Kamis, 16 September 2010

komunikasimassa2

FUNGSI KOMUNIKASI MASSA

Sejumlah upaya mencoba mensistimasisasikan fungsi utama komunikasi massa, yang pada mulanya dimulai oleh Lasswell (1948) yang memberikan ringkasan/kesimpulan mengenai fungsi dasar komunikasi sebagai berikut: pengawasan lingkungan; pertalian (korelasi) bagian-bagian masyarakat dalam memberikan respon terhadap lingkungannya; transmisi warisan budaya. Fungsi pengawasan sosial merujuk pada upaya penyebaran informasi dan interpretasi yang obyektif mengenai berbagai peristiwa yang terjadi di dalam dan di luar lingkungan sosial dengan tujuan kontrol sosial agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Fungsi korelasi sosial merujuk pada upaya pemberian interpretasi dan informasi yang menghubungkan satu kelompok sosial dengan kelompok sosial lainnya atau antara satu pandangan dengan pandangan lainnya dengan tujuan mencapai konsensus. Fungsi sosialisasi merujuk pada upaya pewarisan nilai-nilai dari satu generasi ke generasi lainnya, atau dari satu kelompok ke kelompok lainnya.
Sasa Sendjaja (2003), memberikan ilustrasi tentang fungsi komunikasi massa dari Lasswell sebagai berikut:
Kita ambil contoh pemberitaan tentang “konflik” yang sekarang sangat dominan dikemukakan oleh berbagai media elektrolit maupun media cetak. Pemberitaan konflik yang terjadi, menurut fungsi pengawasan sosial, seharusnya ditujukan agar masyarakat waspada dan mencegah agar konflik tersebut tidak meluas. Penyajian opini dari elit-elit atau kelompok-kelompok yang bertikai, menurut fungsi kaorelasi sosial, seharusnya dikorelasikan dengan opini-opini dari berbagai kalangan masyarakat lainnya. Ini berarti, isi pemberitaan jangan hanya menyajikan pandangan dari pihak-pihak yang bertengkar saja. Pandangan-pandangan dari berbagai kalangan masyarakat baik yang berasal dari lapisan atas, menengah atau kalangan masyarakat bawah, perlu disajikan secara eksplisit termasuk dampak konflik terhadap kondisi kehidupan nyata sehari-hari. Tujuannya mencapai konsensus agar konflik dapat segera berakhir karena yang akan menjadi nkorban adalah masyarakat. Sementara itu, media massa juga seharusnya menjalankan fungsi sosialisasi. Pesan utama yang perlu disosialisasikan dalam konteks konflik yang terjadi sekarang ini adalah perlunya menjaga integrasi bangsa. Pesan-pesan lainnya yang relevan disosialisaikan antara lain adalah toleransi dan apresiasi terhadap perbedaan pandangan, perlunya menegakkan supremasi hukum, serta anti segala bentuk tindakan kekerasan.

