SAP PENGANTAR ILMU KOMUNIKASI
PERTEMUAN 1
Pengantar Kuliah: Menginformasikan satuan acara perkuliahan dalam satu semester. Memberikan penjelasan tentang komponen-komponen penilaian. Mengembangkan motivasi belajar mahasiswa/wi.
PERTEMUAN 2
Membahas pengertian komunikasi, unsur-unsur, dan ragamnya. Sumber: Deddy (2005); Wiryanto (2004); Onong (1994); Littlejohn (1999)
PERTEMUAN 3
Membahas fungsi komunikasi untuk individu dan masyarakat. Sumber: Deddy (2005); Wiryanto (2004); Onong (1994); Littlejohn (1999); Nurudin (2004).
PERTEMUAN 4
Membahas bagaimana komunikasi menjadi ilmu pengetahuan yang multi disiplin. Sumber: Arifin (2002); Griffin (2003); Effendy (1994); Fisher (1986)
PERTEMUAN 5
Membahas ruang lingkup komunikasi: Humas, Periklanan, dan jurnalistik. Sumber: Onong (1994); Kottler (1997); Johnson (1999); Sharpe (1988).
PERTEMUAN 6
Membahas model-model komunikasi, dan fungsi model komunikasi. Sumber: Wiryanto (2004); Deddy (2005).
PERTEMUAN 7
Diskusi tugas: Mahasiswa/wi diberi tugas berkenaan dengan materi yang telah dibahas pada tengah semester pertama. Tugas berupa laporan bacaan atau makalah, dan didiskusikan pada pertemuan ke 7.
UJIAN TENGAH SEMESTER
PERTEMUAN 8
Membahas pesan verbal, bahasa. Fungsi bahasa, dan keterbatasan bahasa sebagai pesan verbal. Sumber: Deddy (2005); Jalaludin (1984)
PERTEMUAN 9
Membahas pesan nonverbal, ragamnya, dan fungsi pesan nonverbal dalam proses penyampaian pesan. Sumber: Deddy (2005); Jalaluddin (1984)
PERTEMUAN 10
Membahas pengertian komunikasi antarpribadi, faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas komunikasi antarpribadi. Sumber: Wiryanto 2004); Jalaluddin (1984)
PERTEMUAN 11
Membahas pengertian komunikasi kelompok, karakteristik komunikasi kelompok, dan pengaruh kelompok terhadap perilaku komunikasi anggotanya. Sumber: Wiryanto (2004); Jalaluddin (1984)
PERTEMUAN 12
Membahas pengertian komunikasi organisasi, dimensi-dimensinya, dan peran pemimpin dalam komunikasi organisasi. Sumber: Wiryanto (2004); Onong (1994)
PERTEMUAN 13
Membahas pengertiaan komunikasi massa, unsur-unsur, dan karakterik komunikasi massa. Sumber: Wiryanto (2004); Onong (1994); Nurudin (2004).
PERTEMUAN 14
Diskusi tugas. Mahasiswa/wi diberi tugas berkenaan dengan materi yang telah dibahas pada tengah semester kedua. Tugas berupa laporan bacaan atau makalah, dan didiskusikan pada pertemuan ke 14.
UJIAN AKHIR SEMESTER
+ + + +
Daftar Pustaka:
Mulyana, Deddy, 2005, Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar, Bandung, Remaja Rosdakarya.
Effendy, Onong, 1994, Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek, Bandung, Remaja Rosdakarya.
Wiryanto, 2004, Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta, Grasindo.
Arifin, Anwar, 1984, Strategi Komunikasi; Sebuah Pengantar Ringkas, Bandung, Armico.
Rakhmat, Jalaludin, 1994, Psikologi Komunikasi, Bandung, Remaja Rosdakarya.
Nurudin, 2004, Sistem Komunikasi Indonesia, Malang, Cespur
Littlejohn, Stephen W.,1999, Theories of Human Communication ed.6rd, California, Wadsworth.
Kusumaningrat, Hikmat dan Kusumaningrat, Purnama, 2006, Jurnalistik: Teori dan Praktek, Jakarta: Gramedia
Lee, Monle & Johnson, Carla, 1999, Principles of Advertising: A Global Perspective, The Haworth Press.
Kotler, Phlip, 1997, Marketing Management ed. 9th, perj. Hendra teguh dan Rony Rusli, Jakarta: PT Prenhallindo.
Black, Sam & Sharpe, Melvin L., 1988, Ilmu Hubungan Masyarakat Praktis penerj. Ardaneshwari, Jakarta: PT Intermasa.
Arifin, Anwar, 2002, Ilmu Komunikasi: Sebuah Pengantar Ringkas, Jakarta: Raja Gafindo Persada.
Griffin, Em,2003, A First Look at Communication Theory, McGraw Hill
Effendy, Onong, 1994, Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Fisher, Aubrey, 1986, Teori-teori Komunikasi (penyunting: Jalaludin Rakmat), Bandung: Remaja Karya.
Kamis, 03 September 2009
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar