Senin, 20 September 2010

sapPIK

Satuan Acara Perkuliahan

Pengantar Ilmu Komunikasi

No

Pokok Bahasan

Materi

Sumber

1.

Pengantar kuliah

Menginformasikan satuan acara perkuliahan dalam satu semester. Memberikan penjelasan tentang komponen-komponen penilaian. Mengembangkan motivasi belajar mahasiswa/wi.

Sistem Pendidik-an UNAS

2.

Pengertian Komunikasi

Membahas pengertian komunikasi, unsur-unsur, dan ragamnya.

Deddy (2005); Wiryanto (2004); Onong (1994); Littlejohn (1999)

3.

Fungsi komunikasi

Membahas fungsi komunikasi untuk individu dan masyarakat.

Deddy (2005); Wiryanto (2004); Onong (1994); Littlejohn (1999); Nurudin (2004).

4.

Komunikasi sebagai ilmu pengetahuan

Membahas bagaimana komunikasi menjadi ilmu pengetahuan yang multi disiplin.

Arifin (2002); Griffin (2003); Effendy (1994); Fisher (1986)

5.

Ruang Lingkup komunikasi

Membahas ruang lingkup komunikasi: Humas, Periklanan, dan jurnalistik.

Onong (1994); Kottler (1997); Johnson (1999); Sharpe (1988).

6.

Model-model komunikasi

Membahas model-model komunikasi, dan fungsi model komunikasi.

Wiryanto (2004); Deddy (2005).

7.

Diskusi/tugas

Mahasiswa/wi diberi tugas berkenaan dengan materi yang telah dibahas pada tengah semester pertama. Tugas berupa laporan bacaan atau makalah, dan didiskusikan pada pertemuan ke 7.


8.

UJIAN TENGAH SEMESTER

9.

Pesan verbal

Membahas pesan verbal, bahasa. Fungsi bahasa, dan keterbatasan bahasa sebagai pesan verbal.

Deddy (2005); Jalaludin (1984)

10.

Pesan non-verbal

Membahas pesan nonverbal, ragamnya, dan fungsi pesan nonverbal dalam proses penyampaian pesan.

Deddy (2005); Jalaluddin (1984)

11.

Komunikasi antar pribadi

Membahas pengertian komunikasi antarpribadi, faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas komunikasi antarpribadi.

Wiryanto 2004); Jalaluddin (1984)

12.

Komunikasi kelompok

Membahas pengertian komunikasi kelompok, karakteristik komunikasi kelompok, dan pengaruh kelompok terhadap perilaku komunikasi anggotanya.

Wiryanto (2004); Jalaluddin (1984)

13.

Komunikasi organisasional

Membahas pengertian komunikasi organisasi, dimensi-dimensinya, dan peran pemimpin dalam komunikasi organisasi.

Wiryanto (2004); Onong (1994)

14.

Komunikasi Massa

Membahas pengertiaan komunikasi massa, unsur-unsur, dan karakterik komunikasi massa.

Wiryanto (2004); Onong (1994); Nurudin (2004).

15.

Tugas/diskusi

Mahasiswa/wi diberi tugas berkenaan dengan materi yang telah dibahas pada tengah semester kedua. Tugas berupa laporan bacaan atau makalah, dan didiskusikan pada pertemuan ke 14.


16.

UJIAN AKHIR SEMESTER

Daftar Pustaka:

Mulyana, Deddy, 2005, Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar, Bandung, Remaja Rosdakarya.

Effendy, Onong, 1994, Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek, Bandung, Remaja Rosdakarya.

Wiryanto, 2004, Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta, Grasindo.

Arifin, Anwar, 1984, Strategi Komunikasi; Sebuah Pengantar Ringkas, Bandung, Armico.

Rakhmat, Jalaludin, 1994, Psikologi Komunikasi, Bandung, Remaja Rosdakarya.

