Senin, 03 Maret 2008

SAP KOMUNIKASI POLITIK

Pertemuan Ke

Pokok Bahasan

Materi

Sumber/

Referensi

1

Penjelasan SAP dan kesepakatan proses belajar mengajar.

Menginformasikan satuan acara perkuliahan dalam satu semester. Memberikan penjelasan tentang komponen-komponen penilaian. Mengembangkan motivasi belajar mahasiswa/wi.

Sistem Pendidikan UNAS

2

Kajian Komunikasi Politik

Membahas komunikasi politik sebagai salah satu fungsi dari tujuh fungsi sistem politik. Dan bagaimana fokus kajian komunikasi politik menurut disiplin ilmu politik maupun ilmu komunikasi.

Alfian (1993); Nasution (1990)

3

Sistem Politik dan Komunikasi Politik

Membahas keberagaman sistem politik, dan bagaimana pengaruhnya timbal balik antara sistem politik dengan komunikasi politik

Alfian (1993); Rauf (1993)

4

Komunikator Politik

Membahas jenis-jenis komunikator politik (negarawan, politikus, profesional, aktivis). Bahasan meliputi karakteristik komunikator politik, serta mendeskripsikan karakteristik komunikator politik di Indonesia.

Nimmo (1989); Nasution (1990)

5

Pesan Politik

Membahas tiga jenis pembicaraan yang mempunyai kepentingan politik. Yaitu: pembicaraan kekuasaan; pembicaraan pengaruh, dan pembicaraan outoritas. Kemudian dilanjutkan dengan membahas sifat pembicaraan politik.

Nimmo (1989)

6

Saluran Komunikasi Politik

Membahas lima saluran politik: Struktur wawanmuka informal; Struktur sosial tradisional; Struktur masukan (input) politik; Struktur keluaran (output) politik; Media massa.

Nimmo (1989); Nasution (1990)

7

Tugas/diskusi kelas

Mahasiswa/wi diberi tugas berkenaan dengan materi yang telah dibahas pada tengah semester pertama. Tugas berupa laporan bacaan atau makalah, dan didiskusikan pada pertemuan ke 7.

UJIAN TENGAH SEMESTER

8

Khalayak komunikasi politik

Membahas kategoris khalayak komunikasi politik yang terdiri dari: a. publik umum (general public); b. publik yang penuh perhatian (the attentive public); c. elit opini dan kebijakan (the leadership public). Mendiskusikan khalayak komunikasi politik yang ideal pada suatu negara demokratis.

Nimmo (1989); Nasution (1990)

9

Efek komunikasi politik

Membahas efek komunikasi politik versi Nimmo, yaitu: sosialisasi politik; partisipasi politik; mempengaruhi pemungutan suara; serta pengaruh terhadap pembuatan kebijakan.

Membahas juga tiga perspektif efek politik dari Brian McNair.

Nimmo (1989); Nasution (1990); McNair (2003)

10

Pemasaran politik

Membahas seperti pemasaran pada umum, para komunikator politik harus juga melakukan komunikasi pemasaran kepada stakeholders (khalayak terkait)-nya. Pemasaran politik berguna untuk memantapkan kredibilitas, mengenalkan dan membangun citra, mengundang keterlibatan khalayak, menunjukkan tanggung jawab sosial, mempertahankan dan menambah kostituennya, dsb.

Bahasan meliputi tujuan-tujuan pemasaran politik dan bagaimana teknik pencapaian tujuan tersebut.

Brian McNair (2003); Kottler (2001); Hifni Alifahmi (2005); Kottler (2001)

11

Periklanan politik

Membahas empat fase dari tipe periklanan politik.

Membahas juga tiga teknik periklanan, yaitu: imbauan iklan (advertising appeals), dan eksekusi iklan (advertising executions).

Brian McNair (2003); Kottler (2001)

12

PR Politik

Membahas humas politik berkenaan dengan 4 kegiatan. Yaitu : managemen media; managemen image; komunikasi internal; dan managemen informasi. Membahas juga kiat kegiatan humas politik.

Nimmo (1989); McNair (2003); Kottler (2001)

13

Peranan Pers Dalam Pengembangan Komunikasi Politik

Membahas bagaimana peranan pers pada suatu sistem politik. Bahasan meliputi pendekatan fungsionalis maupun konflik.

Rauf (1993); Saverin & Tankard (2001); McQuail (1987).

14

Tugas/diskusi

Mahasiswa/wi diberi tugas berkenaan dengan materi yang telah dibahas pada tengah semester terakhir. Tugas berupa laporan bacaan atau makalah, dan didiskusikan pada pertemuan ke 14.

UJIAN AKHIR SEMESTER

Daftar referensi:

Alfian, 1993, Komunikasi Politik dan Sistem Politik Indonesia, Jakarta: Gramedia.

Alifahmi, Hifni, 2005, Sinergi Komunikasi Pemasaran, Jakarta: PT Mizan Pustaka.

Kotler, Philip, 1997, Marketing Management ed. 9th, perj. Hendra teguh dan Rony Rusli, Jakarta: PT Prenhallindo.

McNair, Brian, 2003, An Introduction to Political Communication, ed. 3rd, London: Routledge.

Nasution, Zulkarmaen, 1990, Komunikasi Politik Suatu Pengantar, Jakarta: Yudhistira.

Nimmo, Dan, 1989. Komunikasi Politik: Khalayak dan Efek (Edisi Terjemahan oleh Tjun Surjaman), Edisi Kedua. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

_______. 1989. Komunikasi Politik: Komunikator, Pesan dan Media (Edisi Terjemahan oleh Tjun Surjaman). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Suwardi, Harsono, 1993.,Peranan Pers dalam Politik di Indonesia, Suatu Studi Komunikasi Politik Terhadap Liputan Berita Kampanye Pemilu 1987. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Rauf, Maswadi, 1993, Indonesia dan Komunikasi Politik, Jakarta: Gramedia.

Saverin & Tankard, 2001, Communication Theories: Origins, Methods, & Uses in the Mass Media, Addison Wesley Longman, Inc.

Tidak ada komentar: