Selasa, 04 Desember 2007

TEORI KOMUNIKASI ORGANISASI

Komunikasi organisasi adalah pengiriman dan penerimaan berbagai pesan organisasi di dalam kelompok formal maupun informal dari suatu organisasi (Wiryanto, 2005). Komunikasi formal adalah komunikasi yang disetujui oleh organisasi itu sendiri dan sifatnya berorientasi kepentingan organisasi. Isinya berupa cara kerja di dalam organisasi, produktivitas, dan berbagai pekerjaan yang harus dilakukan dalam organisasi. Misalnya: memo, kebijakan, pernyataan, jumpa pers, dan surat-surat resmi. Adapun komunikasi informal adalah komunikasi yang disetujui secara sosial. Orientasinya bukan pada organisasi, tetapi lebih kepada anggotanya secara individual.

Organisasi dan komunikasi

Istilah organisasi berasal dari bahasa Latin organizare, yang secara harafiah berarti paduan dari bagian-bagian yang satu sama lainnya saling bergantung. Di antara para ahli ada yang menyebut paduan itu sistem, ada juga yang menamakannya sarana.

Everet M.Rogers dalam bukunya Communication in Organization, mendefinisikan organisasi sebagai suatu sistem yang mapan dari mereka yang bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama, melalui jenjang kepangkatan, dan pembagian tugas.

Robert Bonnington dalam buku Modern Business: A Systems Approach, mendefinisikan organisasi sebagai sarana dimana manajemen mengoordinasikan sumber bahan dan sumber daya manusia melalui pola struktur formal dari tugas-tugas dan wewenang.

Korelasi antara ilmu komunikasi dengan organisasi terletak pada peninjauannya yang terfokus kepada manusia-manusia yang terlibat dalam mencapai tujuan organisasi itu. Ilmu komunikasi mempertanyakan bentuk komunikasi apa yang berlangsung dalam organisasi, metode dan teknik apa yang dipergunakan, media apa yang dipakai, bagaimana prosesnya, faktor-faktor apa yang menjadi penghambat, dan sebagainya. Jawaban-jawaban bagi pertanyaan-pertanyaan tersebut adalah untuk bahan telaah untuk selanjutnya menyajikan suatu konsepsi komunikasi bagi suatu organisasi tertentu berdasarkan jenis organisasi, sifat organisasi, dan lingkup organisasi dengan memperhitungkan situasi tertentu pada saat komunikasi dilancarkan.

Sendjaja (1994) menyatakan fungsi komunikasi dalam organisasi adalah sebagai berikut:

  • Fungsi informatif. Organisasi dapat dipandang sebagai suatu sistem pemrosesan informasi. Maksudnya, seluruh anggota dalam suatu organisasi berharap dapat memperoleh informasi yang lebih banyak, lebih baik dan tepat waktu. Informasi yang didapat memungkinkan setiap anggota organisasi dapat melaksanakan pekerjaannya secara lebih pasti. Orang-orang dalam tataran manajemen membutuhkan informasi untuk membuat suatu kebijakan organisasi ataupun guna mengatasi konflik yang terjadi di dalam organisasi. Sedangkan karyawan (bawahan) membutuhkan informasi untuk melaksanakan pekerjaan, di samping itu juga informasi tentang jaminan keamanan, jaminan sosial dan kesehatan, izin cuti, dan sebagainya.
  • Fungsi regulatif. Fungsi ini berkaitan dengan peraturan-peraturan yang berlaku dalam suatu organisasi. Terdapat dua hal yang berpengaruh terhadap fungsi regulatif, yaitu: a. Berkaitan dengan orang-orang yang berada dalam tataran manajemen, yaitu mereka yang memiliki kewenangan untuk mengendalikan semua informasi yang disampaikan. Juga memberi perintah atau intruksi supaya perintah-perintahnya dilaksanakan sebagaimana semestinya. b. Berkaitan dengan pesan. Pesan-pesan regulatif pada dasarnya berorientasi pada kerja. Artinya, bawahan membutuhkan kepastian peraturan tentang pekerjaan yang boleh dan tidak boleh untuk dilaksanakan.
  • Fungsi persuasif. Dalam mengatur suatu organisasi, kekuasaan dan kewenangan tidak akan selalu membawa hasil sesuai dengan yang diharapkan. Adanya kenyataan ini, maka banyak pimpinan yang lebih suka untuk mempersuasi bawahannya daripada memberi perintah. Sebab pekerjaan yang dilakukan secara sukarela oleh karyawan akan menghasilkan kepedulian yang lebih besar dibanding kalau pimpinan sering memperlihatkan kekuasaan dan kewenangannya.
  • Fungsi integratif. Setiap organisasi berusaha untuk menyediakan saluran yang memungkinkan karyawan dapat melaksanakan tugas dan pekerjaan dengan baik. Ada dua saluran komunikasi yang dapat mewujudkan hal tersebut, yaitu: a. Saluran komunikasi formal seperti penerbitan khusus dalam organisasi tersebut (buletin, newsletter) dan laporan kemajuan organisasi. b. Saluran komunikasi informal seperti perbincangan antar pribadi selama masa istirahat kerja, pertandingan olahraga, ataupun kegiatan darmawisata. Pelaksanaan aktivitas ini akan menumbuhkan keinginan untuk berpartisipasi yang lebih besar dalam diri karyawan terhadap organisasi.

Griffin (2003) dalam A First Look at Communication Theory, membahas komunikasi organisasi mengikuti teori management klasik, yang menempatkan suatu bayaran pada daya produksi, presisi, dan efisiensi. Adapun prinsip-prinsip dari teori management klasikal adalah sebagai berikut:

  • kesatuan komando- suatu karyawan hanya menerima pesan dari satu atasan
  • rantai skalar- garis otoritas dari atasan ke bawahan, yang bergerak dari atas sampai ke bawah untuk organisasi; rantai ini, yang diakibatkan oleh prinsip kesatuan komando, harus digunakan sebagai suatu saluran untuk pengambilan keputusan dan komunikasi.
  • divisi pekerjaan- manegement perlu arahan untuk mencapai suatu derajat tingkat spesialisasi yang dirancang untuk mencapai sasaran organisasi dengan suatu cara efisien.
  • tanggung jawab dan otoritas- perhatian harus dibayarkan kepada hak untuk memberi order dan ke ketaatan seksama; suatu ketepatan keseimbangan antara tanggung jawab dan otoritas harus dicapai.
  • disiplin- ketaatan, aplikasi, energi, perilaku, dan tanda rasa hormat yang keluar seturut kebiasaan dan aturan disetujui.
  • mengebawahkan kepentingan individu dari kepentingan umum- melalui contoh peneguhan, persetujuan adil, dan pengawasan terus-menerus.

Selanjutnya, Griffin menyadur tiga pendekatan untuk membahas komunikasi organisasi. Ketiga pendekatan itu adalah sebagai berikut:

1. Pendekatan sistem. Karl Weick (pelopor pendekatan sistem informasi) menganggap struktur hirarkhi, garis rantai komando komunikasi, prosedur operasi standar merupakan mungsuh dari inovasi. Ia melihat organisasi sebagai kehidupan organis yang harus terus menerus beradaptasi kepada suatu perubahan lingkungan dalam orde untuk mempertahankan hidup. Pengorganisasian merupakan proses memahami informasi yang samar-samar melalui pembuatan, pemilihan, dan penyimpanan informasi. Weick meyakini organisasi akan bertahan dan tumbuh subur hanya ketika anggota-anggotanya mengikutsertakan banyak kebebasan (free-flowing) dan komunikasi interaktif. Untuk itu, ketika dihadapkan pada situasi yang mengacaukan, manajer harus bertumpu pada komunikasi dari pada aturan-aturan.

Teori Weick tentang pengorganisasian mempunyai arti penting dalam bidang komunikasi karena ia menggunakan komunikasi sebagai basis pengorganisasian manusia dan memberikan dasar logika untuk memahami bagaimana orang berorganisasi. Menurutnya, kegiatan-kegiatan pengorganisasian memenuhi fungsi pengurangan ketidakpastian dari informasi yang diterima dari lingkungan atau wilayah sekeliling. Ia menggunakan istilah ketidakjelasan untuk mengatakan ketidakpastian, atau keruwetan, kerancuan, dan kurangnya predictability. Semua informasi dari lingkungan sedikit banyak sifatnya tidak jelas, dan aktivitas-aktivitas pengorganisasian dirancang untuk mengurangi ketidakpastian atau ketidakjelasan.