Nurudin, 2004, Sistem Komunikasi Indonesia, Malang, Cespur

Littlejohn, Stephen W.,1999, Theories of Human Communication ed.6rd, California, Wadsworth.

Kusumaningrat, Hikmat dan Kusumaningrat, Purnama, 2006, Jurnalistik: Teori dan Praktek, Jakarta: Gramedia

Lee, Monle & Johnson, Carla, 1999, Principles of Advertising: A Global Perspective, The Haworth Press.

Kotler, Phlip, 1997, Marketing Management ed. 9th, perj. Hendra teguh dan Rony Rusli, Jakarta: PT Prenhallindo.

Black, Sam & Sharpe, Melvin L., 1988, Ilmu Hubungan Masyarakat Praktis penerj. Ardaneshwari, Jakarta: PT Intermasa.

Arifin, Anwar, 2002, Ilmu Komunikasi: Sebuah Pengantar Ringkas, Jakarta: Raja Gafindo Persada.

Griffin, Em,2003, A First Look at Communication Theory, McGraw Hill

Effendy, Onong, 1994, Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Fisher, Aubrey, 1986, Teori-teori Komunikasi (penyunting: Jalaludin Rakmat), Bandung: Remaja Karya.


4 komentar:

azure mengatakan...

asalamelekum pa adi

pa adi saya bayu novel santoso mahasiswa bapa di kuliah pengantar ilmu komunikasi
NPM.07-023
kelas G
hari rabu

tugas bapa yang di tulis tangan sudah saya kerjakan

cuma klo masalah blog ini saya tidak mengerti harus gimana

saya g ngrti sama sekali, jangankan punya blog ato FB
kirim email az saya g tau caranya pa...

jadi klo bisa tugasnya ganti az pak jadi yang lebih mudah
hehe...

maaf pak klo saya salah bicara..

makasi ya pa adi

angga mengatakan...

1.sebutkan Asumsi-asumsi teori masyarakat massa?

* Media dipandang sebagai sesuatu yang membahayakan, mempunyai kekuatan yang besar dalam masyarakat dan oleh karena itu harus dibersihkan atau dilakukan restrukturasi total.
* Media mempunyai kekuatan menjangkau dan mempengaruhi secara langsung terhadap pemikiran rata-rata orang.
* Ketika pemikiran orang sudah dirusak oleh media, semua bersifat jelek, konsekuensi panjangnya adalah kehancuran kehidupan individu dan juga problem-problem sosial pada skala luas.
* Rata-rata orang mudah mengecam media karena mereka sudah diputus atau diisolir dari institusi sosial tradisional yang sebelumnya memproteksi mereka dari tindakan manipulasi.
* Situasi sosial yang chaos yang diucapkan oleh media akan menjadi sesuatu yang tidak terelakkan, karena terjadi perubahan terhadap kuatnya kontrak sosial pada sistem totaliter.
* Media massa menurunkan nilai bentuk-bentuk budaya tertinggi dan membawa pada kemunduran peradaban secara umum.

angga mengatakan...

angga desta wijaya
06-102



Media massa biasanya menjadi corong penguasa, pemberi pendapat dan instruksi, serta kepuasan jiwani. Media bukan saja membentuk hubungan ketergantungan warga masyarakat terhadap media dalam penciptaan pendapat, tetapi juga dalam hal penciptaan identitas dan kesadaran.

Baran dan Davis (2000), menyatakan bahwa kekuatan teori ini adalah ?

· Spekulasi tentang efek-efek penting.

· Menyoroti konflik dan perubahan struktural penting di (dalam) kultur modern.

· Menarik perhatian ke isu etika dan kepemilikan media.

angga mengatakan...

angga desta wijaya
06-102


3.teori apa yang digunakan oleh Littlejhon (1999), mengatakan bahwa menurut teori ini isi media merupakan komoditi untuk dijual di pasar, dan iformasi yang disebarkan dikendalikan oleh apa yang ada di pasar??