Rabu, 01 September 2010

SAPKOMUNIKASIMASSA


Pokok Bahasan

Materi

Sumber/Referensi

Pengantar kuliah

Membahas tujuan mata kuliah komunikasi massa, dan kontrak perkuliahan.

Sistem Pendidikan UNAS

Pengertian komunikasi massa

Membahas unsur-unsur komunikasi massa, dan karakteristik komunikasi massa.

McQuail (1987); Nurudin (2003); Warsito (2005); Rakhmat (1994).

Fungsi komunikasi massa

Membahas fungsi komunikasi massa terhadap individu, dan masyarakat.

McQuail (1987); Nurudin (2003); Warsito (2005); Senjadja (2002).

Aspek historis komunikasi massa

Membahas perjalanan sejarah komunikasi massa, dari era sebelum mesin cetak sampai era sekarang.

McQuail (1987); Nurudin (2003); Suparnadi (1987).

Teori makro komunikasi massa

Membahas Teori Masyarakat Massa, Teori Aliran Karl Marx, dan Teori Fungsionalis.

McQuail (1987); Littlejohn (1999); Baran & Davis (2000).

Teori normatif komunikasi massa

Membahas Teori Pers Otoriter, Liberal, Sosialis, Bebas Bertanggungjawab, Pembangungan, dan Demokrasi Partisipan.

McQuail (1987); Rakhmadi (1990)

Diskusi/tugas

Mahasiswa/wi diberi tugas berkenaan dengan materi yang telah dibahas pada tengah semester pertama. Tugas berupa laporan bacaan atau makalah, dan didiskusikan pada pertemuan ke 7.


UJIAN TENGAH SEMESTER

Isi media massa

Membahas berita dan opini, beserta ragam dan contoh-contohnya.

Reese &Shoemaker (1996); Eriyanto (2002); McQuail (1987).

Faktor-faktor pengaruh isi media massa

Membahas lima faktor yang mempengaruhi isi media massa. Pengaruh individual, rutinitas media, organisasi, ekstra media, dan ideologi.

Reese &Shoemaker (1996); McQuail (1987).

Audiens

Membahas ragam audiens, beserta tipologi aktivitas audiens.

McQuail (1987); Nurudin (2003); Baran & Davis (2000).

Dampak isi media massa

Membahas dampak isi media terhadap individu dan masyarakat, beserta tipologi dampak isi media.

McQuail (1987); Saverin & Tankard (2001)

Teori mikro komunikasi massa

Membahas Teori Agenda Setting, Kultivasi, Uses and Gratification, Pembelajaran Sosial, Spiral Keheningan.

McQuail (1987); Nurudin (2003); Baran & Davis (2000); Littlejohn (1999); Griffin (2003); Haryanto (2003); Rakhmat (1987).

Diskusi/tugas

Mahasiswa/wi diberi tugas berkenaan dengan materi yang telah dibahas pada tengah semester kedua. Tugas berupa laporan bacaan atau makalah, dan didiskusikan pada pertemuan ke 14.


UJIAN AKHIR SEMESTER

Daftar Pustaka:

Prakosa, Adi, 2006, Komunikasi Massa, Jakarta: Unas Press

Eriyanto, 2002, Analisis Framing: Kontruksi, Ideologi, dan Politik Media, Yogyakarta: LKiS.

Griffin, Em, 2003, A First Look at Communication Theory, ed. 5th, New York: McGraw-Hill Companies.

Haryanto, 2003, Metode Penelitian Komunikasi: Agenda Setting, Surakarta: FISIP Program studi Komunikasi Massa UNS.

McQuail, Dennis, 1987, Teori Komunikasi Massa ed. 2, Jakarta: Erlangga

Nurudin, 2003, Komunikasi Massa, Malang: CESPUR.

Rachmadi, 1990, Perbandingan Sistem Pers: Analisis Deskriptif Sistem Pers, Jakarta: Gramedia.

Shoemaker & Reese, 1996, Mediating the Message: Theories of Influences on Mass Media Content, USA:Longman.

Stanley J. Baran & Dennis K. Davis, 2003, Mass Communication Theory: Foundation, Ferment, and Future, USA: Wadsworth.

Sudibyo, Agus, 2004, Ekonomi Politik Media Penyiaran, Yogyakarta: LkiS.

Suparnadi, 1987, Sejarah Komunikasi dan Media Cetak, Surakarta: FISIP Program studi Komunikasi Massa UNS.

Severin, Werner J. & Tankard, James W., 2001, Communication Theories: Origins, Methods, & Uses in the Mass Media, ed. 5th, penerj. Sugeng Hariyanto, Addison Wesley Longman Inc.

Warsito, 2005, Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

11 komentar:

Noer Hayat Pratiwi mengatakan...

Selamat siang pak Adi.
Terima Kasih ya Pak, materi pelajarannya sangat membantu.
Saya akan rangkum pembahasan ini, agar mudah untuk dipelajari dan di pahami.
Saya Noer Hayat Pratiwi dari FISIP jurusan Ilmu Komunikasi. NIM saya : 103-089

Unknown mengatakan...

nama : aditya perkasa surya putra
nim : 103112351650099

1. ada 4 kategori fungsi-fungsi komunikasi sebutkan ?
- Sebagai komunikasi sosial
- Sebagai komunikasi ekspresif
- Sebagai komunikasi ritual
- Sebagai komunikasi instrumental

2. Komunikasi berfungsi untuk menyampaikan perasaan-perasaan (emosi) kita adalah fungsi komunikasi sebagai ?
- Sebagai komunikasi ekspresif

3. apa yang di maksud dengan komunikasi antar pribadi ?
- komunikasi antar pribadi yaitu kegiatan komunikasi yang dilakukan seseorang dengan orang lain dengan corak komunikasinya lebih bersifat pribadi dan sampai pada tataran prediksi hasil komunikasinya pada tingkatan psikologis yang memandang pribadi sebagai unik.

4. apa yang di maksud dengan komunikasi adalah fundamental ?
- Cara kita berhubungan satu dengan lainnya, bagimana suatu hubungan kita bentuk, bagaimana cara kita memberikan kontribusi sebagai anggota keluarga, kelompok, komunitas, organisasi dan masyarakat secara luas membutuhkan suatu komunikasi.

Afriani Susanti mengatakan...

1. Apa yang dimaksud dengan komunikasi ?
Fungsi komunikasi sebagai komunikasi sosial setidaknya mengisyaratkan bahwa komunikasi itu penting untuk membangun konsep diri kita, aktualisasi diri, untuk kelangsungan hidup, untuk memperoleh kebahagiaan, terhindar dari tekanan dan ketegangan, antara lain lewat komunikasi yang bersifat menghibur, dan memupuk hubungan hubungan orang lain

2. Apa istilah yag diberikan George Herbert dalam Jalaludin Rahmat 1994?
George Herbert Mead (dalam Jalaluddin Rakhmat, 1994) mengistilahkan significant others (orang lain yang sangat penting) untuk orang-orang disekitar kita yang mempunyai peranan penting dalam membentuk konsep diri kita. Ketika kita masih kecil, mereka adalah orang tua kita, saudara-saudara kita, dan orang yang tinggal satu rumah dengan kita.

3. Apa yang dimaksud dengan komunikasi Intrapribadi ?
komunikasi intrapribadi (intrapersonal communication) yaitu komunikasi yang terjadi dalam diri seseorang yang berupa proses pengolahan informasi melalui panca indera dan sistem syaraf manusia.

4. sebutkan pasal yang menjelaskan tentang komunikasi massa !
Pasal 4 UU32/2003
(1) Penyiaran sebagai kegiatan komunikasi massa mempunyai fungsi sebagai media informasi, pendidikan, hiburan yang sehat, kontrol dan perekat sosial.
(2) Dalam menjalankan fungsi sebagaimana dimaksud dalam ayat (1), penyiaran juga mempunyai fungsi ekonomi dan kebudayaan.


Afriani Susanti
103112351650082
FISIP - Ilmu Komunikasi

nuraini mengatakan...

1. jelaskan apa yang dimaksud dengan komunikasi kelompok ?
komunikasi kelompok (group communication) yaitu komunikasi yang berlangsung di antara anggota suatu kelompok. Menurut Michael Burgoon dan Michael Ruffner dalam Sendjaja,(1994) memberi batasan komunikasi kelompok sebagai interaksi tatap muka dari tiga atau lebih individu guna memperoleh maksud atau tujuan yang dikehendaki seperti berbagi informasi, pemeliharaan diri atau pemecahan masalah sehingga semua anggota dapat menumbuhkan karakteristik pribadi anggota lainnya dengan akurat.

2. Dibagi menjadi berapakah fungsi komunikasi ?
a. Sebagai komunikasi social
b. Sebagai komunikasi ekspresif
c. Sebagai komunikasi ritual
d. Sebagai komunikasi instrumental

3. jelaskan pasal 3 UU 40/1999 yang menjelaska tentang komunikasi massa ?
(1) Pers Nasional mempunyai fungsi sebagai media informasi, pendidikan, hiburan, dan kontrol sosial.
(2) Di samping fungsi-fungsi tersebut ayat (1), pers nasional dapat berfungsi sebagai lembaga ekonomi.

4. apa yang dimaksud dengan fungsi komunikasi ?
Fungsi komunikasi sebagai komunikasi sosial setidaknya mengisyaratkan bahwa komunikasi itu penting untuk membangun konsep diri kita, aktualisasi diri, untuk kelangsungan hidup, untuk memperoleh kebahagiaan, terhindar dari tekanan dan ketegangan, antara lain lewat komunikasi yang bersifat menghibur, dan memupuk hubungan hubungan orang lain.

Nuraini
103112351650084
FISIP - Ilmu Komunikasi

Aisyah susilawati mengatakan...

Nama : Aisyah Susilawati
Nim : 103112351650078
FISIP -Ilmu Komunikasi


1.Sebutkan 4 fungsi- fungsi komunokasi menurut Willian.I.Gorden ?
* sebagai komunikasi social
* sebagai komunikasi ekspresif
* sebagai komunikasi instrumental
* sebagai komunikasi ritual

2. apa yang dimaksud dengan komunikasi antarpribadi ?
komunikasi antarpribadi (interpersonal communication) yaitu kegiatan komunikasi yang dilakukan seseorang dengan orang lain dengan corak komunikasinya lebih bersifat pribadi dan sampai pada tataran prediksi hasil komunikasinya pada tingkatan psikologis yang memandang pribadi sebagai unik. Dalam komunikasi ini jumlah perilaku yang terlibat pada dasarnya bisa lebih dari dua orang selama pesan atau informasi yang disampaikan bersifat pribadi.

3. sebutkan kegunaan belajar Ilmu Komunikasi menurut Ruben & Stewart (2005:1-8) ?
Ruben&Stewat( 2005:3) menyebut konsep mindfulness akan terjadi ketika kita memberikan perhatian pada situasi dan konteks, kita terbuka dengan informasi baru dan kita menyadari bahwa ada banyak perspektif tidak hanya satu perspektif di kehidupan manusia.

4. sebutkan fungsi komunikasi menurut McQuail(1987)?
McQuail menyatakan bahwa fungsi komunikasi massa untuk masyarakat meliputi:
1. Informasi
• Menyediakan informasi tentang peristiwa dan kondisi dalam masyarakat dan dunia.
• Menunjukkan hubungan kekuasaan.
• Memudahkan inovasi, adaptasi, dan kemajuan
2. Korelasi
• Menjelaskan, menafsirkan, mengomentari makna peristiwa dan informasi.
• Menunjang otoritas dan norma-norma yang mapan.
• Melakukan sosialisasi.
• Mengkoordinasi beberapa kegiatan. Membentuk kesepakatan.
• Menentukan urutan prioritas dan memberikan status relatif.
3. Kesinambungan
• Mengepresikan budaya dominan dan mengakui keberadaan kebudayaan khusus (subculture) serta perkembangan budaya baru.
• Meningkatkan dan melestarikan nilai-nilai.
4. Hiburan
• Menyediakan hiburan, pengalihan perhatian, dan sarana relaksasi.
• Meredakan ketegangan sosial.
5. Mobilisasi
• Mengkampanyekan tujuan masyarakat dalam bidang politik, perang, pembangunan ekonomi, pekerjaan, dan kadang kala juga dalam bidang agama.

Unknown mengatakan...

Nama : Reyza kurniawan
NIM : 103112351650114

1.apa fungsi komunikasi sebagai pembentuk konsep diri ?
- Konsep diri adalah pandangan kita mengenai diri kita, dan itu hanya bisa kita peroleh lewat informasi yang diberikan orang lain kepada kita.Richard Dewey dan W.J. Humber (1966) menamai affective others, untuk orang lain yang dengan mereka kita mempunyai ikatan emosional. Dari merekalah, secara perlahan-lahan kita membentuk konsep diri kita.

2.jelaskan fungsi komunikasi sebagai media sosialisasi !
-Melalui komunikasi dengan orang lain kita belajar bukan saja mengenai siapa kita, namun juga bagaimana kita merasakan siapa kita

3.sebutkan kenapa komunikasi ada kaitannya dengan sifat manusia sebagai mahluk sosial !
-Sejak lahir, kita tidak dapat hidup sendiri untuk mempertahankan hidup. Kita perlu dan harus berkomunikasi dengan orang lain, untuk memenuhi kebutuhan biologis kita seperti makan dan minum, dan memnuhi kebutuhan psikologis kita seperti sukses dan kebahagiaan.

4.apa saja tujuan komunikasi instrumental ?
-Komunikasi instrumental mempunyai beberapa tujuan umum, yaitu: menginformasikan, mengajar, mendorong, mengubah sikap, menggerakkan tindakan, dan juga menghibur.
Sebagai instrumen, komunikasi tidak saja kita gunakan untuk menciptakan dan membangun hubungan, namun juga untuk menghancurkan hubungan tersebut. Studi komunika membuat kita peka terhadap berbagai strategi yang dapat kita gunakan dalam komunikasi kita untuk bekerja lebih baik dengan orang lain demi keuntungan bersama

lindaaa mengatakan...

1. Apa yang dimaksud dengan konsep diri ?
Konsep diri adalah pandangan kita mengenai diri kita, dan itu hanya bisa kita peroleh lewat informasi yang diberikan orang lain kepada kita.

2. Apa fungsi komunikasi sebagai ekspresif ?
Komunikasi ekspresif berfungsi untuk menyampaikan perasaan-perasaan (emosi) kita.

3. Sebutkan tujuan komunikasi massa ?
Fungsinya adalah mencapai konsensus agar konflik dapat segera berakhir karena yang akan menjadi nkorban adalah masyarakat. Sementara itu, media massa juga seharusnya menjalankan fungsi sosialisasi.

4. Sebutkan fungsi komunikasi massa ?
ngsi komunikasi massa untuk individu meliputi:
1. Informasi
• Mencari berita tentang peristiwa dan kondisi yang berkaitan dengan lingkungan terdekat, masyarakat dan dunia.
• Mencari bimbingan menyangkut berbagai masalah praktis, pendapat, dan hal yang berkaitan dengan penentuan pilihan.
• Memuaskan rasa ingin tahu dan minat minum.
• Belajar, pendidikan diri sendiri.
• Memperoleh rasa damai melalui penambahan pengetahuan.
2. Identitas pribadi
• Menemukan penunjang nilai-nilai pribadi.
• Menemukan model perilaku.
• Mengidentifikasikan diri dengan nilai-nilai lain (dalam media).
• Meningkatkan pemahamna tentang diri-sendiri.
3. Integrasi dan interaksi sosial
• Memperoleh pengetahuan tentang keadaan orang lain; empati sosial.
• Mengidentifikasikan diri dengan orang lain dan meningkatkan rasa memiliki.
• Menemukan bahan percakapan dan interkasi sosial.
• Memperoleh teman selain dari manusia.
• Membantu menjalankan peran sosial.
• Memungkinkan seseorang untuk dapat menghubungi sanak –keluarga, teman, dan masyarakat.
4. Hiburan
• Melepaskan diri atau terpisah dari permasalahan.
• Bersantai.
• Memperoleh kenikmatan jiwa dan estetis.
• Mengisi waktu. Penyaluran emosi.
• Membangkitkan gairah seks.