Weick memandang pengorganisasian sebagai proses evolusioner yang bersandar pada sebuah rangkaian tiga proses:

penentuan (enachment)à seleksi (selection)à penyimpanan (retention)

Penentuan adalah pendefinisian situasi, atau mengumpulkan informasi yang tidak jelas dari luar. Ini merupakan perhatian pada rangsangan dan pengakuan bahwa ada ketidakjelasan. Seleksi, proses ini memungkinkan kelompok untuk menerima aspek-aspek tertentu dan menolak aspek-aspek lainnya dari informasi. Ini mempersempit bidang, dengan menghilangkan alternatif-alternatif yang tidak ingin dihadapi oleh organisasi. Proses ini akan menghilangkan lebih banyak ketidakjelasan dari informasi awal. Penyimpanan yaitu proses menyimpan aspek-aspek tertentu yang akan digunakan pada masa mendatang. Informasi yang dipertahankan diintegrasikan ke dalam kumpulan informasi yang sudah ada yang menjadi dasar bagi beroperasinya organisasinya.

Setelah dilakukan penyimpanan, para anggota organisasi menghadapi sebuah masalah pemilihan. Yaitu menjawab pertanyaan-pertanyaan berkenaan dengan kebijakan organisasi. Misal, ”haruskah kami mengambil tindakan berbeda dari apa yang telah kami lakukan sebelumnya?”

Sedemikian jauh, rangkuman ini mungkin membuat anda mempercayai bahwa organisasi bergerak dari proses pengorganisasian ke proses lain dengan cara yang sudah tertentu: penentuan; seleksi; penyimpanan; dan pemilihan. Bukan begitu halnya. Sub-subkelompok individual dalam organisasi terus menerus melakukan kegiatan di dalam proses-proses ini untuk menemukan aspek-aspek lainnya dari lingkungan. Meskipun segmen-segmen tertentu dari organisasi mungkin mengkhususkan pada satu atau lebih dari proses-proses organisasi, hampir semua orang terlibat dalam setiap bagian setiap saat. Pendek kata di dalam organisasi terdapat siklus perilaku.

Siklus perilaku adalah kumpulan-kumpulan perilaku yang saling bersambungan yang memungkinkan kelompok untuk mencapai pemahaman tentang pengertian-pengertian apa yang harus dimasukkan dan apa yang ditolak. Di dalam siklus perilaku, tindakan-tindakan anggota dikendalikan oleh aturan-aturan berkumpul yang memandu pilihan-pilihan rutinitas yang digunakan untuk menyelesaikan proses yang tengah dilaksanakan (penentuan, seleksi, atau penyimpanan).

Demikianlah pembahasan tentang konsep-konsep dasar dari teori Weick, yaitu: lingkungan; ketidakjelasan; penentuan; seleksi; penyimpanan; masalah pemilihan; siklus perilaku; dan aturan-aturan berkumpul, yang semuanya memberi kontribusi pada pengurangan ketidakjelasan.

2. Pendekatan budaya. Asumsi interaksi simbolik mengatakan bahwa manusia bertindak tentang sesuatu berdasarkan pada pemaknaan yang mereka miliki tentang sesuatu itu. Mendapat dorongan besar dari antropolog Clifford Geertz, ahli teori dan ethnografi, peneliti budaya yang melihat makna bersama yang unik adalah ditentukan organisasi. Organisasi dipandang sebagai budaya. Suatu organisasi merupakan sebuah cara hidup (way of live) bagi para anggotanya, membentuk sebuah realita bersama yang membedakannya dari budaya-budaya lainnya.

Pacanowsky dan para teoris interpretatif lainnya menganggap bahwa budaya bukan sesuatu yang dipunyai oleh sebuah organisasi, tetapi budaya adalah sesuatu suatu organisasi. budaya organisasi dihasilkan melalui interaksi dari anggota-anggotanya. Tindakan-tindakan yang berorientasi tugas tidak hanya mencapai sasaran-sasaran jangka pendek tetapi juga menciptakan atau memperkuat cara-cara yang lain selain perilaku tugas ”resmi” dari para karyawan, karena aktivitas-aktivitas sehari-hari yang paling membumi juga memberi kontribusi bagi budaya tersebut.

Pendekatan ini mengkaji cara individu-individu menggunakan cerita-cerita, ritual, simbol-simbol, dan tipe-tipe aktivitas lainnya untuk memproduksi dan mereproduksi seperangkat pemahaman.

3. Pendekatan kritik. Stan Deetz, salah seorang penganut pendekatan ini, menganggap bahwa kepentingan-kepentingan perusahaan sudah mendominasi hampir semua aspek lainnya dalam masyarakat, dan kehidupan kita banyak ditentukan oleh keputusan-keputusan yang dibuat atas kepentingan pengaturan organisasi-organisasi perusahaan, atau manajerialisme.