Charles Robert Wright (1960) menambahkan fungsi entertainment (hiburan) dalam fungsi komunikasi massa. Jay Black dan frederick C, Whitney (1988) mendefinisikan fungsi komunikasi massa sebagai: (a) to inform (menginformasikan), (b) to entertaint (memberi hiburan), (c) to persuade (membujuk), dan (d) transmission of the culture (transmisi budaya). John Vivian dal bukunya The Media of Mass Communication (1991) mendefinisikan fungsi komunikasi massa sebagai : (a) providing information, (b) providing entertainment, (c) helping to persuade, dan (d) contributing to social cohesion (mendorong kohesi sosial). Joseph R. Dominick dalam bukunya The Dynamics of Mass Communication (1981) mendefinisikan fungsi komunikasi massa sebagai berikut: (a) surveillance (pengawasan), (b) interpretation (interpretasi), (c) linkage (hubungan), (d) socialitation (sosialisasi), dan (e) entertainment (hiburan) (lihat Nurudin, 2003). Sedangkan Onong Uchjana Effendy (1994) mendefinisikan fungsi komunikasi massa sebagai berikut: (a) menyampaikan informasi (to inform), (b) mendidik (to educate), (c) menghibur (to entertain), dan (d) mempengaruhi (to influence).
Beberapa definisi “lanjutan” fungsi komunikasi massa tersebut di atas walaupun secara tersurat berbeda-beda, namun pada hakekatnya mempunyai kesamaan dan bersifat melengkapi definisi fungsi komunikasi massa dari Lasswell, seiring dengan perkembangan produk (pesan-pesan) yang dibawakan oleh media massa itu sendiri.
Sebagai ilustrasi, kita ambil contoh definisi fungsi komunikasi massa dari Dominick, fungsi pengawasan dan interpretasi dari dominick hakekatnya sama dengan fungsi pengawasan sosial dari Lasswell, fungsi hubungan dari dominick hakekatnya mempunyai kesamaan dengan fungsi korelasi sosial dari Lasswell, sedangkan fungsi hiburan dari Dominick merupakan fungsi tambahan dari ketiga fungsi komunikasi massanya Lasswell, seperti definisi fungsi komunikasi massa “lanjutan”nya Wright atau yang lainnya.
Sifat melengkapi dengan lebih detail, dikemukakan oleh McQuail (1987), ia melihat fungsi komunikasi massa dalam dua kategoris: a. Fungsi komunikasi massa untuk masyarakat; dan b. fungsi komunikasi massa untuk individu.
McQuail menyatakan bahwa fungsi komunikasi massa untuk masyarakat meliputi:
1. Informasi
• Menyediakan informasi tentang peristiwa dan kondisi dalam masyarakat dan dunia.
• Menunjukkan hubungan kekuasaan.
• Memudahkan inovasi, adaptasi, dan kemajuan
2. Korelasi
• Menjelaskan, menafsirkan, mengomentari makna peristiwa dan informasi.
• Menunjang otoritas dan norma-norma yang mapan.
• Melakukan sosialisasi.
• Mengkoordinasi beberapa kegiatan. Membentuk kesepakatan.
• Menentukan urutan prioritas dan memberikan status relatif.
3. Kesinambungan
• Mengepresikan budaya dominan dan mengakui keberadaan kebudayaan khusus (subculture) serta perkembangan budaya baru.
• Meningkatkan dan melestarikan nilai-nilai.
4. Hiburan
• Menyediakan hiburan, pengalihan perhatian, dan sarana relaksasi.
• Meredakan ketegangan sosial.
5. Mobilisasi
• Mengkampanyekan tujuan masyarakat dalam bidang politik, perang, pembangunan ekonomi, pekerjaan, dan kadang kala juga dalam bidang agama.

Sedangkan fungsi komunikasi massa untuk individu meliputi:
1. Informasi
• Mencari berita tentang peristiwa dan kondisi yang berkaitan dengan lingkungan terdekat, masyarakat dan dunia.
• Mencari bimbingan menyangkut berbagai masalah praktis, pendapat, dan hal yang berkaitan dengan penentuan pilihan.
• Memuaskan rasa ingin tahu dan minat minum.
• Belajar, pendidikan diri sendiri.
• Memperoleh rasa damai melalui penambahan pengetahuan.
2. Identitas pribadi
• Menemukan penunjang nilai-nilai pribadi.
• Menemukan model perilaku.
• Mengidentifikasikan diri dengan nilai-nilai lain (dalam media).
• Meningkatkan pemahamna tentang diri-sendiri.
3. Integrasi dan interaksi sosial
• Memperoleh pengetahuan tentang keadaan orang lain; empati sosial.
• Mengidentifikasikan diri dengan orang lain dan meningkatkan rasa memiliki.
• Menemukan bahan percakapan dan interkasi sosial.
• Memperoleh teman selain dari manusia.
• Membantu menjalankan peran sosial.
• Memungkinkan seseorang untuk dapat menghubungi sanak –keluarga, teman, dan masyarakat.
4. Hiburan
• Melepaskan diri atau terpisah dari permasalahan.
• Bersantai.
• Memperoleh kenikmatan jiwa dan estetis.
• Mengisi waktu. Penyaluran emosi.
• Membangkitkan gairah seks.
Dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara di Indonesia. Secara yuridis formal, fungsi komunikasi massa di atur dalam UU RI no: 40 tahun 1999 pasal 3 ayat (1) dan (2), juga pada UU RI no: 32 tahun 2003 pasal 4 ayat (1) dan (2). Masing-masing pasal berbunyi sebagai berikut:

Pasal 3 UU 40/1999
(1) Pers Nasional mempunyai fungsi sebagai media informasi, pendidikan, hiburan, dan kontrol sosial.
(2) Di samping fungsi-fungsi tersebut ayat (1), pers nasional dapat berfungsi sebagai lembaga ekonomi.

Pasal 4 UU32/2003
(1) Penyiaran sebagai kegiatan komunikasi massa mempunyai fungsi sebagai media informasi, pendidikan, hiburan yang sehat, kontrol dan perekat sosial.
(2) Dalam menjalankan fungsi sebagaimana dimaksud dalam ayat (1), penyiaran juga mempunyai fungsi ekonomi dan kebudayaan.