Linda Mawarni
103112351650116
FISIP- Ilmu Komunikasi

Unknown mengatakan...

nama : dimas pratama
nim : 103112351650123
fakultas: fisip

sebelum nya terimaksih kepada
keapada : Adi Prakosa
yg telah memberikan tugas kepada kita

1. Secara umum ragam tingkatan komunikasi ada 5.sebutkan 3 dan jelaskan?
jawab:
A.komunikasi antarpribadi (interpersonal communication) yaitu kegiatan komunikasi yang dilakukan seseorang dengan orang lain dengan corak komunikasinya lebih bersifat pribadi dan sampai pada tataran prediksi hasil komunikasinya pada tingkatan psikologis yang memandang pribadi sebagai unik. Dalam komunikasi ini jumlah perilaku yang terlibat pada dasarnya bisa lebih dari dua orang selama pesan atau informasi yang disampaikan bersifat pribadi.

B.komunikasi kelompok (group communication) yaitu komunikasi yang berlangsung di antara anggota suatu kelompok. Menurut Michael Burgoon dan Michael Ruffner dalam Sendjaja,(1994) memberi batasan komunikasi kelompok sebagai interaksi tatap muka dari tiga atau lebih individu guna memperoleh maksud atau tujuan yang dikehendaki seperti berbagi informasi, pemeliharaan diri atau pemecahan masalah sehingga semua anggota dapat menumbuhkan karakteristik pribadi anggota lainnya dengan akurat.

C. komunikasi organisasi (organization communication) yaitu pengiriman dan penerimaan berbagai pesan organisasi di dalam kelompok formal maupun informal dari suatu organisasi

2.mengapa komunikasih begitu penting di kehidupan kita? jelaskan
jawab:
karna kita setiap hari pastimelakukan komunikasih,baik itu dalam kluarga,teman,masyarakat bnyak dan lain-lain
komuniksih jga sangat mempengarui karir dalam bisnis, pemerintah, atau pendidikan memerlukan kemampuan dalam memahami situasi komunikasi, mengembangkan strategi komunikasi efektif, memerlukan kerjasama antara satu dengan yang lain, dan dapat menerima atas kehadiran ide-ide yang efektif melalui saluran saluran komunikasi

3. apakah yg di maksud komunikasih instrumental? jelaskan
jawab:
mendorong, mengubah sikap, menggerakkan tindakan, dan juga menghibur.
Sebagai instrumen, komunikasi tidak saja kita gunakan untuk menciptakan dan membangun hubungan, namun juga untuk menghancurkan hubungan tersebut. Studi komunika membuat kita peka terhadap berbagai strategi yang dapat kita gunakan dalam komunikasi kita untuk bekerja lebih baik dengan orang lain demi keuntungan bersama. Komunikasi berfungsi sebagi instrumen untuk mencapai tujuan-tujuan pribadi dan pekerjaan, baik tujuan jangka pendek ataupun tujuan jangka panjang.

4. jelaskan fungsi komunikasih?
jawab:
untuk kelangsungan hidup, untuk memperoleh kebahagiaan, terhindar dari tekanan dan ketegangan, antara lain lewat komunikasi yang bersifat menghibur, dan memupuk hubungan hubungan orang lain. Melalui komunikasi kita bekerja sama dengan anggota masyarakat (keluarga, kelompok belajar, perguruan tinggi

Unknown mengatakan...

nama : dimas pratama
nim : 103112351650123
fakultas: fisip

1. Secara umum ragam tingkatan komunikasi ada 5.sebutkan 3 dan jelaskan?
jawab:
A.komunikasi antarpribadi (interpersonal communication) yaitu kegiatan komunikasi yang dilakukan seseorang dengan orang lain dengan corak komunikasinya lebih bersifat pribadi dan sampai pada tataran prediksi hasil komunikasinya pada tingkatan psikologis yang memandang pribadi sebagai unik. Dalam komunikasi ini jumlah perilaku yang terlibat pada dasarnya bisa lebih dari dua orang selama pesan atau informasi yang disampaikan bersifat pribadi.

B.komunikasi kelompok (group communication) yaitu komunikasi yang berlangsung di antara anggota suatu kelompok. Menurut Michael Burgoon dan Michael Ruffner dalam Sendjaja,(1994) memberi batasan komunikasi kelompok sebagai interaksi tatap muka dari tiga atau lebih individu guna memperoleh maksud atau tujuan yang dikehendaki seperti berbagi informasi, pemeliharaan diri atau pemecahan masalah sehingga semua anggota dapat menumbuhkan karakteristik pribadi anggota lainnya dengan akurat.

