan-pesan komunikasi massa cenderung dirancang secara timely, supervisial, dan kadang-kadang bersifat sensasional.

3. sebutkan ciri-ciri komunikasi massa, menurut Elizabeth Noelle Neumann.

jawab :
1. Bersifat tidak langsung, artinya harus melalui media teknis;
2. Bersifat satu arah, artinya tidak ada interaksi antara peserta-peserta komunikasi;
3. Bersifat terbuka, artinya ditujukan pada publik yang tidak terbatas dan anonim;
4. Mempunyai publik yang secara tersebar.

4. kenapa Pesan-pesan media tidak dapat dilakukan secara langsung? jelaskan.

jawab :
karena jika kita berkomunikasi melalui surat kabar, maka komunikasi kita tadi harus diformat sebagai berita atau artikel, kemudian dicetak, didistribusikan, baru kemudian sampai ke audien. Antara kita dan audien tidak bisa berkomunikasi secara langsung, sebagaimana dalam komunikasi tatap muka.

5. jelaskan mengapa komunikasi massa mempunyai publik yang secara tersebar.

jawab :
pesan-pesan komunikasi massa bersifat terbuka, artinya pesan-pesan dalam komunikasi massa bisa dan boleh dibaca, didengar, dan ditonton oleh semua orang. Karakteristik kemudian intervensi pengaturan secara institusional antara si pengirim dengan si penerima. Dalam berkomunikasi melalui media massa, ada aturan, norma, dan nilai-nilai yang harus dipatuhi. Beberapa aturan perilaku normatif ada dalam kode etik, yang dibuat oleh organisasi-organisasi jurnalis atau media.

ari yuniar mukti mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh penulis.
ari yuniar mukti mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh penulis.
ari yuniar mukti mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh penulis.
ari yuniar mukti mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh penulis.
Marsha Desfiona mengatakan...

Nama : Marsha Desfiona
NPM : 083112351650085
Jurusan : FISIP-Komunikasi

1. Mengapa ciri-ciri komunikasi massa bersifat tidak langsung? Padahal secara umum, komunikasi massa terbuka dan seharusnya itu secara langsung?
Menurut saya, komunikasi massa bersifat tidak langsung dikarenakan harus melalui media teknis, dan cirri komunikasi terbuka hanya ditujukkan pada publik. Tidak ada kaitannya dengan media teknis.
2. Apakah ada dampak-dampak negative dari komunikasi massa?
Menurut saya, setiap perilaku yang ditunjukkan dalam masyarakat ada dampak positif dan negatifnya, tergantung masyarakatnya sendiri yang menilainya layak atau tidaknya diterima dalam masyarakat.
3. Apakah jika ada masalah yang menyimpang dari undang-undang pers akan dikenakan hukum atau masyarakat yang menuntut dan mengadili jika ada pihak-pihak yang dirugikan didalamnya?
Menurut saya, setiap badan hukum ada undang-undangnya tersendiri, dan orang-orang yang merasa dirugikan juga berhak menuntut dan mengadili,apabila hukum tidak bisa ditegakkan. Sehingga jika ada masalah yang dapat merugikan orang lain dan pihak-pihak yang tertentu bisa diselesaikan.
4. Mengapa komunikasi massa bersifat terbuka? Apakah tidak merugikan pihak-pihak tertentu yang menimbulkan pro dan kontra, jika ada pihak yang merasa dirugikan dan tidak diinginkan?
Menurut saya, pesan-pesan dari media tidak dapat dilakukan dengan langsung. Artinya, jika kita berkomunikasi melalui surat kabar, kita harus memformat sebagai artikel, sehingga pesan-pesan yang diterima sesuai dengan yang diinginkan oleh masyarakat dan pihak-pihak tertentu sehingga dapat memberikan kesan yang positif.
5. Apakah pesan-pesan dari komunikasi bersifat sementara atau sesaat?
Menurut saya, itu semua sesuai pesan yang disampaikan, apakah pesan tersebut penting. Sehingga dapat dijadikan moment-moment yang penting. Berbeda dengan pesan-pesan yang tidak begitu penting seperti issu, gossip dll. Yang tidak dapat dibuktikkan, sehingga pesan tersebut gampang dilupakan dan hanya bertahan sementara.

Hema Junaice mengatakan...

Siang Pak Adi...
pak, tgl 25 september 2010 saya sudah posting pertanyaan mengenai komunikasi massa, tetapi kenapa tidak muncul diblog bapak ya?
Terimakasih...

Hema Junaice mengatakan...

Pak Adi, ini saya posting lagi tugas saya karena saya tidak melihat ada tampilan tugas saya diblog bapak yang saya posting tgl 25 september 2010.

Nama :Hema Junaice Sitorus
NIM :093112351650088
Jurusan :Fisip/Ilmu Komunikasi

Pertanyaan & Jawaban:
1. Jelaskan pengertian komunikassi massa dan
pengertian massa menurut Berlo!
Jb:
Komunikasi massa adalah komunikasi yang menggunakan
media massa sebagai salurannya untuk menyampaikan
informasi kemasyarakat.

Menurut De Vito, Komunikasi massa adalah milik umum,
setiap orang dapat mengetahui pesan-pesan komunikasi
melalui media massa, karena komunikasi berjalan cepat
maka pesan yang akan disampaikan kepada khalayak silih
berganti tanpa selisih waktu.

Pengertian massa menurut Berlo dalam Wiryanto,2005 adalah
meliputi semua orang yang menjadi sasaran alat-alat komunikasi
massa atau orang-orang pada ujung lain dari saluran.

2. Apa saja lembaga yang menjadi sumber utama dalam komunikasi
massa?
Jb:
Lembaga yang dimaksud meliputi perusahaan surat kabar, stasiun radio,
televisi dan majalah.

3. Sebutkan unsur-unsur komunikasi menurut Harold D. Lasswell !
Jb:
Unsur-unsur komunikasi menurut Harold D. Lasswell adalah:
a. unsur Who (sumber atau komunikator)
b. unsur Says what (pesan)
c. unsur In which channel (saluran atau media)
d. unsur To whom (penerima:khayalak;audien)
e. unsur With what effect (dampak)

4. Sebutkan ciri-ciri komunikasi massa!
Jb:
Ciri-ciri komunikasi massa menurut Elizabeth Noelle Neumann
(dalam Jalaluddin Rakhmat,2004) adalah :
a. Bersifat tidak langsung, artinya harus melalui media teknis,
b. Bersifat satu arah, artinya tidak ada interaksi antara peserta
-peserta komunikasi,
c. Bersifat terbuka, artinya ditujukan pada publik yang tidak
terbatas dan anonim,
d. Mempunyai publik yang secara tersebar.

5. Apa yang dimaksud dengan istilah Gate Keeper dalam proses
komunikasi massa dan apa saja yang dapat mempengaruhi Gate Keeper?
Jb:
Gate Keeper dalam proses komunikasi massa adalah suatu peran dari
komunikator, dimana komunikator berperan untuk menambah, mengurangi,
menyederhanakan, mengemas agar semua informasi yang disebarkan
lebih mudah dipahami oleh audiennya.
Hal-hal yang dapat mempengaruhi Gate keeper antara lain: ekonomi,
pembatasan legal, batas waktu, etika pribadi dan profesionalitas,
kompetisi diantara media dan nilai berita.