Dalam menjalankan fungsi komunikasi massa, institusi media massa menjalankan peran mediasi (penengah/penghubung). Dalam hal ini, McQuail (1987) menyebutkan peran media massa sebagai berikut:
• Jendela pengalaman yang meluaskan pandangan kita dan memungkinkan kita mampu memahami apa yang terjadi di sekitar diri kita, tanpa campur tangan pihak lain atau sikap memihak.
• Juru bahasa yang menjelaskan dan memberi makna terhadap peristiwa atau hal yang terpisah dan kurang jelas.
• Pembawa atau penghantar informasi dan pendapat.
• Jaringan interaktif yang menghubungkan pengirim dengan penerima melalui berbagai macam umpan balik.
• Pan penunjuk jalan yang secara aktif menunjukkan arah, memberikan bimbingan atau intruksi.
• Penyaring yang memilih bagian pengalaman yang perlu diberi perhatian khusus dan menyisihkan aspek pengalaman lainnya, baik secara sadar dan sistematis atau tidak.
• Cermin yang memantulkan citra masyarakat terhadap masyarakat itu sendiri; biasanya pantulan citra itu mengalami perubahan (distorsi) karena adanya penonjolan terhadap segi yang ingin dilihat oleh para anggota masyarakat, atau seringkali pula segi yang ingin mereka hakimi atau cela.
• Tirai atau penutup yang menutupi kebenaran demi pencapai tujuan propaganda atau pelarian dari suatu kenyataan (escapism).

Daftar pustaka
McQuail, 1987, Teori Komunikasi Massa: Suatu Pengantar, Jakarta: Erlangga
Nurudin, 2003, Komunikasi Massa, Malang: CESPUR.
Sasa Sendjaja, 2002, Fungsi Komunikasi massa, hand out Pascasarjana Ilmu Komunikasi, Surakarta: FISIP UNS
Werner J. Severin & James W. Tankard, 2001, Communication Theories: Origins, Methods, & Uses in the Mass Media, ed. 5th, penerj. Sugeng Hariyanto, Addison Wesley Longman Inc.

13 komentar:

baghus mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
nelly mengatakan...

terimaksi ya bapa udah bikin blog ini. jadinya saya bisa dapet tambahan ilmu deh..
^_^
nama saya nelly bapa, ini nomor induk mahasiswa saya.
103112351650162.

karen mengatakan...

pak , saya udah baca isi blognya . makasih ya pak udh bikin blog ini .mau saya copy paste dan saya pelajari lebih dalam lagi .
karen fitri karlinda fisip (komunikasi) . nim saya 10-160

Noer Hayat Pratiwi mengatakan...

Nama : Noer Hayat Pratiwi
Fak/Kelas : FISIP(Ilmu Komunikasi)/I
NIM : 103.1123.5165.0089


Pertanyaan dan Jawaban :

1) Apa perbedaan antara fungsi Pengawasan Sosial dengan fungsi Korelasi dalam komunikasi massa?
Menurut saya :
Perbedaannya Fungsi pengawasan sosial bertujuan untuk penyebaran informasi dan interpretasi obyektif mengenai peristiwa yang terjadi disekitar kita dengan tujuan dapat mengkontrol sosial agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Sedangkan Fungsi korelasi sosial untuk memberian interpretasi dan informasi yang menghubungkan antar kelompok sosial dengan kelompok sosial lainnya dengan pandangan lain agar mencapai konsensus.

2) Sebutkan 4 Fungsi entertainment dalam fungsi komunikasi massa menurut Charles Robert?
Jawab :
(a) to inform (menginformasikan)
(b) to entertaint (memberi hiburan)
(c) to persuade (membujuk)
(d) transmission of the culture (transmisi budaya).

3) Sebutkan 2 kategoris dalam fungsi komunikasi menurut McQuail ?
Jawaban :
1. Fungsi komunikasi massa untuk masyarakat
2. fungsi komunikasi massa untuk individu.

4) Apa perbedaan antara fungsi komunikasi masa yang dikemukakan menurut : a. Charles Robert Wright, b. John Vivian dal c. Joseph R. Dominick d. Onong Uchjana Effendy dan berikan contohnya?

Jawabannya :

Menurut beberapa tokoh diatas tentang fungsi komunikasi massa secara tersurat berbeda-beda, namun pada hakekatnya mempunyai kesamaan dan bersifat melengkapi definisi fungsi komunikasi massa dari Lasswell, seiring dengan perkembangan produk (pesan-pesan) yang dibawakan oleh media massa itu sendiri.