C. komunikasi organisasi (organization communication) yaitu pengiriman dan penerimaan berbagai pesan organisasi di dalam kelompok formal maupun informal dari suatu organisasi

2.mengapa komunikasih begitu penting di kehidupan kita? jelaskan
jawab:
karna kita setiap hari pastimelakukan komunikasih,baik itu dalam kluarga,teman,masyarakat bnyak dan lain-lain
komuniksih jga sangat mempengarui karir dalam bisnis, pemerintah, atau pendidikan memerlukan kemampuan dalam memahami situasi komunikasi, mengembangkan strategi komunikasi efektif, memerlukan kerjasama antara satu dengan yang lain, dan dapat menerima atas kehadiran ide-ide yang efektif melalui saluran saluran komunikasi

3. apakah yg di maksud komunikasih instrumental? jelaskan
jawab:
mendorong, mengubah sikap, menggerakkan tindakan, dan juga menghibur.
Sebagai instrumen, komunikasi tidak saja kita gunakan untuk menciptakan dan membangun hubungan, namun juga untuk menghancurkan hubungan tersebut. Studi komunika membuat kita peka terhadap berbagai strategi yang dapat kita gunakan dalam komunikasi kita untuk bekerja lebih baik dengan orang lain demi keuntungan bersama. Komunikasi berfungsi sebagi instrumen untuk mencapai tujuan-tujuan pribadi dan pekerjaan, baik tujuan jangka pendek ataupun tujuan jangka panjang.

4. jelaskan fungsi komunikasih?
jawab:
untuk kelangsungan hidup, untuk memperoleh kebahagiaan, terhindar dari tekanan dan ketegangan, antara lain lewat komunikasi yang bersifat menghibur, dan memupuk hubungan hubungan orang lain. Melalui komunikasi kita bekerja sama dengan anggota masyarakat (keluarga, kelompok belajar, perguruan tinggi

mantap.com mengatakan...

nama: alpian hidayat
nim: 07-015

1. sebutkan ciri-ciri komunikasi massa menurut Elizabeth Noelle Neumann?

1. Bersifat tidak langsung, artinya harus melalui media teknis;
2. Bersifat satu arah, artinya tidak ada interaksi antara peserta-peserta komunikasi;
3. Bersifat terbuka, artinya ditujukan pada publik yang tidak terbatas dan anonim;
4. Mempunyai publik yang secara tersebar.

2.pasal berapakah yang mengatur fungsi komunikasi massa?

Pasal 3 UU 40/1999
(1) Pers Nasional mempunyai fungsi sebagai media informasi, pendidikan, hiburan, dan kontrol sosial.
(2) Di samping fungsi-fungsi tersebut ayat (1), pers nasional dapat berfungsi sebagai lembaga ekonomi.

Pasal 4 UU32/2003
(1) Penyiaran sebagai kegiatan komunikasi massa mempunyai fungsi sebagai media informasi, pendidikan, hiburan yang sehat, kontrol dan perekat sosial.
(2) Dalam menjalankan fungsi sebagaimana dimaksud dalam ayat (1), penyiaran juga mempunyai fungsi ekonomi dan kebudayaan.