Bahasa adalah medium utama dimana realitas sosial diproduksi dan direproduksi.

Manajer dapat menciptakan kesehatan organisasi dan nilai-nilai demokrasi dengan mengkoordinasikan partisipasi stakeholder dalam keputusan-keputusan korporat.

Daftar Pustaka

Em Griffin, 2003, A First Look at Communication Theory, McGrraw-Hill Companies

Sendjaja, 1994, Teori-Teori Komunikasi, Universitas Terbuka

64 komentar:

  1. Tq mas, this help me a lot!

    BalasHapus
  2. mh, boleh nih gabung sama-sama blog komunikasi, mampir ke tempatku
    www.kampuskomunikasi.blogspot.com

    BalasHapus
  3. kutip dikit ya..
    makasi sekali,.

    BalasHapus
  4. mas..klo saya jurusan jurnalistik,,mau mengangkat tentang komunikasi organisasi bisa gag? kebentur gag sama jurusan PR,klo mengambil tentang komunikasi organisasi itu?

    trus yg bisa diangkat dari perspektif mana?..makasi ya mas..

    BalasHapus
  5. Top Banget, super lengkap ... ijin kutip yaa

    BalasHapus
  6. permisi ,mau ijin untuk copypaste.karena buat tugas .
    saya mahasiswa ilmu komunikasi.
    terima kasih atas kesediaannya memposting artikel yang bermanfaat ini. terima kasih

    BalasHapus
  7. bagus sekali saya mendadak disurh ceramah tentang hal ini; ya izin deh mengutip ya

    BalasHapus
  8. aku juga ikut ya mas/mbak ikut ngopy

    BalasHapus
  9. mas,mba muf y Q cpy pst wat tgs

    BalasHapus
  10. ijin copas yaaa.
    buat tugas.
    makasiiiiii ^^,,

    BalasHapus
  11. Bgmn menciptakan organisasi yang efektif, apa hanya dengan komunikasi saja dulu sebagai awalnya?

    mohoninfo

    BalasHapus
  12. Wah.. Sangat membantu tugas kuliah saya ni. makasi ya mas.. :)

    BalasHapus
  13. thaxs pak, membantu sekali artikelnya :)

    BalasHapus
  14. thanks You, mas Bro buat Ilmunya.

    siNggah,,

    BalasHapus
  15. sip dah tulisannya. cocok untuk saya kayaknya dah, n mohon ijin copy ya?
    ;-)

    BalasHapus
  16. mas klo bentuk pembinaan komunikasi vertikal dan komunikasi horizontal gimana ? HP 08127411581 From Salomo

    BalasHapus
  17. ijin kopi buat lengkapi tugas

    BalasHapus
  18. wow bener-bener komplit, tapi kebanyakan banget, aduh presentasinya banyak banget. hehehe but thanks you so much.

    BalasHapus
  19. bermanfaat sekali, izin copas untuk tugas ya mas. terimakasih

    BalasHapus
  20. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  21. aq tiba2 harus menjadi 'speaker' dalam 'leadership training' Mudika St.Petrus Langowan, dan beruntung mendapat halaman ini. ijin copas mbak/mas bro. thx buangett

    BalasHapus
  22. aq tiba2 harus menjadi 'speaker' dalam 'leadership training' Mudika St.Petrus Langowan, dan beruntung mendapat halaman ini. ijin copas mbak/mas bro. thx buangett

    BalasHapus
  23. aq tiba2 harus menjadi 'speaker' dalam 'leadership training' Mudika St.Petrus Langowan, dan beruntung mendapat halaman ini. ijin copas mbak/mas bro. thx buangett

    BalasHapus
  24. permisi ,mau ijin untuk copy paste.
    terima kasih atas memposting artikelnya yang bermanfaat ini. terima kasih kak

    BalasHapus
  25. permisi ,izin copy paste buat tugas.
    terimakasih kak sangat bermanfaat artikelnya.

    BalasHapus
  26. ijin copypaste kak, untuk kutipan tugas. terimakasiih sebelumnya

    BalasHapus
  27. ijin copypaste mas. Makasih atas postingannya

    BalasHapus
  28. izin copypaste.. mksih atas postingannya sangat membantu

    BalasHapus
  29. Sangat membantu tugas akhir, thanks gan...

    ahsanazzayyan.blogspot.com

    BalasHapus
  30. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  31. izin copas ya . terimakasih

    BalasHapus
  32. Sekarang komunikasi sangat mudah sekali... tinggal WA langsung oke.