Contohnya :

1.fungsi komunikasi massa dari Dominick, fungsi pengawasan dan interpretasi dari dominick hakekatnya sama dengan fungsi pengawasan sosial dari Lasswell

2.fungsi hubungan dari dominick hakekatnya mempunyai kesamaan dengan fungsi korelasi sosial dari Lasswell

3. fungsi hiburan dari Dominick merupakan fungsi tambahan dari ketiga fungsi komunikasi massanya Lasswell, seperti definisi fungsi komunikasi massa.

Oka Nursyahid mengatakan...

Nama : Oka Nursyahid
NIM : 103112351650093
Fakultas : FISIP (komunikasi)

Ok Pak, untuk tugas kali ini saya akan kerjakan.

Pertanyaan
1. Fungsi komunikasi massa untuk individu meliputi apa saja?
2. Jelaskan dari pertanyaan di atas!
3. Sebutkan ciri-ciri komunikasi massa menurut menurut Elizabeth Noelle Neumann!
4. Sebutkan ciri-ciri khusus institusi (lembaga) media massa menurut McQuail!

Jawaban
1.-Informasi
-Identitas pribadi
-Integrasi dan interaksi sosial
-Hiburan

2. -Informasi
• Mencari berita tentang peristiwa dan kondisi yang berkaitan dengan lingkungan terdekat, masyarakat dan dunia.

-Identitas pribadi
• Menemukan penunjang nilai-nilai pribadi.

-Integrasi dan interaksi sosial
• Memperoleh pengetahuan tentang keadaan orang lain; empati sosial.

-Hiburan
• Melepaskan diri atau terpisah dari permasalahan.

3. 1. Bersifat tidak langsung;
2. Bersifat satu arah;
3. Bersifat terbuka;
4. Mempunyai publik yang secara tersebar.

4. a. Memproduksi dan mendistribusikan pengetahuan dalam wujud informasi, pandangan, dan budaya.
b. Menyediakan saluran untuk menghubungkan orang tertentu dengan orang lain: dari pengirim ke penerima, dari anggota audien ke anggota audien lainnya, dari seseorang ke masyarakat dan institusi masyarakat terkait.
c. Media menyelenggarakan sebagian besar kegiatannya dalam lingkungan publik, dan merupakan institusi yang terbuka bagi semua orang untuk peran serta sebagai penerima (atau dalam kondisi tertentu sebagai pengirim).
d. Partisipasi anggota audien dalam institusi pada hakikatnya bersifat sukarela, tanpa adanya keharusan atau kewajiban sosial.
e. Industri media dikaitkan dengan industri dan pasar karena ketergantungannya pada imbalan kerja, teknologi, dan kebutuhan pembiayaan.
f. Meskipun institusi media itu sendiri tidak memiliki kekuasaan, namun institusi ini selalu berkaitan dengan kekuasaan negara karena adanya kesinambungan pemakaian media, mekanisme hukum, dan pandangan-pandangan menentukan yang berbeda antara negara yang satu dengan lainnya.

Putera mengatakan...

NAMA : Putera Negara
NIM : 103112351650119
JURUSAN/FAKULTAS : FISIP KOMUNIKASI


1. Sebutkan Bentuk-bentuk
Jawaban :
Komunikasi:
1. Interpersonal/tatap muka
- Informal
- Tanpa terencana
- Efek yang ditimbulkan bisa ketiga-ketiganya (afeksi,
kognisi, psikomotorik), karena antara yang
berkomunikasi terlibat dialog batin face to face,
langsung
2. Kelompok/group
- Jumlah lebih dari 2 orang
- Ex. Kelas (guru & mahasiswa)
- Formal
- Terencana
3. Massa/mass
- Sekumpulan orang yang dimuat komunikator dan
komunikan tidak mengenal
- Kumpulan orang-orang yang tidak sama latar
belakangnya
Ex. Terjadi sebuah tabrakan/kecelakaan banyak orang
berkumpul untuk melihat, ada tukang becak, sopir,
mahasiswa, kernet, penjual asongan, dll.


2. Pengertian komunikasi adalah :
Jawaban :
Komunikasi adalah proses penyampaian pesan dari
komunikator kepada komunikan melalui media terrtentu untuk
menghasilkan efek /tujuan dengan mengharapkan feedback
atau umpan balik.


3. Tujuan utama komunikasi adalah:
jawaban :
untuk
membangun/menciptakan pemahamam atau pengertian
bersama. Saling memahami atau mengerti bukan berarti harus
menyetujui tetapi mungkin dengan komunikasi terjadi suatu
perubahan sikap, pendapat, perilaku ataupun perubahan
secara sosial


4. Sebutkan Hambatan-hambatan komunikasi:
jawaban :
· perbedaan persepsi dan kepentingan è bahasa, tk
pendidikan
· ada persaingan nilai
· kepentingan itu diikuti oleh mekanisme pasar
· kekerasan kata-kata ex. agar akrab dengan
menggunakan kata-kata berbagai macam binatang
untuk memanggil seseorang è mestinya tidak
dugunakan/diterpkan di semua situasi jadi hanya pada
kalangan tertentu
· perbedaan budaya

baghus mengatakan...