3.sebutkan ciri-ciri khusus institusi (lembaga) media masssa?
a. Memproduksi dan mendistribusikan pengetahuan dalam wujud informasi, pandangan, dan budaya. Upaya tersebut merupakan respon terhadap kebutuhan sosial kolektif dan permintaan individu.
b. Menyediakan saluran untuk menghubungkan orang tertentu dengan orang lain: dari pengirim ke penerima, dari anggota audien ke anggota audien lainnya, dari seseorang ke masyarakat dan institusi masyarakat terkait. Semua itu bukan sekedar saluran fisik jaringan komunikasi, melainkan juga merupakan saluran tatacara dan pengetahuan yang menentukan siapakah sebenarnya yang patut atau berkemungkinan untuk mendengar sesuatu dan kepada siapa ia harus mendengarnya.
c. Media menyelenggarakan sebagian besar kegiatannya dalam lingkungan publik, dan merupakan institusi yang terbuka bagi semua orang untuk peran serta sebagai penerima (atau dalam kondisi tertentu sebagai pengirim). Institusi media juga mewakili kondisi publik, seperti yang tampak bilamana media massa menghadapi masalah yang berkaitan dengan pendapat publik (opini publik) dan ikut berperan membentuknya (bukan masalah pribadi, pandangan ahli, atau penilaian ilmiah).
d. Partisipasi anggota audien dalam institusi pada hakikatnya bersifat sukarela, tanpa adanya keharusan atau kewajiban sosial. Bahkan lebih bersifat suka rela daripada beberapa institusi lainnya, misalnya pendidikan, agama atau politik. Partisipasi anggota audien lebih mengacu pada mengisi waktu senggang dan santai, bukannya berkenaan dengan pekerjaan dan tugas. Hal tersebut dikaitkan juga dengan ketidakberdayaan formal institusi media: media tidak dapat mengandalkan otoritasnya sendiri dalam masyarakat, serta tidak mempunyai organisasi yang menghubungkan pemeran-serta ”lapisan atas” (produsen pesan) dan pemeran-serta ”lapisan bawah” (audien).
e. Industri media dikaitkan dengan industri dan pasar karena ketergantungannya pada imbalan kerja, teknologi, dan kebutuhan pembiayaan.
f. Meskipun institusi media itu sendiri tidak memiliki kekuasaan, namun institusi ini selalu berkaitan dengan kekuasaan negara karena adanya kesinambungan pemakaian media, mekanisme hukum, dan pandangan-pandangan menentukan yang berbeda antara negara yang satu dengan lainnya.

mantap.com mengatakan...

4.sebutkan fungsi komunikasi massa dalam masyarakat?
1. Informasi
• Menyediakan informasi tentang peristiwa dan kondisi dalam masyarakat dan dunia.
• Menunjukkan hubungan kekuasaan.
• Memudahkan inovasi, adaptasi, dan kemajuan
2. Korelasi
• Menjelaskan, menafsirkan, mengomentari makna peristiwa dan informasi.
• Menunjang otoritas dan norma-norma yang mapan.
• Melakukan sosialisasi.
• Mengkoordinasi beberapa kegiatan. Membentuk kesepakatan.
• Menentukan urutan prioritas dan memberikan status relatif.
3. Kesinambungan
• Mengepresikan budaya dominan dan mengakui keberadaan kebudayaan khusus (subculture) serta perkembangan budaya baru.
• Meningkatkan dan melestarikan nilai-nilai.
4. Hiburan
• Menyediakan hiburan, pengalihan perhatian, dan sarana relaksasi.
• Meredakan ketegangan sosial.
5. Mobilisasi
• Mengkampanyekan tujuan masyarakat dalam bidang politik, perang, pembangunan ekonomi, pekerjaan, dan kadang kala juga dalam bidang agama.

5.sebut fungsi komunikasi massa untuk personal?
1. Informasi
• Mencari berita tentang peristiwa dan kondisi yang berkaitan dengan lingkungan terdekat, masyarakat dan dunia.
• Mencari bimbingan menyangkut berbagai masalah praktis, pendapat, dan hal yang berkaitan dengan penentuan pilihan.
• Memuaskan rasa ingin tahu dan minat minum.
• Belajar, pendidikan diri sendiri.
• Memperoleh rasa damai melalui penambahan pengetahuan.
2. Identitas pribadi
• Menemukan penunjang nilai-nilai pribadi.
• Menemukan model perilaku.
• Mengidentifikasikan diri dengan nilai-nilai lain (dalam media).
• Meningkatkan pemahamna tentang diri-sendiri.
3. Integrasi dan interaksi sosial
• Memperoleh pengetahuan tentang keadaan orang lain; empati sosial.
• Mengidentifikasikan diri dengan orang lain dan meningkatkan rasa memiliki.
• Menemukan bahan percakapan dan interkasi sosial.
• Memperoleh teman selain dari manusia.
• Membantu menjalankan peran sosial.
• Memungkinkan seseorang untuk dapat menghubungi sanak –keluarga, teman, dan masyarakat.
4. Hiburan
• Melepaskan diri atau terpisah dari permasalahan.
• Bersantai.
• Memperoleh kenikmatan jiwa dan estetis.
• Mengisi waktu. Penyaluran emosi.
• Membangkitkan gairah seks.