    Blogger Sengsara

    BalasHapus
  33. semangat kawan............stay safe and healthy

    https://www.blogger.com/blog/post/edit/9053248445436236590/2320835099508559096

    BalasHapus


  34. اریابارون

    می‎دانید ساختمان‌های پیش ساخته چه کاربردی دارند؟ چرا استفاده از ساختمان‌های پیش‌ساخته می‌تواند در حال حاضر بهترین گزینه برای ما باشد؟ امروزه در کشور‌های صنعتی با توجه به تجربیات کسب شده، با حذف کردن روش‌های سنتی در ساخت و ساز و انتخاب روش‌ها و اجزای ساختمانی نوین درصد بالا رفتن سرعت اجرا و ساخت و ساز نسبت به شیوه‌های سنتی بالا رفته است. گروه آریا بارون توس با فعالیت خود در این زمینه برای جایگزین کردن روش‌های سنتی در خط تولید خود ساختمان‌های پیش ساخته را طراحی و تولید و به بازار عرضه می‌کنند. این ساختمان‌های پیش ساخته در بسیاری از موارد کاربرد دارند.




    BalasHapus

  35. Ten good smart watches and bracelets for less than a hundred euros


    The sun is coming out, it is getting warmer and you want more to go out to exercise outdoors or for a walk. A smart watch is a perfect addition to spring.

    BalasHapus
  36. from Canada

    Would-be medical exec from Iran barred from Canada over alleged ties to Tehran's nuclear program. Ramin Fallah was labeled a security threat because he ...

    BalasHapus

  37. خرید ویو اینستاگرام ایرانی و ارزان با تحویل فوری


    خرید بازدید اینستاگرام | خرید ویو پست و ویدیو اینستاگرام

    یکی از بهترین روش ها برای افزایش بازدید ویدیوها و استوری ها خرید بازدید اینستاگرام است. اگر بتوانید بازدید ویدیوهای خود را افزایش دهید افراد بیشتری را می توانید ترغیب به تعامل با خود کنید و این باعث می شود فالوورها و لایک واقعی بیشتری را به مرور زمان بدست آورید.

    اصلی ترین دلیل برای افزایش بازدید پست ها در اینستاگرام این است که به الگوریتم اینستاگرام ثابت کنید تعامل افراد با ویدیوها و استوری های شما زیاد است و از این طریق بتوانید پست های خود را در معرض دید افراد بیشتری قرار دهید.

    سایت بای فالوور مرجع خرید بازدید اینستاگرام و ویو پست ها است که تضمین بهترین و ارزان ترین قیمت را برای خرید بازدید به شما می دهد. اگر قصد دارید بازدید ویدیوهای خود را بالا ببرید بهترین گزینه استفاده از خدمات افزایش ویو سایت بای فالوور است. اگر اطلاعات بیشتری در این زمینه می خواهید تا انتهای این مطلب همراه ما باشید.


    خرید ویو اینستاگرام

    خرید ویو اینستاگرام 500


    افزایش ویو اینستاگرام رایگان

    BalasHapus
  38. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  39. بیوگرافی سام قریبیان بازیگر و همسرش + اینستاگرام
    بیوگرافی سام قریبیان بازیگر و همسرش + اینستاگرام وی را به همراه سوابق هنری و تصاویر شخصی به مناسبت حضور…

    https://irjavan.com/%d8%a8%db%8c%d9%88%da%af%d8%b1%d8%a7%d9%81%db%8c-%d8%b3%d8%a7%d9%85-%d9%82%d8%b1%db%8c%d8%a8%db%8c%d8%a7%d9%86/

    BalasHapus
  40. Nice blog… thanks for sharing such a great information with us..
    digital radiography system

    BalasHapus
  41. Great..Your blog provided us with valuable information.. Thanks a lot for sharing.
    Keep blogging

    mobile x ray machine
    portable x-ray machines
    digital radiography system

    BalasHapus
  42. Enjoy Your New Pet
    All that's left to do is choose your new pet now that you understand how to adopt a pet without breaking the bank. You'll be happy you introduced a special pet to the family once your furry friend has won a place in your heart.

    //smartpuppies.net/product/evy-is-a-smart-puppy/

    https://smartpuppies.net/product/australian-shepherd-katie/

    https://smartpuppies.net/product/australian-shepherd-mia/

    https://smartpuppies.net/product/australian-shepherd-misty/

    BalasHapus