BAGUS POLIYAWAN
07-158
(1) Jelaskan bberapa definisi komunikasi massa menurut para ahli/peneliti, lalu beri cntoh atas penjelasan itu!
* Kmunikasi massa adlh proses di mana informasi diciptakan & disebarkan oleh organisasi untuk dikonsumsi oleh khalayak (Ruben, 1992)
cntoh yg bisa saya ambil adlh ketika lembaga media cetak (surat kabar) yg menjadi komunikator atau sumber utama dlm mencari, mengolah, & menyajikan suatu informasi ke dlm bentuk surat kabar untuk kemudian disebar kepada khalayak atau pembaca.
* Komunikasi massa adlh pesan-pesan yg dikomunikasikan melalui media massa pada sejumlah orang. (Bittner, 1980)
Dari definisi tersebut, saya pahami bhwa komunikasi massa itu harus menggunakan media massa. Jadi sekalipun komunikasi itu disampaikan kepada khalayak yg banyak, seperti rapat akbar di lapangan luas yg dihadiri oleh ribuan, bahkan puluhan ribu orang, jika tidak menggunakan media massa, maka itu bukan komunikasi massa. Media komunikasi yang termasuk media massa adalah radio siaran, dan televisi- keduanya dikenal sebagai media elektronik; surat kabar dan majalah- keduanya disebut dengan media cetak; serta media film. Film sebagai media komunikasi massa adalah film bioskop.
*Komunikasi massa adlah suatu proses dalam mana komunikator-komunikator menggunakan media untuk menyebarkan pesan-pesan secara luas, dan secara terus menerus menciptakan makna-makna yang diharapkan dapat mempengaruhi khalayak yang besar dan berbeda-beda dengan melalui berbagai cara. (DeFleur dan Denis, 1985)
Contoh yang bisa saya gambarkan seperti pemberitaan media tentang rencana pembakaran Al-quran di Amerika blm lama ini. Kabar ini sangat cepat tersebar baik dari media elektronik, cetak atau online, sehingga masyarakat dengan mudah mengetahuinya. Namun dengan adanya pemberitaan tersebut timbulah suatu reaksi dari makna rencana tersebut. Yaitu kesalnya umat muslim di seluruh dunia termasuk Indonesia, termasuk juga saya yg sangat kesal mendengar rencana pembakaran tersebut.

(2). sebutkan beberapa karakteristik komunikasi massa!
1.Satu arah (feedback tidak ada)
2.Selalu ada proses seleksi–media memilih khalayak(maksudnya menentukan media yang cocok atas segmentasi pemberitaanya)
3.Menjangkau khalayak luas dan sifatnya umum (disebut dengan Heterogen)
4.Membidik sasaran tertentu, segmentasi (agar tidak rancu)
5.Dilakukan oleh institusi sosial (lembaga media/pers); media dan masyarakat saling memberi pengaruh/interaksi. (bisa dibilang sebagai sarana untuk interaksi)

baghus mengatakan...

(3) sebutkan ciri utama komunikasi massa dari berbagai segi!
1. Sumber : bukan satu orang, tapi organisasi formal, “sender”-nya seringkali merupakan komunikator profesional.
2. Pesan : beragam, dapat diperkirakan, dan diproses, distandarisasi, dan selalu diperbanyak; merupakan produk dan komoditi yang bernilai tukar.
3. Hubungan pengirim-penerima bersifat satu arah, impersonal, bahkan mungkin selali sering bersifat non-moral dan kalkulatif.
4. Penerima merupakan bagian dari khalayak luas.
5. (simultan) Mencakup kontak secara serentak antara satu pengirim dengan banyak penerima.

(4)sebutkan beberapa unsur atau rumus yg menjadi pedoman untuk memahami proses komunikasi massa!
* Siapa (Who)
siapa yg mnjadi sumber kmunikatornya dlm artian yg menyelenggarakan, menyiarkan atau menyalurkan informasi,seperti lembaga atau organisasi atau orang yang bekerja dngn fasilitas lembaga/organisasi (perusahaan surat kabar,stasiun radio, televisi, majalah, dan sebagainya)
* Berkata apa (Says what) apa yang disampaikan atau di informasikannya.
* Melalui saluran ap (in which Channel) menggunakan media ap/media apa yg benar2 cocok untuk dipakai.
* Kpda siapa (to Whom) siapa yg akan mnerima pesan trsebut (target dari pesan yg disampaikan)
* Dgn efek ap (with what Effect) dan tentunya efek itu adlh suatu perubahan, perubahan dalam ranah pengetahuan, sikap, dan perilaku nyata. Perubahan ini biasanya berlangsung secara berurutan. (seperti contoh yg saya gambarkan pada soal 1 menurut DeFleur dan Denis, 1985

baghus mengatakan...

(5). Sbutkan fungsi komunikasi massa dri segi klompok & individu!
Fungsi Komunikasi Massa untk Masyarakat.
McQuail menyatakan bhwa fungsi komunikasi massa untk msyarakat meliputi:
1.Informasi:
a.Menyediakan informasi tntang peristiwa & kondisi dlm msyarakat & dunia. (dgn cara ini,masyarakatpun akan berwawasan luas, sehingga mereka paham akan keadaan sekitar)
b.Mnunjukkan hubungan kekuasaan. (hirarki,seperti pemerintah & rakyatnya)
c.Memudahkan inovasi, adaptasi & kemajuan (dgn inovasi, adaptasi, & kemajuan, masyarakatpun mandiri)
2.Korelasi:
a.Mnjelaskan, menafsirkan, mengomentari makna peristiwa & informasi.
(mnjadikan kita sbagai masyarakat yg kritis)
b. Menunjang otoritas dan norma2 yg mapan. (agar segala tindakan kta didasari oleh setiap norma)
c. Melakukan sosialisasi. (agar terjadinya kemerataan/kesejajaran msyrkat)
d. Mengkoordinasi beberapa kegiatan. Membentuk kesepakatan. (agar segala perbuatan ter organisir dgn baik karena didalamnya ad kesepakatan)
e. Menentukan urutan prioritas & memberikan status relatif.
3.Kesinambungan:
a. Mengepresikan budaya dominan & mengakui keberadaan kebudayaan khusus (subculture) serta perkembangan budaya baru.
b. Meningkatkan & melestarikan nilai-nilai.
4.Hiburan:
a. Menyediakan hiburan, pengalihan perhatian, & sarana relaksasi.
b. Meredakan ketegangan sosial.
5.Mobilisasi: Mengkampanyekan tujuan masyarakat dalam bidang politik, perang, pembangunan ekonomi, pekerjaan, & kadang kala jga dalam bidang agama.

Fungsi Komunikasi Massa untuk Individu
Sedangkan fungsi komunikasi massa untuk individu meliputi:
1. Informasi:
a. Mencari berita tentang peristiwa dan kondisi yang berkaitan dengan lingkungan terdekat, masyarakat dan dunia.
b. Mencari bimbingan menyangkut berbagai masalah praktis, pendapat, dan hal yang berkaitan dengan penentuan pilihan.
c. Memuaskan rasa ingin tahu dan minat minum.
d. Belajar, pendidikan diri sendiri.
e. Memperoleh rasa damai melalui penambahan pengetahuan.
2. Identitas pribadi:
a. Menemukan penunjang nilai-nilai pribadi.
b. Menemukan model perilaku.
c. Mengidentifikasikan diri dengan nilai-nilai lain (dalam media).
d. Meningkatkan pemahamna tentang diri-sendiri.
3. Integrasi dan interaksi sosial:
a. Memperoleh pengetahuan tentang keadaan orang lain; empati sosial.
b. Mengidentifikasikan diri dengan orang lain dan meningkatkan rasa memiliki.
c. Menemukan bahan percakapan dan interkasi sosial.
d. Membantu menjalankan peran sosial.
f. Memungkinkan seseorang untuk dapat menghubungi sanak –keluiarga, teman, dan masyarakat.
4. Hiburan:
a. Melepaskan diri atau terpisah dari permasalahan.
b. Bersantai.
c. Memperoleh kenikmatan jiwa dan estetis.

Atomic Doom mengatakan...

Nama : PUTRI RAHAYU
Npm : 103112351650097
Kelas : i
Jurusan : ilmu komunikasi
Mata kuliah : komunikasi massa

Sebelumnya saya minta maaf karena baru mengerjakan tugas yang bapak perintah...

1. Pengertian komunikasi massa adalah :

-Komunikasi yang menggunakan media massa atau komunikasi yang mass mediated

2. Sebutkan unsur-unsur komunikasi massa :

a. Unsur WHO ( Sumber atau komunikator )
b. Unsur SAYS WHAT ( pesan )
c. Unsur IN WHICH CHANNEL ( saluran atau media )
d. Unsur TO WHOM ( penerima ; khalayak ; audien )

3. Sebutkan dua kategori fungsi komunikasi massa beserta spesifikasinya menurut McQuail pada tahun 1987 :

a. FUNGSI KOMUNIKASI MASSA UNTUK MASYARAKAT :
- Informasi
- Korelasi
- Kesinambungan
- Hiburan
- Mobilisasi

B. FUNGSI KOMUNIKASI MASSA UNTUK INDIVIDU :
- Informasi
- Identitas pribadi
- Integrasi dan Interaksi sosial
- Hiburan

4. Apa saja isi Pasal 4 UU 32 / 2003 dalam fungsi komunikasi massa :

1. Penyiaran sebagai kegiatan komunikasi massa mempunyai fungsi sebagai media informasi, pendidikan, hiburan yang sehat, kontrol dan perekat sosial

2. Dalam menjalankan fungsi sebagaimana dimaksud dalam ayat ( 1 ), penyiaran juga mempunyai fungsi ekonomi dan kebudayaan.

5. Sebutkan ciri-ciri komunikasi massa menurut Elizabeth Noelle Neumann :

a. Bersifat tidak langsung, yang artinya harus melalui media teknis
b. Bersifat satu arah, yang artinya tidak ada interaksi antara peserta-peserta komunikasi
c. Bersifat terbuka, yang artinya ditujukan pada publik yang tidak terbatas dan anonim
d. Mempunyai publik yang secara tersebar

Semoga bapak mau membaca sampai akhir ketikan saya ini. Saya tidak mencontek pekerjaan orang lain pak..hehehehe..
terima kasih pak adi yang unikk..

benkstar mengatakan...

ama: Bintang Ramadhan
Fak/Ak: FISIP/Komunikasi
Kelas: F
NIM: 0831112351650184

(5 Pertanyaan beserta Jawabannya)

1.Apakah peran GATE KEEPER?
menurut saya:
GATE KEEPER berperan sebagai menambah atau mengurangi ataupun menyederhanakan agar semua informasi yang disebarkan lebih mudah dipahami oleh audiencenya.

2.Sebutkan ciri-ciri atau karakteristik dari KOMUNIKAN komunikasi massa?
menurut saya:
ciri-ciri atau karakteristik KOMUNIKAN komunikasi massa yaitu HETEROGEN (bermacam-macam), ANONIM (tidak saling mengenal satu sama lain), dan TERSEBAR LUAS.

3.Sebutkan fungsi komunikasi massa untuk individu?
menurut saya:
fungsi komunikasi massa untuk individu yaitu:
1). Informasi
• Mencari berita tentang peristiwa dan kondisi yang berkaitan dengan lingkungan terdekat, masyarakat dan dunia.
• Mencari bimbingan menyangkut berbagai masalah praktis, pendapat, dan hal yang berkaitan dengan penentuan pilihan.
• Memuaskan rasa ingin tahu dan minat minum.
• Belajar, pendidikan diri sendiri.
• Memperoleh rasa damai melalui penambahan pengetahuan.
2). Identitas pribadi
• Menemukan penunjang nilai-nilai pribadi.
• Menemukan model perilaku.
• Mengidentifikasikan diri dengan nilai-nilai lain (dalam media).
• Meningkatkan pemahamna tentang diri-sendiri.
3). Integrasi dan interaksi sosial
• Mengidentifikasikan diri dengan orang lain dan meningkatkan rasa memiliki.
• Menemukan bahan percakapan dan interkasi sosial.
• Memperoleh teman selain dari manusia.
• Membantu menjalankan peran sosial.
• Memungkinkan seseorang untuk dapat menghubungi sanak –keluarga, teman, dan masyarakat.
4). Hiburan
• Melepaskan diri atau terpisah dari permasalahan.
• Bersantai.
• Memperoleh kenikmatan jiwa dan estetis.
• Mengisi waktu. Penyaluran emosi.

4.Sebutkan unsur dan karakteristik pesan dalam komunikasi massa?
menurut saya:
unsur pesan dalam unsur-unsur komunikasi massa yaitu dimana pesan-pesan komunikasi massa dapat diproduksi dalam jumlah besar dan menjangkau audience banyak.
Sedangkan karakteristik pesan dalam komunikasi massa ialah bersifat umum, objektif, akurat, aktual, dan beragam.

5.Sebutkan 3 konseptual komunikasi menurut Deddy Mulyana (2005)?
menurut saya:
1). komunikasi sebagai tindak satu arah (dari seseorang atau lembaga kepada seseorang)
2).komuniasi sebagai interaksi (setara dengan suatu proses sebab-akibat)
3).komunikasi sebagai transaksi (merupakan proses yang dinamis dan berkesinambungan mengubah pihak-pihak yang berkomunikasi).

*Pak,ilang2an mulu post saya...

Marsha Desfiona mengatakan...

Nama : Marsha Desfiona
NPM : 083112351650085
Jurusan : FISIP-Komunikasi

1. Mengapa ciri-ciri komunikasi massa bersifat tidak langsung? Padahal secara umum, komunikasi massa terbuka dan seharusnya itu secara langsung?
Menurut saya, komunikasi massa bersifat tidak langsung dikarenakan harus melalui media teknis, dan cirri komunikasi terbuka hanya ditujukkan pada publik. Tidak ada kaitannya dengan media teknis.
2. Apakah ada dampak-dampak negative dari komunikasi massa?
Menurut saya, setiap perilaku yang ditunjukkan dalam masyarakat ada dampak positif dan negatifnya, tergantung masyarakatnya sendiri yang menilainya layak atau tidaknya diterima dalam masyarakat.
3. Apakah jika ada masalah yang menyimpang dari undang-undang pers akan dikenakan hukum atau masyarakat yang menuntut dan mengadili jika ada pihak-pihak yang dirugikan didalamnya?
Menurut saya, setiap badan hukum ada undang-undangnya tersendiri, dan orang-orang yang merasa dirugikan juga berhak menuntut dan mengadili,apabila hukum tidak bisa ditegakkan. Sehingga jika ada masalah yang dapat merugikan orang lain dan pihak-pihak yang tertentu bisa diselesaikan.
4. Mengapa komunikasi massa bersifat terbuka? Apakah tidak merugikan pihak-pihak tertentu yang menimbulkan pro dan kontra, jika ada pihak yang merasa dirugikan dan tidak diinginkan?
Menurut saya, pesan-pesan dari media tidak dapat dilakukan dengan langsung. Artinya, jika kita berkomunikasi melalui surat kabar, kita harus memformat sebagai artikel, sehingga pesan-pesan yang diterima sesuai dengan yang diinginkan oleh masyarakat dan pihak-pihak tertentu sehingga dapat memberikan kesan yang positif.
5. Apakah pesan-pesan dari komunikasi bersifat sementara atau sesaat?
Menurut saya, itu semua sesuai pesan yang disampaikan, apakah pesan tersebut penting. Sehingga dapat dijadikan moment-moment yang penting. Berbeda dengan pesan-pesan yang tidak begitu penting seperti issu, gossip dll. Yang tidak dapat dibuktikkan, sehingga pesan tersebut gampang dilupakan dan hanya bertahan sementara.

stevacute mengatakan...

Blognya bagus pak jadi menambah pengetahuan...


Tugas:

Pertanyaan:

1. Sebutkan unsur-unsur komunikasi dan berikan contoh dalam keseharian?
2. Apa yang dimaksud dengan komunikasi verbal dan nonverbal? komunikasi manakah yang lebih efektif?
3. Komunikasi memiliki beberapa model komunikasi berikan salah satu bentuk model komunikasi dan berikan contoh?
4. Komunikasi memiliki beberapa fungsi, sebutkan fungsi komunikasi menurut para ahli?


Jawaban:
1. Komunikator,
2. Pesan,
3. Komunikan,
4. Media,dan
5. Efek.
Contoh:
Rani menelepon Reza dengan tujuan mengajaknya pergi ke mall.
Komunikator: Rani
Pesan: Reza pergi ke mall yuk..
Komunikan: Reza.
Media: Telepon.
Efek: menerima tawarannya.

2. Komunikasi verbal adalah pesan yang disampaikan dengan menggunakan bahasa tulisan ataupun lisan, sedangkan komunikasi nonverpal adalah pesan yang disampaikan dengan menggunakan simbol atau pun bahasa tubuh.
Menurut saya komunikasi yang efektif dengan menggunakan komunikasi verbal, karena dengan bahasa verbal kita akan mengetahui dengan jelas pesan apa yg disampaikan komunikator, sedangkan pesan nonverbal seseorang dapat menyalah artikan bahasa tubuh atau simbol seseorang.

3. Model komunikasi stimulus-respon (S-R)

<------------------>
S R

contoh:
Seorang tersenyum kepada kita dan kita membalas senyuman itu.

4. Fungsi komunikasi menurut Rudolph F. Verderber:
a). Fungsi sosial; untuk tujuan kesenangan, untuk menunjukkan ikatan dengan orang lain, membangun dan memelihara hubungan dengan orang lain.
b). Fungsi pengambilan keputusan; memutuskan untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu pada saat tertentu.

Steva Lodani (07-218)